Skip to content

Desain Ruang TV Minimalis Modern

Bicara soal konsep desain ruang TV minimalis modern, sebetulnya bisa terwakili dengan kata “ringkas”.

Apa yang dimaksud dengan ringkas disini?

Ringkas disini berarti tidak banyak elemen TV yang terlihat secara fisik sehingga tidak ada kesan mengganggu secara visual.

Kabel HDMI, soket, DVD, dan lain sebagainya terlihat rapi bahkan seolah tersembunyi.

Tujuannya apa?

Yaitu, agar desain ruang TV minimalis modern yang diinginkan meskipun menempati ruangan kecil tetap bisa memberikan sentuhan fungsi yang optimal. 

Nah, di artikel kali ini pembahasan kita akan lebih banyak pada bagaimana kiat menciptakan desain ruang TV minimalis modern yang bagus dengan cara termudah.

Semoga apa yang kami bahas kali ini bisa jadi referensi terbaik untuk Anda para pemilik rumah minimalis yang sedang merencanakan membuat ruang TV khusus namun terbatasi oleh space ruangan.

Mari kita bahas apa saja tipsnya.

Tips Menghadirkan Desain Ruang TV Minimalis Modern di Rumah Anda

Untuk Anda yang benar-benar berniat menciptakan ruang TV yang hemat space, terlihat simpel dan tetap berfungsi baik, tips-tips berikut mungkin bisa diterapkan.

1. Buat Sumber Daya Listrik yang Dekat dari TV Namun Tidak Membahayakan

Dimana Anda akan menempatkan TV Anda maka disitulah seharusnya sumber listrik berada di dekatnya. Anda perlu memasang sambungan kabel stop kontak untuk menjadi sumber power tv Anda.

Hal yang perlu dicatat soal sumber listrik ini adalah soal pembuatan stop kontak [catu daya]. Buatlah lebih dari satu lubang catu daya.

Sebab dengan lebih dari satu catu daya ini maka akan mudah untuk memasang perangkat pelengkap TV, seperti speaker, DVD, Play station, dan lainnya.

Jadi, dengan adanya catu daya yang jumlahnya memadai maka akan lebih mudah untuk mensetting alat-alat pelengkap tv tadi. Pastikan sambungannya aman dari jangkauan anak-anak agar tidak membahayakan,

2. Pertimbangkan Peletakkan TV vs Jendela

Kenapa peletakkan TV harus diimbangi dengan arah bukaan jendela?

Hal ini tidak lain karena pencahayaan dari luar bisa membuat silau saat menonton televisi di siang hari.

Torinya, permukaan Tv yang mengkilat akan memantulkan cahaya dari sinar matahari luar. Oleh karenanya, sangat disarankan dalam meletakkan TV agar tidak menghadap atau berlawanan dengan jendela.

3. Atur Jarak Pandang Terbaik

Tips desain ruang TV minimalis modern selanjutnya adalah soal jarak peletakkan. Yaitu, tentang bagaimana Anda meletakkan TV Anda sesuai dengan jarak pandang ideal.

Hal paling dasar dari meletakkan TV adalah memposisikannnya sejajar dengan mata supaya mata Anda saat menonton TV tidak menegang.

Selain itu, perihal jarak peletakkan dengan tempat duduk untuk menonton TV juga berkaitan dengan kesehatan.

Kok bisa?

Leher dan mata Anda bisa saja menegang jika peletakkan TV terlalu ke atas atau ke bawah sehingga harus mendongak atau menunduk saat melihat layar.

Jadi, untuk ketinggian layar monitor TV dengan tanah idealnya adalah sekitar 4 kaki atau 1,2 meter-an. Sementara jaraknya dengan tempat duduk/pandangan mata idealnya sekitar 1,5 hingga 3 meter.

4. Apakah hanya TV Anda akan jadi Titik Fokus?

Jika monitior TV Anda adalah titik fokus utama di ruang TV Anda, maka letakkan di sisi tengah menghadap tempat duduk.

Jika Anda memiliki titik fokus lain seperti perapian atau jendela yang menghadap keluar taman, maka bisa dipertimangkan untuk menempatkannya di dinding yang berdekatan dengan elemen tersebut agar tetap nyaman dilihat.

5. Sebaiknya Pilih Model TV Sembunyi

Kita tahu bahwa ada model peletakkan TV yang terbuka tanpa adanya kabinet untuk menyimpan atau menutupinya.

Bahkan saat ini banyak yang modelnya menempel di dinding atau menggantung dan sering diterapkan pada konsep desain ruang TV keluarga kecil di kota-kota besar.

Nah, untuk mewujudkan desain ruang TV minimalis modern yang tidak makan tempat alias ringkas, Anda bisa meletakkan TV Anda di atas kabinet khusus baik dengan daun pintu atau tidak.

Pastikan ada lubang di bagian belakang kabinet atau lemari TV (Anda bisa mengebor sendiri) agar semua kabel bisa masuk. Pastikan juga lemari mudah dibuka tutup jika di rumah Anda ada anak-anak agar mereka lebih mudah menggunakannya.

6. Integrasikan dengan Elemen Lain

Gabungkan televisi Anda dengan elemen dekorasi ruang TV sederhana lainnya. Misalnya taruh di lemari yang sekalligus jadi rak buku, sehingga TV akan dikelilingi dengan koleksi buku, benda antik, atau foto.

7. Pilih Model TV yang fleksibel

Salah satu tren desain ruang TV minimalis modern saat ini adalah tentang model TV yang fleksibel. Artinya monitor TV-nya mudah daibolak balik karena lehernya fleksibel.

Model TV seperti ini bisa dipasang di area lain selain ruang TV. Anda bisa memasangnya di bawah lemari dan dibalik ke atas atau ke bawah sesuai kebutuhan.

Apalagi jika sekarang Anda sering WFH maka model TV seperti ini sangat cocok untuk Anda pakai.

8. TV Dinding Lebih Baik dari TV Biasa di atas meja

desain ruang tv minimalis modern
Sumber: istock.photo


Karena kita kasusnya sedang bicara soal desain ruang TV minimalis modern, maka semuanya harus mengedepankan kesesuaian dengan konsep minimalis.

Meskipun space ruangan sempit tapi masih banyak orang yang memilih TV model meja atau rak. Padahal, peletakkan TV model begitu akan menambah kesan ruangan makin sempit.

Sebaiknya letakkan TV di dinding agar bisa menghemat tempat dan semakin menegaskan bahwa ruang TV Anda berkonsep modern.

Baca juga: Tips Mengatur Desain Ruang TV Sempit dengan Mudah di Rumah Minimalis

9. Pilih TV yang Ramping

Salah satu ciri TV modern saat ini adalah bentuknya yang slim alias ramping. Untuk menunjang konsep desain ruang TV minimalis modern Anda terwujud dengan baik, maka disarankan untuk memilih TV model ramping.

Ini akan menghemat tempat sekaligus menegaskan bahwa model TV Anda canggih. Sekarang juga sudah banyak smart TV yang bisa Anda pilih sehingga pilihan makin banyak.

10. Sembunyikan TV Di Balik Rak Buku

Ini sekedar ide tambahan yang bisa Anda ambil jika ingin mengadopsi konsep yang anti mainstream. Buat rak buku yang besar dengan space khusus untuk menempatkan monitor TV.

Saat TV dipakai rak buku bisa diputar. Sementara jika ingin fokus membaca buku atau belajar tanpa terganggu, rak bisa bisa dibalik agar TV bisa dinyalakan.

KESIMPULAN

Saat bicara soal ruang minimalis, konsep serba ringkas dengan tambahan storage adalah solusi terbaik.

Agar barang-barang yang terlihat tidak mengganggu pemandanga, ruang TV perlu diupayakan hal-hal yang membuat kondisi di dalamnya terlihat ringkas.

Jadi, cara terbaik untuk membuat Ruang TV minimalis terlihat bagus adalah dimulai dengan memilih TV yang tepat terlebih dahulu. Carilah model TV yang slim/tipis plus bisa dipasang di dinding.

Selanjutnya, untuk menambah kesan yang lebih bagus pada konsep desain ruang TV minimalis modern, Anda perlu mengandalkan sistem storage.

Untuk menata ruang TV berkonsep monitor tersembunyi, Anda bisa meletakkannya di balik pintu, rak buku, galeri seni atau bahkan jendela.

Jika semua itu bisa dibuat ringkas termasuk kabel-kabel dan peralatan tambahannya jadi tidak banyak terlihat secara fisik maka usaha Anda berhasil. Artinya Anda sudah bisa membuat sebuah konsep desain ruang TV minimalis modern yang representatif di rumah Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.