5 Inspirasi Desain Kamar Mandi Apartemen Modern

Kamar mandi apartemen modern pada umumnya sudah dimiliki oleh sebagian besar orang. Mungkin dari Anda bertanya-tanya, yang dimaksud dengan modern itu yang seperti apa?

Yang dimaksud dengan modern disini adalah mengikuti alur perkembangan zaman atau terkini dan cenderung kedalam kata “baru”. Kemudian apa bedanya modern dengan mewah? Secara gampangnya mewah berarti serba berlebih dan serba banyak.

Sesuatu dikatakan modern tidak harus memiliki unsur kemewahan di dalamnya. Jelas disini bahwa modern dan mewah adalah dua hal yang berbeda.

Apartemen yang Anda miliki pasti ingin Anda desain sedemikian rupa mengikuti perkembangan atau trend yang sedang banyak orang gunakan.

Kamar mandi sebagai salah satu bagian ruangan apartemen juga harus mengikuti desain sesuai dengan perkembangan saat ini. Memang ada disini yang menggunakan alat-alat tradisional pada kamar mandi?

Sebagai contoh, kamar mandi tradisional yang dipakai oleh orang-orang pada zaman dahulu tidak menggunakan keran air untuk mengambil air, mereka mengambil langsung dari sumur galian.

Kalau dipikir-pikir pada masa sekarang menggunakan benda tersebut akan membuang waktu, dan tidak efisien.

Apalagi jika Anda seorang yang sibuk, pasti tidak punya waktu untuk itu. Maka dari itu, pada masa sekarang sudah dimudahkan dalam segala hal untuk kemudahan aktivitas sehari-hari.

Misalkan mandi menggunakan shower yang hanya tinggal memencet tombol kemudian air keluar dari selang, toilet kini sudah berkembang menjadi toilet duduk, dan Anda sudah dapat menemukan bak mandi multifungsi yang biasa disebut bathtub.

Perkembangan zaman ini jangan Anda sia-siakan, karena segala sesuatu pada masa sekarang memudahkan penggunanya.

Tetapi, jika Anda seseorang yang suka dengan hal berbau tradisional Anda juga dapat menambahkan unsur tersebut ke dalam desain kamar mandi modern Anda.

Contoh Gambar Desain Kamar Mandi Apartemen Modern

Bagi Anda yang masih bingung dan sedang mencari desain kamar mandi modern untuk apartemen Anda, berikut disajikan 5 inspirasi desain kamar mandi apartemen modern yang mungkin dapat membantu Anda dalam meng-update kamar mandi supaya nampak lebih modern.

1. Kamar Mandi Bernuansa Putih

kamar mandi apartemen modern
kamar mandi apartemen modern via insinyurbangunan.com

Warna putih menjadi warna pilihan bagi Anda yang menginginkan sesuatu terlihat nampak bagus dan indah.

Penggunaan warna netral ini terlihat masuk jika dipadukan dengan berbagai macam warna lain. Juga akan terlihat serasi jika menggunakan tambahan furnitur yang agak mencolok.

Jika Anda bingung dan tidak punya referensi, gunakan saja nuansa putih pada kamar mandi Anda. Itu tidak akan pernah gagal.

Untuk itu, Anda dapat menggunakan tembok berwarna putih, bisa juga menggunakan keramik atau batu bata yang dicat berwarna putih.

Dalam pemilihan bak mandi dan toilet juga disarankan menggunakan warna putih supaya warna ini lebih mendominasi. Untuk furnitur tambahan seperti rak atau meja berlaci, pilihlah juga yang berwarna putih atau yang terbuat dari kaca.

Untuk kombinasi warnanya, Anda dapat menggunakan warna emas, hitam, atau silver pada gagang rak dan laci tersebut. Warna pintu dan tambahan wastafel yang dipilih juga disarankan untuk warna putih agar terlihat sesuai dengan tema yang dipakai.

Jika Anda merasa terlalu banyak warna putih yang digunakan pada furnitur, gantilah warna lantai dengan warna lain sesuai dengan keinginan Anda.

Tidak perlu hitam, emas, atau silver asalkan warna yang dipilih tidak terlalu mencolok. Akan lebih bagus lagi jika Anda menggunakan kermaik bermotif.

Untuk kelengkapan kamar mandi ini, bisa juga ditambahkan kursi yang diletakkan di meja berlaci dan menambahkan jendela yang agak besar sebagai ventilasi. Anda juga dapat menambahkan keranjang pakaian dari plastik atau yang terbuat dari anyaman rotan.

2. Kamar Mandi Bernuansa Tradisional

kamar mandi apartemen modern
kamar mandi apartemen modern via asset.kompas.com

Inspirasi kamar mandi apartemen modern yang kedua ini memang bernuansa tradisional. Tetapi belum tentu bernuansa tradisional tidak modern, yang menjadi highlight disini adalah nuansa tradisional. Yang menggunakan furnitur dari batu ataupun kayu.

Nuansa tradisional identik dengan alam dan tanaman. Jika Anda ingin menjadikan desain ini digunakan menjadi kamar mandi di apartemen Anda, disarankan tambahkan tanaman yang banyak di dalam kamar manid.

Misalkan tanaman rambat di pojokan kamar mandi, tanaman sejenis lumbu hias yang besar, dan tanaman mahal janda bolong pun dapat ditambahkan.

Untuk peralatan seperti bak mandi, wastafel, toilet, dan shower Anda bebas memilih akan menggunakan model dan material apa saja.

Bisa yang terbuat dari marmer, kaca, batu dan bahan lainnya. Tetapi untuk warna disarankan menggunakan warna yang gelap seperti abu-abu, hitam, dan coklat. Beberapa perabot juga disarankan menggunakan material yang terbuat dari kayu.

Jika Anda menginginkan kamar mandi yang nuansa tradisionalnya lebih kental, Anda dapat mengusung tema kamar mandi outdoor, ini akan membuat nuansa alamnya lebih terasa.

Anda dapat mengganti tanaman tersebut dengan tanaman bambu hias yang banyak agar terlihat merebak kemana-mana.

Anda juga dapat menambahkan batu hias berwarna putih sebagai pelengkap. Gunakan juga tembok yang terbuat dari batu berwarna coklat. Dengan material batu ini, tembok akan lebih bertekstur yang memunculkan kesan abstrak.

Karena konsep yang outdoor ini, Anda juga bisa menggunakan rumput tekstil dilantainya untuk memadupadankan dengan tanaman yang ditambahkan.

3. Kamar Mandi Material Keramik

5 Inspirasi Desain Kamar Mandi Apartemen Modern 1
kamar mandi apartemen modern via lh3.googleusercontent.com

Pemilihan material keramik untuk kamar mandi biasanya hanya digunakan pada lantai atau pada tembok tetapi hanya setengah bagian saja (bagian tengah ke bawah).

Selain berfungsi sebagai bahan dekorasi kamar mandi, keramik disini dapat mencegah lantai menjadi licin dan kerusakan tembok karena sering terkena air.

Nah, maka dari itu sebaiknya Anda memperhatikan dengan baik keramik yang Anda pakai untuk kamar mandi Anda. Disarankan menggunakan jenis keramik batu alam, koral, tegel, bergaris, dan jenis morrocan.

Semua jenis keramik ini bertekstrur dan kasar yang cocok untuk digunakan pada material lantai untuk mencegah Anda terpeleset. Sedangkan untuk tembok, Anda bebas menggunakan keramik jenis apa, boleh yang bertekstur boleh yang licin atau halus.

Untuk menambah kesan kamar mandi apartemen Anda makin terlihat modern, tembok keramik yang biasanya hanya setengah bagian saja, Anda dapat menggunakan material ini full sampai atas tembok hingga mencapai langit-langit.

Anda bisa menggunakan keramik berwarna biru dengan gradasi warna semakin terang ke atas untuk memunculkan nuansa laut. Anda juga bisa menambahkan meja wastafel berbahan keramik hingga sekat kamar mandi yang terbuat dari keramik.

Untuk bathtub, toilet, dan shower jangan menggunakan material keramik karena kualitasnya yang kurang bagus. Anda juga dapat menambahkan kaca anti kabut yang biasanya harus ada di kamar mandi sekaligus sebagai pemanis kamar mandi.

4. Kamar Mandi Modern Minimalis

5 Inspirasi Desain Kamar Mandi Apartemen Modern 2
kamar mandi aaprtemen modern via cdn-dekadeko.jetsimg.com

Hunian apartemen Anda kecil? Bingung kamar mandi akan didesain seperti apa? Inspirasi untuk desain kamar mandi modern yang selanjutnya adalah kamar mandi apartemen modern yang minimalis dan cocok untuk hunian apartemen Anda yang sempit dan kecil.

Ukuran kamar mandi yang kecil bisa nampak bagus karena desainnya yang modern. Bahkan untuk ukuran 2×2, kamar mandi yang kecil bisa disulap menjadi lebih bagus lagi. Caranya adalah dengan cara, gunakan material keramik untuk lantai kamar mandinya.

Usahakan yang motifnya polos, karena untuk lebih memodernisasi kamar mandi Anda perlu menggunakan keramik motif untuk temboknya. Kemudian, untuk toiletnya Anda bebas menggunakan toilet duduk atau toilet jongkok.

Sesuaikan dengan manfaat dan kenyamanan yang Anda butuhkan. Untuk bak mandi, pilihlah bak mandi dengan motif dan bentuk yang unik. Misalkan bak mandi dengan bentuk seperti gelas besar yang terbuat dari marmer atau dari bahan lain yang bertekstur.

Nah, selanjutnya untuk keran air Anda bebas akan menggunakan shower atau keran kepala shower tetapi dengan selang yang panjang, itu akan membuat Anda fleksibel ketika mandi.

Jangan lupa sediakan tempat untuk menaruh rak sudut untuk kamar mandi yang digunakan untuk menaruh sabun, shampo, dan perlengkapan lainnya.

Satu lagi yang Anda harus ingat bahwa kamar mandi akan lebih modern jika selalu menjaga kebersihannya.

Maka itu, jangan lupa sediakan alat dan cairan untuk pembersih kamar mandi. karena ukurannya yang kecil, jangan lupa untuk membersihkannya setiap kali Anda menggunakan.

Hal ini tidak akan merepotkan Anda. Untuk desain tambahan yang perlu Anda lakukan supaya kamar mandi Anda terlihat modern adalah, usahakan langit-langit kamar mandi Anda diberikan ternit atau plafon untuk menghindari berbagai macam kotoran langsung jatuh di lantai kamar mandi.

Anda bebas akan menggunakan material apa untuk ternit ini, disarankan untuk sedikit menambah kemewahan Anda bisa menggunakan gypsum.

Karena ukuran kamar mandi apartemen yang tidak terlalu luas, Anda harus maklum bahwa desain ini tidak ada sekat antara kamar mandi dan toiet atau ruangan lainnya.

Ketika Anda mandi semua ruangan akan basah terkena air. Anda juga tidak dapat menambahkan wastafel di dalam kamar mandi sebagai pelengkap. Sebagai gantinya, Anda dapat meletakkannya di dapur.

5. Kamar Mandi Apartemen Modern Bernuansa Mewah

5 Inspirasi Desain Kamar Mandi Apartemen Modern 3
kamar mandi apartemen modern via insinyurbangunan.com

Meskipun kamar mandi apartemen modern tidak harus mewah, tetapi jika Anda bisa menghadirkan kemewahan di kamar mandi apartemen Anda itu tidak akan ada salahnya. Hal ini malah akan menjadi nilai tambah yang ada pada apartemen Anda.

Mewah seringkali mengandung unsur yang gemerlap, megah, dan sesuatu yang di atas standar. Dengan itu, dalam kamar mandi yang akan Anda desain secara mewah harus ada unsur-unsur tersebut.

Misalkan Anda harus menyediakan ruangan yang luas untuk kamar mandi Anda, karena hal ini menjadi salah satu unsur yang penting. Anda harus menambahkan shower, bathtub, dan toilet dengan material yang mewah dan ukurannya yang cukup besar.

Disarankan juga memilih warna yang menggambarkan kemewahan, contohnya emas, putih, silver, atau warna lainnya dengan tambahan sedikit bling-bling. Tambahkan juga wastafel dengan meja yang luas dan kaca anti kabut yang besar.

Meja ini juga diusahakan memiliki saku rak untuk menyimpan barang. Tambahkan juga tanaman mahal di dalam kamar mandi Anda. untuk material lantai, gunakanlah keramik dengan jenis dan kualitas yang bagus seperti keramik tegel atau granit.

Untuk finishing, tambahkan lampu yang LED di beberapa bagian untuk penyinaran. Sebagai tambahan juga, Anda dapat menambahkan jendela besar yang dilengkapi dengan gorden mewah yang berenda atau dengan aksesoris lainnya.

Jangan lupa untuk menambahkan rak yang agak besar dengan ukiran-ukiran yang menghiasinya. Kelima inspirasi desain kamar mandi apartemen modern di atas adalah yang terbaru di tahun ini.

Dengan itu Anda tidak perlu takut dibilang ketinggalan zaman lagi. Anda dapat memilih satu dari kelima desain di atas untuk Anda terapkan di kamar mandi Anda sesuai dengan selera dan keinginan. (fy) Editted 07/01/2022 by diminimalis

fisayasinta

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 5 Mei 2019. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.