Skip to content

Interior Rumah Mewah

Interior rumah mewah dapat dihadirkan, jika memang kita memahami komponen-komponen penyusun dalam rumah kita dengan baik.

Komponen tersebut meliputi komponen fisik dari penyusunnya, motif, corak dan bahkan tema yang diusung oleh si empunya rumah.

Memastikan bahwa kesan yang dirasakan sebagai hasil akhir perpaduan berbagai aspek tidak keliru. Dan sesuai dengan harapan penghuninya, menjadi salah satu pekerjaan yang seringkali dianggap penting.

Berawal dari kesan inilah, kemudian rumah akan menjadi terasa nyaman untuk ditinggali oleh keluarga yang menempatinya.

Telah kita bahas bersama desain interior rumah minimalis pada dua artikel yang telah Anda baca sebelumnya.

Pada artikel kali ini, kita lanjutkan pembahasan dari sambungan tentang pembahasan ruang dalam rumah yang sebagian lainnya telah kita bahas pada artikel terdahulu.

Interior rumah mewah tak harus wah

interior rumah mewah
interior rumah mewah

Menghadirkan kesan mewah tentu tidak mudah jika lantas kita berpatokan pada standar materi. Namun jika kita pandai melihat dari sisi pandang yang berbeda, penambahan ruang berikut setidaknya mampu menjadi standar “lebih” dari rumah hunian pada umumnya.

lima Ruangan tambahan ini bisa bikin kesan “interior rumah mewah”

a- Mushola :

interior rumah mewah mushola
interior rumah mewah – mushola

Ruang ini tidak selalu ada di setiap hunian, namun keberadaannya secara fungsional menjadi sebuah kebutuhan yang wajib bagi sebagian dari kita yang mengenal dari mana dan kemana kita akan kembali.

Sebuah ruang yang tidak memiliki standar khusus, hanya dibatasi oleh keperluan dasar terkait arah hadapnya dan dimensi kenyamanan ketika berada di dalamnya.

Suasana religius dan kenyamanan terasa kental pada ruang ini. Bagi yang memperhatikan dan sering menggunakan Mushola dalam rumah, biasanya akan selalu menjaga kebersihan dan kerapihan ruang ini.

Tempat yang seringkali luput dari perhatian utama, namun di tempat ini pula sebagian kita mengingat ketika mengharapkan perhatian dari Penciptanya. Ini bagian dari interior rumah mewah yang tidak harus wah.

b- Tempat cuci :

tempat cuci interior rumah mewah
tempat cuci – interior rumah mewah

Ciri khas tempat cuci adalah adanya sumber air bersih yang mudah terjangkau dan saluran pembuangan yang baik.

Banyak modifikasi dari tempat ini. Ada yang mengkhususkan untuk kaperluan mencuci pakaian saja. Ada yang menggabungkan ruang cuci sekaligus ruang jemur. Ada yang ditempatkan bersebelahan dengan kamar mandi, atau hanya tempat untuk mencuci alat dan perlengkapan makan.

Penggunaan mesin cuci juga menjadi pertimbangan, ketika hendak mengalokasikan tempat ini. Karena berarti Anda harus menyediakan akses ke saluran listrik, saluran air dan juga buangan limbah cuci yang mudah terakses oleh mesin, karena sifatnya yang tidak portable.

Jika Anda memiliki lahan sisa di bagian belakang, Anda bisa mempertimbangkan untuk meletakkan tempat cuci pada bagian belakang yang berbagi batas dengan lahan terbuka tersebut.

c- Gudang :

gudang interior rumah mewah
gudang – interior rumah mewah

Gudang juga bisa masuk dalam kategori bahasan interior rumah mewah. Ruangan ini berfungsi untuk menampung barang-barang yang tidak terpakai, atau menyimpan barang-barang yang belum dipakai kembali.

Yang perlu diperhatikan adalah terkait sirkulasi cahaya dan udara agar kelembaban dan udara di dalamnya tetap terjaga sehat, alih-alih menjadi sarang tumbuhnya bakteri dan jamur.

Tidak setiap hari ruang ini diakses oleh pemiliknya, maka perlu diperhatikan terkait penataan dan penempatan barang-barang yang menghuni ruang tersebut, agar mudah di akses dan tidak terkesan kumuh atau kotor karena kurang ter-manage dengan baik.

Kesan interior rumah wewah akan sulit terwujud jika tidak mengetahui cara menata gudang yang efektif.

d- Garasi :

garasi interior rumah mewah
garasi interior rumah mewah

Bagi Anda yang belum memiliki gerobak beroda empat, tidak diharamkan jika ingin memiliki garasi rumah.

Bahkan terkadang ada rumah yang telah hadir di dalamnya kendaraan roda empat, namun belum dilengkapi dengan garasi, sehingga terpaksa membiarkan terparkir beratapkan langit.

Selain sebagai tempat kendaraan Anda terparkir dengan rapi, garasi juga umum dijadikan workshop untuk Anda yang hobi berkreasi dengan berbagai alat tukang kayu atau eksperimen lain yang mengasah ketrampilan kriya Anda.

Berbagai alat tukang dan bengkel yang Anda punyai juga dapat ditempatkan bersandingan dengan mobil Anda.

Pengaturan yang baik, memungkinkan space ruang teroptimasi dengan baik, termasuk untuk menyimpan kendaraan roda dua Anda dan buah hati Anda setelah lelah seharian bersepeda di lingkungan komplek.

Dengan pengaturan yang baik, maka bisa menimbulkan kesan bahwa rumah Anda memiliki interior rumah mewah.

e- Toilet/WC :

toilet/wc interior rumah mewah
Toilet/wc – interior rumah mewah

Pada rumah yang dihuni oleh lebih dari 2 anggota keluarga, kebutuhan akan WC diakomodasi dengan menambah sebuah bilik yang hanya berisi WC. Hanya untuk keperluan berhajat. Tanpa bak permanen, dan tidak dimaksudkan untuk mandi (kecuali terpaksa).

Sehingga pada jam-jam tertentu dimana setiap anggota keluarga bersiap untuk berangkat bersamaan, setidaknya tidak harus menyita waktu banyak untuk mengantri bergantian menggunakan WC.

Umumnya, dalam interior rumah mewah, WC dikondisikan menjadi satu ruangan dalam kamar mandi. Hunian rumah kelas mewah bahkan bisa menghabiskan anggaran milyaran rupiah hanya untuk sebuah kamar mandi berikut toiletnya.

f- Atap

atap/langit-langit - interior rumah mewah
atap/langit-langit – interior rumah mewah

Fungsi utama dari atap bagian dalam rumah, atau lebih tepatnya langit-langit adalah untuk menjaga suhu di dalam ruangan, terutama agar panas tidak cepat terlepas dari ruangan dalam rumah. Selain itu juga agar debu dan kotoran serta percikan air dari hujan tidak lantas jatuh mengotori bagian dalam ruangan.

Desain plafon yang ideal setidaknya mampu mengcover fungsi tersebut, selain sebagai media untuk memperindah rumah.

Fungsi lainnya adalah sebagai tempat untuk menggantungkan lampu dan menyembunyikan atap rumah bagian luar (genteng) yang jelas tidak nampak rapih jika di lihat dari bagian bawah.

Terdapat berbagai macam jenis material untuk jenis ini, berikut kami sajikan ulasan singkat tentang masing-masing material.

Lima material ini banyak menghiasi interior rumah mewah

a. Triplek :

Bahan ini dipilih karena sifatnya yang ringan dan murah harganya. Pemasangan yang relatif mudah, ditunjang dengan ketekunan menjaga presisi, dapat dikerjakan bahkan oleh bukan tukang yang terlatih.

Dilapisi dengan cat dan finishing pada bagian-bagian sambungan yang rapi, akan menghasilkan langit-langit yang memenuhi kebutuhan standar hunian sederhana Anda.

Kelemahan yang dimiliki untuk atap jenis ini adalah bahwa bahan triplek tidak cocok jika harus bersentuhan dengan tetesan air hujan yang bocor dari atap. Namun demikian bahan jenis ini banyak memenuhi interior rumah mewah.

b. Eternit :

Bahan ini menjadi pilihan murah selain triplek. Eternit merupakan nama dagang yang ditujukan kepada plafon untuk atap langit-langit berukuran standar 1m x 1m dengan bahan dasar mineral asbestos dan campuran semen dalam kadar tertentu. Anda bisa membaca artikel kami yang lain terkait bahan plafon yang kuat.

Untuk memasang eternit diperlukan tukang yang terlatih, karena sifatnya yang rapuh dan mudah patah, menjadikan eternit perlu kehati-hatian dalam pemasangannya.

Ukurannya yang standar memudahkan Anda untuk menggantinya jika terjadi kerusakan pada salah satu bidang eternit saja, tanpa harus mengimbas pada yang lain.

Tetesan air hujan dari atap yang bocor perlu segera diantisipasi agar tidak sampai merusak eternit, jika tidak, sebaiknya Anda bersiap mendapati langit-langit Anda berlubang, termasuk jika ternyata langit-langit rumah Anda menjadi tempat favorit bagi tikus dan kucing.

c. Gypsum :

Gypsum terbuat dari bahan kapur alam dan zat tambahan lainnya sehingga memiliki daya rekat agar terbentuk sesuai dengan cetakan yang diinginkan.

Dengan kemudahan dalam proses pembentukannya, gypsum dapat di custom menjadi bentuk datar (flat), lengkung (curve) maupun kubah (dome).

Variasi drop ceiling juga dapat diaplikasikan pada material jenis ini, sehingga langit-langit rumah Anda terlihat lebih mewah dengan plafon yang bertingkat.

Pemasangan yang lebih cepat dan hasil yang terlihat tanpa sambungan menjadi nilai lebih plafon jenis ini. Manfaat gypsum lainya yaitu berbahan tebal, mudah dibentuk dan tahan api.

Air masih menjadi musuh utama gypsum tipe ini, jadi pastikan Anda tidak memakainya di tempat yang lembab seperti kamar mandi, atau pastikan atap rumah Anda tidak bocor di kala hujan.

d. GRC :

Mengadopsi konsep dasar gypsum, GRC hadir dengan modifikasi bahan penyusunnya. Memiliki hasil yang lebih keras dan lebih resistance terhadap air, menjadi nilai unggul GRC dibandingkan gypsum biasa.

GRC lebih awet dan memiliki bobot lebih dibandingkan gypsum, namun dari sisi kerapihan dan kemudahan pemasangan, GRC memerlukan effort yang lebih dibandingkan gypsum.

e. Calsiboard :

Bagi Anda yang menginginkan langit-langit rapi namun kebutuhan akan material penyusun wajib tahan air, maka kalsiboard menjadi solusi atasnya.

Dengan ketebalan yang beragam, Anda dapat mengaplikasikannya untuk berbagai jenis keperluan, termasuk untuk eksterior.

Kalsiboard memiliki angka kembang–susut yang relatif tinggi dibandingkan material jenis lain, sehingga Anda perlu memperhatikan pemberian nat pada saat pemasangan, terutama dengan memperhatikan musim penghujan yang dingin dan musim kemarau yang panas.

Pemilihan material plafon terkait erat dengan pemilihan rangka langit-langit dimana plafon akan dilekatkan.

Kayu menjadi pilihan yang lazim pada zaman dahulu karena harganya yang relatif murah dan mudah diperoloeh. Namun hari ini kemudahan memperoleh kayu dengan kualitas yang baik dan harga murah menjadi tidak semudah dulu.

Sifat yang kurang tahan terhadap air dan mengingat bahwa kayu adalah makanan kesukaan rayap, menjadi pertimbangan banyak orang untuk beralih ke rangka jenis metal.

Bentuknya yang seragam, bobotnya yang ringan dan menghasilkan tampilan akhir yang rapih menjadikan rangka metal memiliki banyak penggemar.

Variasi leveling juga menjadi salah satu faktor pemilihan rangka jenis metal. Dengan mengaplikasikan rangka jenis ini memungkinkan Anda memiliki plafon yang bertingkat, atau istilah yang sering digunakan adalah drop ceiling.

Menggunakan jenis lampu downlight dan penambahan lampu yang tersembunyi di balik plafon, menjadikan cahaya yang dihasilkan menambah kesan mewah dan elegan dari langit-langit hunian Anda.

Interior rumah merupakan cerminan dari kepribadian sebuah keluarga. Di dalam rumah inilah, kemudian yang berkunjung akan merasakan sisi dalam dari karakter keluarga yang menghuni rumah tersebut.

Desain interior rumah mewah minimalis menjadi pilihan bagi keluarga saat ini yang lebih mengedepankan sisi fungsional dari sebuah perabot, namun tidak pula melupakan sisi estetik dari rumah secara keseluruhan.

Semoga Anda dan keluarga mampu menghadirkan suasana hangat dan kenyamanan yang diidamkan, sehingga rumah akan menjadi tempat pertama yang selalu diingat. (rd), editted 01/08/2022 by UN.

Salam kami untuk keluarga Anda,
~ diminimalis ~