AC Inverter: Kelebihan, Kekurangan & Cara Menggunakan

AC inverter menjadi salah satu jenis air conditioner yang populer di Indonesia. Pemanasan global membuat suhu semakin meningkat. Di kota-kota besar bahkan suhunya bisa mencapai 30 derajat lebih.

Inilah yang membuat banyak orang memilih untuk gunakan pendingin ruangan. Salah satu komponen yang penting untuk dirawat adalah inverter pada ac yang kita gunakan.

Dalam sebuah mesin pendingin, memiliki unit pendingin dengan jumlah yang berbeda-beda. Tergantung luas ruangan dan jumlah panas di ruangan tersebut.

Ketika Anda membutuhkan pendingin yang tinggi, maka kompresor pun akan bekerja dengan lebih tinggi lagi, inilah yang membuat inverter pada ac sangat penting.

Seperti yang sudah dikutip di awal, Ac inverter menjadi salah satu mesin pendingin yang popular di pasaran. Karena penggunaanya bisa menghemat pemakaian listrik hingga mencapai 30-50%.

Inverter ac ini mampu mengontrol kerja motor kompresor, sehingga dapat mengendalikan aliran refrigeran dengan baik.

Untuk ac biasa, ada on off untuk mengatur kapasitas kerjanya. Sedangkan ac inverter ini sudah dilengkapi drive frekuensi variable, yang akan menggabungkan listrik dengan kecepatan motornya. Membuat output pendinginan lebih bagus.

Kelebihan dan kekurangan AC Inverter

kelebihan dan kekurangan AC inverter
kelebihan dan kekurangan AC inverter

Perbedaan ac inverter dan non inverter memang begitu terlihat. Karena penggunannya memang begitu berbeda. Perbedaan utama tentunya, penggunaan listrik yang lebih hemat. Bahkan bisa mencapai 50%. Selain itu bisa mencapai suhu dingin lebih cepat.

Untuk ac inverter, bisa melakukan pendinginan sesuai dengan angka yang tertulis di remote. Kalau sudah mencapai suhu yang diinginkan, akan menurun sedikit demi sedikit dan stabil. Sehingga kompresor tidak bekerja dengan berat.

Sedangkan untuk ac non inverter tidak bisa melakukan hal itu. Anda harus mengontrolnya, kapan waktu untuk mematikan dan menyalakannya. Untuk harganya memang beda jauh. Tapi untuk penggunaannya lebih tahan lama ac inverter.

Kelebihan

Ac inverter dan non inverter memang memiliki manfaat berbeda. Yang membuat inverter ac lebih popular karena kegunaannya lebih banyak. Berikut ini beberapa kelebihan inverter ac dibandingkan dengan jenis lainnya.

• Mencapai suhu dingin lebih cepat
• Menghemat penggunaan listrik sampai 30%-50%
• Rasa dinginnya lebih nyaman
• Waktu untuk start up berkurang sampai 30%
• Tidak berisik dan lebih tenang
• Tidak memiliki tegangan puncak dari komprosornya
• Tidak memiliki fluktuasi suhu, sehingga tingkat kenyamanan lebih maksimal
• Memakai freon R410a yang lebih aman buat ozone, sehingga bisa mengurangi dampak pemanasan global.

Kekurangan

Selain memiliki kelebihan tentunya jenis ini juga memiliki kekurangan, walaupun tidak akan menutupi dari kelebihannya. Mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda buat yang ingin membeli jenis ac inverter.

• Biaya perawatan mahal
• Harganya pun lebih mahal
• Jika terjadi kerusakan, harga sparepart dan freonnya cukup mahal
• Tidak memiliki proses standby, sehingga kompesor harus bekerja terus dan akan melambat kalau sudah mencapai suhu maksimal.

Dengan mengetahui kelebihan kekurangan diatas, tentunya Anda akan semakin yakin untuk memakainya di rumah, supaya lebih nyaman.

Cara Menggunakan AC yang Benar

ac inverter
aturlah pemakaian suhu ruangan dengan bijak – Inverter Pada Ac – narmadi.com/properti

Masih banyak orang yang belum mengetahui cara menggunakan ac inverter dengan benar. Akhirnya AC menjadi cepat rusak dan tidak bisa mengeluarkan suhu dingin yang benar.

Tentunya penggunaan ac inverter dan non inverter berbeda. Karena keduanya memiliki komponen yang agak berbeda. Untuk lebih jelasnya kita bahas dibawah ini.

Baca juga: Tips terbaik menggunakan AC agar hemat

Jangan sampai under capacity

Under capacity maksudnya tidak memakai ukuran PK yang lebih kecil dibandingkan dengan kebutuhan ruangannya. Semakin luas ruangannya, semakin tinggi pula jenis PK yang digunakan.

Oleh karena itu, jangan sampai memakai pk di ruangan besar dengan pk kecil. Karena akan membuat kerjanya semakin berat.

Misalnya untuk ruangan ukuran 4×5 meter, bisa memakai ac inverter dengan ukuran 1.5 PK. Sedangkan yang berukuran 4 x5 meter atau diatasnya, bisa memakai ac inverter ukuran 2 PK.

Jadi Anda harus memilihnya dengan tepat. Kalau ukurannya lebih kecil, bisa memakai yang 1 PK saja.

Jika Anda memilih PK yang tepat, maka bisa membuat penggunaan listrik lebih hemat. Karena kalau tidak sesuai, akan membuat kinerja ac semakin meningkat dan penggunaan listrik pun makin berat.

Pada saat membelinya, bisa bertanya dengan petugas, ukuran berapa yang cocok untuk ruangan Anda.

Jarak AC dan Remote harus tepat

Banyak orang yang menyepelekan hal ini, padahal ini merupakan perkara yang penting. Banyak pengguna yang tidak memikirkan jarak antara ac dengan remotenya. Sehingga ketika akan mengoperasikanya, tidak bisa dijangkau.

Untuk ac inverter, konsumsi listrik akan berkurang jika suhu ruangan sudah mendekati suhu yang ada di remote, kemudian turun ke watt paling minimal. Anda harus tahu suhu yang tepat untuk ruangan. Supaya suhu di remote bisa bekerja dengan tepat dengan ACnya.

Bersihkan Ac secara Rutin

membersihkan ac inverter
AC harus dibersihkan secara rutin supaya awet – narmadi.com/properti

Anda juga harus paham cara merawat AC yang benar. Karena di dalamnya pasti banyak debu yang menempel.

Kalau sudah menumpuk dan tidak pernah dibersihkan, akan membuat kinerjanya berkurang, karena inverter harus bekerja dengan lebih maksimal dan keras. Hal inilah yang nanti bisa membuat komponen cepat rusak.

Itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan tentang inverter pada ac. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. (ck), Editted 01/02/2023 by UN

Menulis seputar property sejak tanggal 7 Agustus 2016. Dilengkapi dengan ide sebagai referensi pada interior dan ekterior dalam hunian kekinian.

Leave a Comment