Skip to content

8 Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan

Anda sedang mencari peluang usaha di desa yang menguntungkan? Jika iya, mudah-mudahan artikel ini bisa menambah wawasan Anda sebagai calon pebisnis dari Desa.

Membuka usaha memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri buat masyarakat. Terkesan lebih memiliki potensi untuk cepat sukses. Bisa menjalankan dan mengatur sendiri  bisnis yang dimilikinya.

Faktanya, usaha yang memberikan kesuksesan tidak hanya jenis usaha yang berlokasi di perkotaan saja. Masih banyak peluang usaha di desa yang juga tidak kalah menguntungkannya. 

Tak bisa dipungkiri, jika sebagian besar masyarakat Indonesia masih berpikir bahwa bisnis yang memberikan kesuksesan besar adalah bisnis yang berada di perkotaan saja.

Hal ini disebabkan karena tidak sedikit perusahaan perusahaan besar dengan fasilitas gaji tinggi berada di kawasan perkotaan. 

Buat yang tinggal di pedesaan tetapi ingin mempunyai bisnis, Anda tidak perlu khawatir. Karena Anda mempunyai kesempatan juga untuk bisa membangun bisnis tersebut di kawasan pedesaan.

Apabila Anda merupakan salah satu seorang yang mempunyai rencana untuk membangun bisnis di pedesaan, informasi pada artikel ini mungkin Anda butuhkan. 

Tips dalam membuka usaha di Desa

Sebelum memutuskan untuk memilih jenis usaha yang akan jalankan di desa, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana tips memulai membuka usaha di pedesaan ini.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena peluang usaha di desa yang bisa mendatankan keuntungan, ternyata juga tergantung dengan diri Anda sendiri. 

Jika Anda tidak mengetahui bagaimana strategi yang tepat dalam membangun usaha tersebut, maka bisnis yang Anda miliki dijamin akan gulung tikar dalam waktu yang tepat.

Untuk itulah, Wajib untuk mengetahui beberapa tips di bawah ini, agar usaha di desa yang Anda rintis melalui jalur yang baik dan benar. Berujung pada kesuksesan bagi Anda, keluarga dan bermanfaat buat masyarakat sekitar.

Simak tips sederhana namun penting dalam memulai usaha di desa. 

1. Dukungan kerabat 

Sebelum memulai usaha di desa, penting bagi Anda untuk mendapatkan dukungan dari kerabat dan atau keluarga. Terlebih lagi apabila ini merupakan pengalaman pertama kali Anda akan merintis sebuah usaha. 

Dukungan dari keluarga sangat diperlukan bagi Anda. Apapun bentuk dukungan yang diberikan, bisa menjadi pemompa semangat dalam menjalankan usaha tersebut. Dukungan tersebut bisa berbentuk dukungan material ataupun nonmaterial.

Apabila tidak mendapatkan dukungan dari pihak keluarga, maka kurang afdol. Bahkan berpotensi sulit buat Anda dalam mengembangkan bisnis. Bukan hanya itu saja, dukungan keluarga ini juga sangat penting buat Anda dalam meraih kesuksesan. 

Anda harus paham bahwa kesuksesan itu bukan semata-mata karena kehabatan Anda. Kesuksesan itu karena Tuhan mempermudah urusan Anda.

Itulah kenapa dukungan doa dari Ibu, Bapak dan keluarga jangan sampai ketinggalan. Mereka semua yang ikut berdoa, ikut membantu menggedor pintu rezeki bagi Anda.

2. Lakukan survey

Apabila sudah memperoleh dukungan dari pihak keluarga, langkah berikutnya dalam memulai usaha di desa adalah melakukan survey. Tidak perlu yang terlalu njlimet. Anda bisa melakukan survei kecil-kecilan terlebih dahulu.

Cobalah untuk mencari tahu apa sajakah kebutuhan masyarakat yang masih sulit (belum begitu mudah) untuk ditemukan di sekitar lokasi Anda. 

Cobalah untuk cari tahu terlebih dahulu, apa hal yang paling banyak diminati di masyarakat sekitar.

Untuk melakukan survey ini, Anda bisa meminta bantuan ke kerabat, orang tua maupun teman Anda. 

3. Pilih bisnis yang sesuai dengan passion

Sama seperti ketika membuka usaha di kawasan perkotaan, dalam membuka usaha di desa, sebaiknya juga menyesuaikan dengan passion yang Anda miliki.

Hal ini sangat penting karena ketika memulai usaha tanpa mempunyai passion atau bakat di dalamnya Anda akan kesulitan untuk mengembangkan bisnis tersebut. 

Sudah banyak kasus seseorang yang menjalankan bisnis tanpa passion dan bakat yang dimiliki cenderung cepat gulung tikar.

Inilah mengapa pemilihan jenis usaha itu, memang harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Jangan sampai asal memilih jenis usaha.

Namun perlu diingat, Jangan terjebak dengan bisnis yang idealis. Terlebih saat merintis usaha. Berfikir realistis saja.

Misalnya passion Anda di bidang desain grafis. Setelah diterjuni beberapa bulan, respon pasar tidak merangkak naik (walaupun lambat seklipun), Kemudian Ayah Anda (sebagai penjual ayam goreng kali lima) meminta Anda meneruskan usaha tersebut. Usaha tersebut sudah terbukti bisa menfakahi keluarga.

Dalam kasus contoh ini. Saran saya, tinggalkan bisnis desain grafisnya terlebih dahulu. Fokuskan kepada apa yang sudah terbukti mendatangkan uang. Setelah uang terkumpul dan dirasa cukup, silahkan lanjutkan usaha dengan passion Anda.

Dengan kekuatan modal yang ada, Anda boleh berimprovisasi untuk mewujudkan impian Anda menjadi pengusaha sukses sesuai passion.

4. Sediakan modal 

Anda tidak akan pernah bisa menjalankan bisnis tersebut jika tidak menyediakan modal yang cukup. Mau usaha di kota, ataupun membangun usaha di desa, sama sama membutuhkan modal.

Cobalah untuk menghitung dengan baik kebutuhan apa sajakah yang diperlukan, agar bisnis yang akan dijalankan bisa berjalan dengan baik.

Hindari untuk membeli barang-barang yang kurang penting untuk bisnis tersebut. Gunakan skala prioritas dalam berbelanja hanya untuk kepentingan yang mendukung pertumbuhan usaha saja.

5. Mempunyai visi dan misi 

Membangun bisnis apapun bentuknya, harus mempunyai visi dan misi yang jelas. Visi misi yang terencana sejak awal. Tanpa adanya visi dan misi, maka bisnis yang akan akan kesulitan menentukan arah usaha kedepannya.

Dengan visi dan misi akan membantu Anda untuk lebih tertata dalam menggapai tujuan usaha. Adanya tujuan yang jelas, tentu akan memudahkan Anda untuk meraih keuntungan dan kesuksesan. 

6. Berpikir positif dan jangan takut gagal 

Apapun jenis bisnis yang akan dijalani, memang mempunyai 2 pilihan. Yakni sukses atau gagal.

Perlu Anda ketahui, seorang pebisnis sejati pasti tidak akan takut dengan yang namanya kegagalan. Walaupun masih pemula dalam bisnis.

Untuk itulah, sangat penting bagi Anda agar selalu berpikir positif dan menjauhkan pikiran akan takut gagal. 

Peluang usaha yang menguntungkan di desa 

Sudah tahukah apa saja tips yang bisa digunakan dalam memulai usaha di desa. Nah untuk anda yang tengah mencari peluang usaha di desa yang menguntungkan, maka bisa langsung memilih jenis usaha dibawah ini. 

1. Membuka usaha di bidang hidroponik 

usaha tani hidroponik
usaha pertanin dengan hidroponik

Peluang usaha pertama yang bisa Anda coba dan cukup menguntungkan di pedesaan adalah usaha di bidang hidroponik. Ya, jenis usaha yang satu ini memang sangat cocok didirikan di pedesaan karena lahan di perkotaan yang sangat terbatas. 

Usaha di bidang hidroponik ini, sangat diminati oleh masyarakat. Hidroponik menawarkan hasil pertanian yang lebih higienis. Pertanian dengan menggunakan sistem hidroponik, juga murah dan praktis. Tentunya jika Anda mengetahui bagaimana cara membuka usaha yang satu ini. 

2. Ternak ayam kampung 

usaha ayam kampung
usaha ayam kampung

Usaha ternak ayam kampung. Usaha ternak ayam kampung di desa berpotensi memberikan keuntungan lebih bagi Anda. Hal ini bukan tanpa alasan, karena kebutuhan akan daging ayam kampung memang semakin mengalami peningkatan.

Faktanya, peternak ayam kampung jumlahnya masih terbatas. Jadi ini merupakan peluang. Anda bisa mengambil peluang dengan menjalankan usaha berternak ayam kampung.

Ada beberapa metode yang biasanya digunakan untuk membuka peternakan ayam kampung ini. Seperti metode umbaran, metode semi intensif hingga metode intensif. 

3. Membuka bisnis toko kelontong 

Jenis peluang usaha di desa yang menguntungkan berikutnya adalah dengan membuka bisnis toko kelontong.

Perlu Anda ketahui keberadaan toko kelontong sangat dicari oleh masyarakat pedesaan. Hal ini terjadi akibat dorongan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. 

Anda bisa mencoba menjual produk hasil pertanian local. Seperti dengan menyediakan beras, cabai, sayuran, hingga buah-buahan. Selain itu, Anda juga bisa melengkapi toko kelontong Anda dengan produk-produk lain yang banyak dibutuhkan masyarakat sekitar.

Kuncinya adalah pandai-pandailah mencari distributor toko kelontong yang lebih murah dan lebih lengkap. 

4. Menjual pulsa HP dan token listrik PLN 

Kebutuhan akan pulsa HP maupun token listrik PLN akan terus mengalami perkembangan. Usaha jenis ini juga bisa Anda jalankan di kawasan pedesaan. Bisa dimulai dengan modal kecil, tetapi tetap memberikan peluang keuntungan yang menjanjikan. 

Pulsa HP sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan adanya pulsa, ponsel bisa digunakan dengan baik. Bisa menunjang berbagai aktivitas masyarakat. Sedangkan pulsa token listrik berguna untuk mengisi daya listrik.

Dengan modal hanya ratusan ribu, Anda sudah bisa menjalankan bisnis yang satu ini. 

5. Beternak kroto 

usaha ternak kroto
usaha ternak kroto

Berbicara mengenai usaha di desa, usaha ternak kroto cukup menarik. Ternyata di wilayah tertentu kroto merupakan jenis usaha di pedesaan yang sangat popular. Anda bisa mencoba untuk membuka usaha ternak kroto ini.

Jangan salah, keuntungan yang bisa didapatkan dengan membuka usaha ini, juga cukup besar. Harga per kilogram telur semut ini sangat mahal. 

Seperti yang sudah kita ketahui, kroto atau telur semut rangrang ini dibutuhkan sebagai pakan ikan maupun burung.

Cara berternak kroto pun sangat mudah. Anda bisa menyediakan rak dan menyediakan toples sebagai tempat bertelur untuk semut rangrang tersebut. 

6. Membuka usaha kerajinan tangan 

Peluang usaha di desa yang menguntungkan berikutnya adalah dengan membuka usaha kerajinan tangan. Hasil UKM dari masyarakat pedesaan ini, memang cukup diminati oleh masyarakat. Terutama bagi mereka yang mencari oleh-oleh khas. 

Anda bisa membidik pasar nasional hingga internasional loh. Bagi yang memiliki keterampilan dalam kerajinan tangan, Anda bisa membuka usaha kerajinan tangan ini. Ada banyak jenis kerajinan tangan yang bisa dicoba seperti membuat kerajinan tangan dari barang bekas untuk dibuat hiasan. 

7. Usaha pangkas rambut 

Jenis usaha di desa lainnya yang bisa Anda coba adalah usaha pangkas rambut. Sama seperti dengan jenis usaha sebelumnya, jenis usaha juga sangat menjanjikan.

Harga cukur rambut di pedesaan bisa berkisar antara 15000 rupiah hingga lebih. Dengan keberadaan pangkas rambut yang Anda miliki, orang-orang tidak perlu pergi ke kota hanya untuk memangkas rambut mereka. 

8. Warung sarapan 

Warung sarapan juga menjadi salah satu usaha di pedesaan yang menjanjikan. Tidak semua orang mempunyai waktu untuk memasak di pagi hari. Anda bisa membuka usaha warung sarapan di desa. Dijamin akan dicari oleh banyak orang jika masakan Anda enak, higienis dengan harga terjangkau. 

Kelebihan membuka usaha di pedesaan 

Dimanapun lokasi usahanya tetap memiliki kelemahan dan kelebihan. Sebagai tambahan referensi untuk Anda, berikut ini kelebihan usaha di desa.

1. Membantu memenuhi kebutuhan masyarakat

Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan dengan membuka usaha di pedesaan adalah mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa.

Sebagai contohnya, ketika Anda membuka usaha bisnis toko sembangko, maka akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan barang sesuai dengan kebutuhan mereka. 

2. Memberikan peluang usaha untuk masyarakat 

Dengan membuka bisnis di pedesaan secara tidak langsung Anda juga bisa mengurangi tingkat pengangguran di kawasan pedesaan.

Pasalnya jika bisnis Anda sudah berkembang, pasti akan membutuhkan karyawan untuk membantu Anda. Ini juga lah sebagai salah satu jalan untuk ikut terlibat dalam memberdayakan masyarakat pedesaan. 

3. Untuk mengenalkan produk pedesaan 

Kelebihan terakhir yang bisa Anda dapatkan dengan membuka usaha di pedesaan adalah bisa mengenalkan produk pedesaan.

Sebagai contohnya, jika Anda menjual kerajinan tangan local, maka desa Anda juga akan semakin terkenal oleh masyarakat luar. 

Membuka usaha yang menguntungkan tidak terbatas hanya yang dijalankan di kawasan perkotaan saja. Memulai bisnis di perdesaan faktanya sangat berpeluang untuk menggapai kesuksesan.

Pertanyaannya. Anda mau ambil peluang atau tidak?

Jadi, segeralah bergerak. Pilih salah satu jenis usaha di desa yang menguntungkan menurut Anda. 

nv-author-image

Umbul Narmadi

Ayah dari 3 anak. Di sini tempat saya belajar menulis tentang dunia usaha / bisnis. Suka membaca, asalkan bukan bacaan yang serial. Bekerja di PT. DIMULTI - I Love blogging !View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.