Apakah Anda sedang mencari investasi yang menguntungkan untuk pemula? Anda berada di tempat yang tepat. Seperti yang sudah kita ketahui, investasi sendiri menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk mempersiapkan dan mengatur keuangan di masa depan.

Hal ini tidak lain karena Anda tidak akan pernah tahu apa yang terjadi di masa depan. 

Investasi sendiri memang identic dengan orang-orang yang mempunyai uang banyak. Tetapi pendapat tersebut ternyata berlaku bagi seseorang yang belum begitu memahami apa itu investasi.

Tidak hanya itu saja, rendahnya orang yang melakukan investasi juga disebabkan karena rasa tidak nyaman ketika menyimpan uang dalam bentuk investasi. 

Padahal jika Anda lihat lebih jauh lagi, investasi ini mempunyai banyak manfaat untuk Anda loh. Selain bisa mengatur keuangan Anda dengan baik, uang investasi juga bisa digunakan untuk membantu kebutuhan finansial yang Anda miliki.

Bahkan kini, investasi tidak hanya dilakukan oleh orang tua saja tetapi generasi millennial pun sudah terjun ke dalam dunia investasi ini. 

Agar bisa mengingat betapa pentingnya melakukan investasi sejak dini. Selain itu, sebagai bahan tambahan referensi informasi seputar investasi.

Maka, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui apa pengertian investasi, manfaat hingga jenis-jenis investasi yang bisa dipilih.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian investasi 

Investasi merupakan upaya penanaman modal dimana untuk memperoleh keuntungan di kemudian hari. Modal yang akan anda dapatkan tersebut bisa berupa uang maupun sumber daya yang lain.

Dengan melakukan investasi, maka diharapkan seseorang bisa memperoleh manfaat untuk masa mendatang. Investasi ini pun juga bisa dalam bentuk apapun misalnya uang hingga sekolah. 

Untuk investasi yang berhubungan dengan finansial sendiri bisa meliputi penyimpanan uang dalam bentuk aset keuangan seperti obligasi atau saham.

Dengan bentuk investasi inilah diharapkan investor bisa memperoleh lebih banyak uang di kemudian hari. 

Adapun tujuan seseorang melakukan investasi ini pun berbeda-beda. Mulai dari untuk keperluan membangun rumah, membangun kolam renang, menyekolahkan anggota keluarga hingga untuk membuka usaha mereka. 

Jenis-jenis investasi 

Secara umum jenis-jenis investasi ini sendiri dibagi menjadi 2 jenis. Berdasarkan jangka waktunya yakni investasi jangka pendek dan jangka panjang. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan yang ada di bawah ini. 

1. Investasi jangka pendek 

Jenis investasi jangka pendek ini akan memberikan kesempatan buat Anda untuk bisa memperoleh keuntungan dalam kurun waktu 1 hingga 3 tahun.

Dengan cara inilah, maka Anda akan memperoleh keuntungan lebih cepat. walaupun demikian, jenis investasi ini hanya akan memberikan return yang kecil. 

Jenis investasi yang satu ini sangat cocok untuk Anda manfaatkan demi memenuhi kebutuhan jangka pendek Anda. Seperti untuk sumber keuangan ketika sedang jalan-jalan.

Terdapat berbagai macam instrumen dalam investasi jangka pendek ini seperti reksa dana hingga investasi P2P lending. 

2. Investasi jangka panjang 

Sedangkan untuk investasi jangka panjang ini merupakan investasi dimana Anda bisa menikmati keuntungan berinvestasi dalam rentan waktu yang sedikit lama.

Untuk bisa memperoleh keuntungan tersebut, Anda bisa menunggu dalam waktu 3 tahun, lima tahu bahkan belasan tahun. Tetapi keuntungannya akan memberikan return yang tinggi buat Anda.

Jenis investasi yang satu ini sangat cocok buat Anda yang mempunyai kebutuhan jangka panjang seperti untuk persiapan dana pensiun di masa depan. Untuk persiapkan rencana pernikahan Anda dengan pasangan. Dan lain sebagainya.

Ragam investasi yang menguntungkan, cocok untuk pemula

Sudah tahu, jenis investasi secara umum bukan? sampai disini, Anda pasti tengah berencana melakukan investasi. Tetapi bingung jenis investasi yang menguntungkan untuk pemula?

Anda tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan beberapa pilihan investasi yang bisa dipilih. Berikut ini macam macam investasi yang menguntungkan dan cocok untuk pemula.

1. Investasi melalui deposito

investasi melalui deposito
deposito – Investasi Yang Menguntungkan Untuk Pemula 

Apabila Anda takut memulai berinvestasi yang resikonya besar, maka investasi deposito bisa menjadi pilihan. Dengan tabungan bank yang ada, bisa Anda gunakan.

Berbeda dengan tabungan biasa, tabungan yang satu ini mempunyai jangka waktu penyimpanan yang lebih lama jika dibandingkan dengan tabungan bank pada umumnya. Tidak hanya itu saja, bunga deposito juga lebih besar yakni mulai dari 1-6% per tahun. 

Anda hanya perlu untuk menyimpan uang di bank dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan oleh pihak bank. Tetapi perlu Anda garis bawahi, jika jenis investasi yang satu ini  juga mempunyai kelemahan yakni bunga hasil investasi biasanya tidak sebanding dengan tingkat inflasi yang sedang terjadi. 

Selain itu, Anda pun juga tidak bisa menggunakan uang Anda dalam waktu yang lama. Waktu yang disepakati sejak awal dengan pihak bank.

2. Investasi emas 

investasi emas
emas – investasi yang menguntungkan untuk pemula

Masih ada pilihan investasi lainnya yang cocok bagi pemula yakni emas. Emas ini sangat cocok buat Anda yang ingin berinvestasi dalam jangka waktu yang panjang.

Dibandingkan dengan investasi uang, investasi emas ini pun juga mempunyai risiko yang lebih rendah bahkan anti inflasi. Bisa dikatakan jenis investasi yang hampir tidak ada resikonya.

Tidak heran apabila emas ini menjadi salah satu  jenis investasi yang paling popular terutama bagi para pemula. Perlu Anda ketahui, tantangan dari melakukan investasi ini adalah ketika menyimpan emas tersebut. tidak hanya itu saja, kenaikan dari harga emas ternyata juga tidak terlalu besar. 

3. Investasi saham 

investasi saham
saham – Investasi Yang Menguntungkan Untuk Pemula 

Saham sendiri merupakan hak yang dimiliki oleh seseorang terhadap perusahaan. Nah, investasi saham ini pun juga bisa menjadi pilihan investasi yang menguntungkan untuk pemula loh. Jika Anda mempunyai modal yang besar, maka membeli saham sebuah perusahaan adalah pilihan yang tepat untuk Anda. 

Nantinya, keuntungan yang akan Anda dapatkan berasal dari perusahaan yang sudah Anda beli sahamnya. Adapun keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi saham adalah keuntungan atau hasil return yang cukup besar. Tetapi berhati-hatilah karena saham juga mempunyai risiko yang cukup tinggi. 

4. Investasi Reksadana 

investasi reksadana
reksadana – investasi yang menguntungkan untuk pemuala – via indonesia.go.id

Jenis investasi yang satu ini memang tengah popular belakangan ini. Terutama bagi anak muda yang mempunyai modal kecil untuk melakukan investasi. Dengan menggunakan reksadana ini lah, uang yang Anda investasikan akan dikelola oleh pihak manajer investasi secara langsung. 

Adapun reksadana ini terdiri dari saham, obligasi, hingga pasar uang. Anda bisa langsung membagi porsinya pada reksadana saham, pasar uang hingga obligasi sesuai dengan kebutuhan yang Anda miliki.

Sayangnya, reksadana ini juga mempunyai kelemahan yakni Anda biasanya akan dikenakan biaya pengelolaan oleh perusahaan ataupun manajer investasi. Selain itu, keuntungan yang akan didapatkan juga lebih kecil dibandingkan dengan investasi saham.  

5. Investasi properti 

investasi properti
properti – Investasi Yang Menguntungkan Untuk Pemula 

Masih ada lagi investasi yang menguntungkan untuk pemula yakni investasi properti ini.

walaupun investasi properti ini membutuhkan dana yang cukup besar sebagai modalnya, tetapi keuntungan yang akan Anda dapatkan memang sangat menggiurkan. Mengingat harga tanah dan rumah memang selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. 

Bukan hanya itu saja, investasi properti ini pun bisa Anda gunakan sebagai passive income juga. Bangunan atau tanah yang Anda miliki tersebut, bisa Anda sewakan atau kontrakkan kepada orang lain agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. 

Tips memulai investasi untuk pemula 

Buat Anda yang mau memulai melakukan investasi, terdapat beberapa tips penting yang wajib untuk Anda ketahui. Dalam hal ini, agar Anda tidak salah dalam mengambil setiap langkah. Berikut beberapa tips penting dalam melakukan investasi. 

1. Persiapkan modal untuk berinvestasi 

Hal paling krusial yang harus Anda lakukan sebelum memulai investasi adalah dengan menyiapkan modal. Modal sangat diperlukan untuk melakukan investasi.

Ingat semakin lama anda melakukan investasi, maka potensi keuntungan yang akan Anda dapatkan juga akan semakin besar. 

Inilah sebabnya, Anda wajib untuk menyiapkan budget khusus untuk memulai melakukan investasi tersebut.

Cobalah sisihkan uang Anda yang di luar uang untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan cara inilah maka Anda akan semakin terbiasa melakukannya. 

2. Pisahkan tabungan dan investasi Anda 

Perlu Anda ketahui, apabila tabungan dan investasi merupakan dua hal yang berbeda. Karena uang yang Anda tabung, tidak akan menghasilkan apapun selain nominal yang sudah disetorkan ke bank.

Tetapi dengan berinvestasi, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi dalam jangka waktu panjang. Ini lah pentingnya memisahkan tabungan dan investasi Anda. 

3. Memilih jenis  investasi yang sesuai dengan kebutuhan anda 

Selain menyiapkan modal, Anda juga harus memilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan yang Anda miliki. Ada banyak investasi yang menguntungkan untuk pemula yang bisa dipilih.

Pastikan juga apabila jenis investasi tersebut sesuai dengan kondisi finansial yang Anda miliki. 

4. Hindari hidup mewah yang berlebihan

Mempunyai gaya hidup mewah ternyata menjadi pilihan bagi sebagian besar orang. Tahukan Anda apabila gaya hidup mewah ini sering kali membuat seseorang mendapatkan banyak kerugian?

Nah untuk Anda yang ingin sukses dalam melakukan investasi, sebaiknya menghindari gaya hidup yang bermewah-mewahan. Mulailah untuk menghindari membeli barang yang tidak terlalu penting untuk Anda. 

5. Jangan lupa untuk mengenali risiko 

Tips terakhir yang wajib diketahui oleh para investor pemula adalah dengan mengenali apa saja risiko yang mungkin terjadi ketika Anda melakukan investasi tersebut.

Hal ini bukan tanpa alasan. Karena memang hampir semua investasi menawarkan risiko untuk Anda. Tidak hanya itu saja, Anda pun juga  harus mempelajari bagaimana klaim investasi tersebut. 

Manfaat melakukan investasi 

Setelah mengetahui beberapa tips aman sebelum berinvestasi, kini saatnya Anda ketahui apa saja manfaat yang diperoleh dengan berinvestasi. Tidak sedikit manfaat yang bisa didapatkan dengan berinvestasi.

Setidaknya kami akan ulas tiga (3) manfat yang diperoleh oleh orang yang melakukan investasi. Baik investai jangka pendek maupun investasi jangka panjang. Kami lanjutkan pembahasannya di bawah ini.

1. Bisa meningkatkan kekayaan maupun nilai aset 

Walaupun masih dipandang sebelah mata, tetapi melakukan investasi ternyata memberikan banyak manfaat buat Anda. Tidak bisa dipungkiri bahwa berinvestasi bisa meningkatkan kekayaan, ataupun nilai aset yang Anda miliki.

Hal ini tidak lain karena suku bunga yang ditawarkan oleh investasi bisa menambah kekayaan Anda. Terlebih lagi jika Anda melakukannya dalam jangka panjang. 

2. Bisa melindungi kondisi finansial anda 

Dengan berinvestasi, sebenarnya Anda juga akan melindungi kondisi finansial yang Anda miliki dari inflasi loh.

Untuk itulah, jika Anda ingin melawan inflasi, maka investasi menjadi pilihan yang terbaik untuk Anda. Tentunya Anda bisa memperoleh keuntungan tanpa kerugian akibat inflasi. 

3. Bisa menjadi sumber keuangan atas kebutuhan yang memerlukan biaya yang besar 

Dengan melakukan investasi, ternyata juga bisa menjadi sumber keuangan atas kebutuhan yang Anda miliki, jika memerlukan biaya yang besar.

Hal ini tidak lain karena dalam hidup Anda ada kebutuhan yang memerlukan biaya besar bukan? Nah, dengan investasi inilah bisa menjadi solusi yang terbaik untuk Anda. 

Tak bisa dipungkiri jika investasi ini menjadi salah satu hal yang dianjurkan. Karena memang akan memberikan banyak keuntungan bagi pemiliknya.

Dengan melakukan investasi inilah, Anda bisa menyiapkan keuangan di masa yang akan datang. Segera rubah pemahaman Anda. Temukan investasi yang menguntungkan untuk pemula dari sekarang. 🙂

Tags:
nv-author-image

Umbul Narmadi

Ayah dari 3 anak. Di sini tempat saya belajar menulis tentang dunia usaha / bisnis. Suka membaca, asalkan bukan bacaan yang serial. Bekerja di PT. DIMULTI - I Love blogging !View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *