Skip to content

9 Peluang Usaha Modal Kecil Yang Menjanjikan

Calon pengusaha sukses, tidak sedikit yang mencoba memulai bisnisnya dengan mengambil peluang usaha modal kecil. Ini hal yang wajar. Untuk mulai melangkah dengan menghindari resiko kerugian yang besar.

Untuk memulai usaha sudah seharusnya memiliki perencanaan yang tepat. Sebaik mungkin memikirkan bisnis apa yang ingin dijalankan. Mempelajari semua jenis peluang usaha yang ada. Dan juga memahami kemampuan diri sendiri untuk dapat menjalankan sebuah usaha.

Seperti memikirkan peluang usaha modal kecil yang menjanjikan. Meskipun dengan modal yang kecil namun harus bisa mendapatkan keuntungan.

Untuk itu kita akan membahas mengenai peluang usaha modal kecil yang menjanjikan. Dengan harapan, dapat membantu Anda untuk bisa memulai usaha dan mendapatkan keuntungan yang baik. Bisa juga membantu Anda dalam memilih usaha yang sesuai dengan Anda.

Peluang Usaha

Sebelum memutuskan untuk memulai sebuah usaha, ada beberapa hal yang perlu untuk dipahami dan juga dipelajari. Memulai bisnis adalah sebuah pilihan yang tepat dan bijaksana. Terlebih jika dimulai sejak dini.

Bisnis memang dapat menjanjikan keuntungan yang menggiurkan, namun untuk mendapatkan predikat kesuksesan itu, bukanlah hal yang gampang.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk mencapai kesuksesan bisnis. Misalnya seperti berikut:

1. Memilih Peluang bisnis yang cocok

Untuk dapat menjalankan sebuah bisnis, setidaknya diperlukan jenis bisnis yang sesuai dengan passion Anda. Hal ini bertujuan agar tidak membuat Anda mudah menyerah dalam membangun usaha.

Dengan jenis bisnis yang memang Anda sukai, maka otomatis akan membuat gairah bisnis Anda selalu terbakar. Selalu semangat untuk melalui berbagai rintangan yang muncul. 

2. Go online

Untuk membuat usaha dapat tumbuh dengan pesat, maka Anda perlu memanfaatkan kecanggihan teknologi yang kini terus berkembang. Sebuah usaha yang go online akan dapat menjangkau pasar lebih luas dan tanpa terbatas waktu dan lokasi.

Dengan begitu, membuat bisnis Anda semakin berpeluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Walaupun jenis bisnis Anda masuk dalam kategori kelompok usaha modal kecil.

3. Mengenali persaingan

Untuk memajukan bisnis, Anda perlu mengenali persaingan usaha yang ketat. Sangat penting untuk melakukan riset pasar atas peluang usaha yang akan Anda jalani. Walaupun jenis bisnis dengan usaha modal kecil.

Cara Memulai Usaha Modal Kecil

Memulai bisnis dengan modal kecil adalah hal yang sangat bagus. Meminimalisir resiko namun tetap menjalankan peluang usaha yang ada, agar menghasilkan uang tambahan/sampingan.

Banyak kita lihat, bahwa bisnis itu dimulai dari yang kecil dulu dan juga dimulai dengan modal kecil. 

Sayangnya, yang sering terjadi itu sebaliknya. Banyak orang yang menghentikan niatnya untuk membuka bisnis karena harus mengeluarkan modal yang besar.

Padahal bisnis itu juga dapat dimulai dari bisnis kecil-kecilan. Dan tetap memiliki peluang yang menguntungkan. Terdapat banyak peluang usaha modal kecil yang menguntungkan.

Tidak sedikit pula orang yang memulai usaha kecil-kecilan berhasil menggenggam kesuksesan. Mendapatkan keuntungan yang lumayan, bahkan menggiurkan. 

Memulai usaha modal kecil yang menguntungkan memang sedang booming. Bukan hanya di Indonesia saja, namun juga di luar negeri. Banyak ide-ide unik dan menarik untuk memulai berbisnis dengan kecil.

Bahkan ada beberapa jenis usaha dengan modal kecil yang waktu kerja fleksibel. Anda masih bisa menyesuaikan dengan waktu yang Anda miliki.

Memulai bisnis ini harus memiliki pertimbangan dan juga niat yang serius. Merintis usaha harus diawali dengan niat yang baik dan juga benar. Tidak sedikit anyak yang gagal dalam memulai bisnis kecil-kecilan.

Sebagai tambahan referensi Anda calon pengusaha, berikut kami informasikan langkah-langkah yang bisa diterapkan agar sukses berbisnis.

Ini dia langkah yang tepat dan cara berbisnis kecil untuk kamu yang ingin memulai bisnis dengan benar. 

1. Menentukan dan Membuat Rencana Usaha

Tentunya sebelum memulai bisnis, Anda harus memiliki ide dan rencana untuk membuat bisnis kecil-kecilan. Ide harus dilengkapi dengan sebuah rencana yang matang agar ide tersebut dapat berjalan dan menjadi kenyataan.

Ide yang matang dan juga perencanaan yang serius, akan membuat bisnis berjalan lancar. Perencanaan merupakan gambaran dari bisnis yang akan dijalankan, perencanaan tersebut dimulai dari biaya yang dibutuhkan, dan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mencapai dari tujuan mendirikan sebuah bisnis.

2. Melakukan riset

Walaupun memulai berbisnis / usaha modal kecil, Anda harus menentukan ide ingin memulai bisnis apa terlebih dahulu. Sangat penting untuk mengecek dan juga melakukan riset.

Dengan begitu, Anda dapat mengetahui apakah ide bisnis tersebut dapat sukses dan memiliki banyak peminat.

Dengan melakukan riset maka Anda dapat memiliki gambaran apakah bisnis Anda kedepan akan berhasil atau malah akan gagal.

Sebaiknya pilih produk maupun jasa yang memang dibutuhkan oleh banyak orang. Harapannya, agar banyak orang yang tertarik untuk membeli produk ataupun menggunakan jasa Anda. Dengan begitu kemungkinan untuk gagal pun akan semakin kecil. Bisnis Anda lebih berpotensi untuk sukses dan mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. 

3. Menentukan struktur bisnis yang benar dan tepat

Anda juga dapat melakukan revaluasi terhadap bisnis yang akan Anda jalankan. Dengan begitu, Anda akan dapat merubah apa-apa saja yang kurang dalam bisnis tersebut. Maka Anda harus memilih struktur bisnis yang tepat.

4. Perencana keuangan

Untuk memulai sebuah bisnis tentunya membutuhkan modal. Meskipun harus mengeluarkan modal, modal tersebut akan kembali dengan adanya keuntungan yang masuk dari bisnis tersebut.

Sangat penting dalam sebuah usaha, memiliki perencanaan keuangan yang matang. Anda perlu membuat rencana yang sesuai dengan kondisi keuangan yang Anda miliki.

Daftar Peluang usaha modal kecil yang menguntungkan

Tidak sedikit pengusaha yang sukses berangkat dari modal yang kecil. Seperti apa yang sudah diulas diatas bahwa walaupun kita memulai usaha modal kecil, peluang keberhasilannya tidak bisa disepelekan.

Berikut peluang usaha yang menjanjikan dan berpotensi mendatangkan banyak keuntungan.

1.Usaha Rental Mobil

Peluang usaha dengan modal kecil yang pertama adalah memilih bisnis sewa mobil. Untuk modal awal yang dibutuhkan akan kecil jika Anda memang sudah memiliki kendaraan roda empat.

Mobil Anda bisa dimanfaatkan dengan membuka jasa rental mobil. Sehingga berpeluang untuk mendapatkan keuntungan (penghasilan tambahan).

2. Menjual pulsa Elektrik

Menjual pulsa elektronik merupakan salah satu bisnis yang dijalankan oleh banyak orang. Usaha ini juga dapat dikatakan sebagai sebuah peluang usaha modal kecil.

Untuk memulai usaha ini, Anda hanya memerlukan modal kurang lebih sebesar Rp. 1.000.000 saja. Faktanya pulsa sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

Apalagi untuk saat ini, hampir semua orang memiliki handphone. Harga HP kini sangat terjangkau. Harga hp 500 ribuan kinipun sudah membanjiri pasar.

Dengan kondisi ini, tentunya usaha jual pulsa sangat menjanjikan. Bisnis ini berpotensi mendapatkan keuntungan yang pasti.

Dengan modal yang kecil, Anda bisa mendaftarkan diri ke provider pulsa elektrik. Dengan begitu, Anda dapat segera menjual pulsa.

Namun sedikit tips jangan pernah memberikan harga yang terpaut jauh dengan kompetitor. Jangan mengambil keuntungan berlebih.

Ambilah keuntungan sedikit yang penting lancar, jika tidak ingin bisnis sampingan seperti ini menjadi gagal dan mengalami kebangkrutan.

3. Menciptakan kerajinan tangan 

Ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki nilai seni, keterampilan dalam mengolah suatu bahan sehingga menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual.

Untuk memulai jenis usaha seperti kerajinan tangan ini, tentunya tidak memerlukan modal yang begitu besar. Yang penting Anda harus memiliki ketekunan, keterampilan dan juga kejelian dalam melihat peluang usaha. 

4. Membuka Jasa Penitipan Anak

Usaha modal kecil selanjutnya adalah membuka usaha jasa penitipan anak. Usaha ini cocok dengan mereka yang menyukai anak-anak. Dan bisa membuka jasa penitipan anak dari rumah.

Ini merupakan peluang usaha yang menjanjikan apalagi jika dibuka dikota-kota besar. Kesibukan orang tua yang bekerja, seringkali mengharuskan anak-anaknya dititipkan ke pihak lain. Jasa penitipan anak bisa menjadi pilihan yang tepat.

5. Jasa Laundry 

Kebanyakan orang saat ini sibuk dengan pekerjaan. Tidak memiliki waktu untuk membereskan pekerjaan rumah. Mencuci baju sendiri saja sudah tidak sempat lagi. Oleh karena itu memulai peluang bisnis membuka jasa Laundry adalah ide yang sangat bagus.

Membuka usaha laundry memerlukan modal yang tidak begitu besar. Kurang lebih bisa dimulai dengan budget sekitar Rp. 6.000.000 saja dan tetap memiliki potensi keuntungan yang besar.

Anda hanya perlu membeli mesin cuci, mesin pengering, deterjen, pewangi, setrikaan dan juga plastik serta timbangan. Jasa laundry memang sangat banyak dicari oleh orang. Terutama untuk kalangan mahasiswa dan juga para karyawan.

6. Menjadi penulis Online

Ini juga salah satu peluang usaha yang dapat dimanfaatkan oleh anda yang memiliki hobi menulis. Anda bisa menjadi penulis online. Ini merupakan peluang usaha yang menjanjikan, asalkan rajin dan serius dalam menjalaninya.

Peluang usaha ini dapat dimulai dari rumah saja. Dengan modal yang sangat kecil. Anda dapat menentukan untuk memilih sebagai penulis online secara paruh waktu atau dengan penuh waktu. 

Mencoba Usaha Makanan Ringan dengan modal kecil

Memulai usaha dengan modal kecil banyak sekali pilihannya. Anda bisa memulai usaha makanan ringan.

Bisnis makanan merupakan salah satu bisnis yang bisa mengantar Anda pada kesuksesan dan mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. 

Kuncinya adalah Anda harus bisa mengelolanya dengan baik. Mulai dari makanan ringan yang ada pilih. Cara pemasarannya dan juga manajemen keuangan yang benar.

Memilih usaha makanan ringan adalah pilihan yang tepat, karena makanan memang menjadi kebutuhan semua orang. Baik itu berupa makanan pokok maupun cemilan.

Jangan lupa, legkapi perencanaan bisani makanan Anda dengan melakukan riset pasar.

Anda harus  memilih jenis makanan yang cocok dengan lidah masyarakat. Sehingga akan laris di pasaran. Anda bisa melakukan survey. Bisa dengan cara menyuruh beberapa orang untuk mencicipi produk makanan ringan Anda.

Berikut ini beberapa jenis makanan ringan yang bisa Anda pilih:

1. Keripik Pisang

Pastinya Anda semua tau dengan jenis makanan yang satu ini. Keripik enak yang terbuat dari pisang yang diiris iris. Ada yang memanjang dan ada juga yang berbentuk bulat.

Warnanya ada yang kecoklatan dan kuning. Dari segi rasanya juga ada yang manis dan ada juga yang gurih.

Keripik pisang ini dikemas dalam plastik berukuran kecil dan dijual dengan harga kisaran 1000an. Kripik jenis ini selalu laris dipasaran dan memiliki banyak peminat. 

2. Makaroni aneka rasa

Makaroni aneka rasa

Makaroni olahan adalah salah satu makanan kekinian yang kini sangat dicari oleh masyarakat. Cemilan ini sangat cocok untuk disantap kapan saja. Selain itu, makaroni tersedia berbagai jenis varian rasa mulai dari jagung manis, pedas, balado, original dan juga beberapa rasa lainnya.

Makaroni memiliki rasa yang gurih, renyah, dan tentunya rasa pedas menjadi daya tarik utama makanan ini.

Selain itu makanan yang satu ini terbukti membuat banyak orang ketagihan. Makaroni menjadi pilihan tepat untuk memulai peluang usaha modal kecil yang menjanjikan.

3. Bakpau Buah

Jenis peluang usaha modal kecil berikut ini pastinya akan menarik perhatian para pelanggan.

Dari namanya saja sudah terdengar sangat  unik, Ini adalah salah satu contoh usaha makanan ringan unik yang cocok untuk dijadikan peluang usaha. Jenis usaha makanan ringan ini masih tergolong belum banyak pemainnya.

Tidak hanya memiliki nama yang unik, namun jenis makanan ini juga memiliki bentuk yang unik. Bakpao ini termasuk makanan yang sedang populer di masyarakat.

Ini merupakan salah satu inovasi dalam mengembangkan bisnis. Tentunya dari nama dan bentuknya yang unik, maka makanan ringan ini memiliki respon yang baik oleh masyarakat. Sangat cocok untuk dipilih dijadikan sebagai peluang usaha modal kecil yang menjanjikan. Selamat jadi pengusaha !

nv-author-image

Umbul Narmadi

Ayah dari 3 anak. Di sini tempat saya belajar menulis tentang dunia usaha / bisnis. Suka membaca, asalkan bukan bacaan yang serial. Bekerja di PT. DIMULTI - I Love blogging !View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.