4 Kesalahan Menggoreng Makanan yang Sebaiknya Dihindari

Ada beberapa kesalahan menggoreng makanan yang kadang tidak kita sadari, namun kita menganggap hal itu baik-baik saja. Meski terlihat sepele, namun akibatnya bisa fatal untuk kesehatan jangka panjang keluarga kita.

Bila Anda ingin selalu menyajikan menu masakan terbaik untuk keluarga, ada baiknya  Anda menyimak ulasan kami kali ini tentang beberapa kesalahan menggoreng makanan yang sebaiknya Anda hindari.

Diluar urusan rutinitas dan kewajiban menyajikan masakan bagi keluarga, kadang kala, aktivitas memasak dapat kita jadikan pelampiasan mengurai stress akibat banyaknya beban pikiran yang kadang kita hadapi.

Meski sederha, namun hal ini bisakita jadikan untuk mengupayakan kembali mood booster, kita yang perlu dipulihkan.

Namun tentu saja, niatan baik ini haruslah diimbangi dengan metode yang tepat, agar proses dan hasilnya benar-benar memberikan output positif bagi Anda dan keluarga.

Baca juga: Tips memasak sehat

Kesalahan Menggoreng Makanan yang Kadang Tidak Kita Sadari

kesalahan menggoreng makanan, kesalahan menggoreng masakan, kesalahaan saat memasak
Kesalahan saat menggoreng masakan, dapat berakibat buruk pada kesehatan keluarga kita – kesalahan menggoreng makanan – narmadi.com/properti

Pada pembahasan kali ini, Diminimalis akan lebih fokus mengulas tentang kesalahan saat menggoreng masakan, yang mungkin sebagian dari kita tidak menyadarinya.

Sajian terbaik bagi keluarga bukan hanya asal lezat saja, namun kita perlu pastikan bahwa makanan tersebut, kita masak dengan cara yang benar, terutama pada menu-menu yang melalui proses penggorengan.

Di bawah ini ada beberapa daftar kesalahan umum yang banyak orang lakukan saat menggoreng makanan. Bila salah satu atau beberapa diantaranya masih menjadi kebiasaan Anda, sebaiknya langsung hindari, diantara beberapa kesalahan tersebut yaitu:

1. Menggoreng makanan ketika minyak belum berada pada keadaan yang panas

Bagi mereka yang memasak makanan dengan tidak sabar dan ingin masakan cepat matang, biasanya tidak memperhatikan keadaan minyak dengan baik. Jenis masakan yang harus digoreng sehingga memperoleh hasil yang kering tidak akan terjadi jika digoreng pada minyak yang belum panas.

Masakan bukannya terlihat kering justru terlihat basah dan menyerap banyak minyak. Agar masakan tersebut dapat terlihat kering, masakah dapat digoreng kembali dengan menggunakan minyak yang panas.

2. Sering mengaduk makanan

Kesalahan lain dalam menggoreng makanan adalah seringnya mengaduk makanan yang digoreng. Seringnya mengaduk makanan ketika digoreng dapat mengakibatkan makanan sulit untuk matang.

Ada beberapa jenis masakan bahkan dapat rusak jika kegiatan mengaduk makanan dilakukan secara berulang kali. Agar masakan tidak mudah rusak, proses mengaduk makanan jangan dilakukan sesering mungkin.

 3. Menggoreng makanan terlalu lama

kesalahan menggoreng makanan, kesalahan menggoreng masakan, kesalahaan saat memasak
makanan gosong akibat menggoreng terlalu lama, dapat mengurangi kandungan gizi yang terkandung pada masakan tersebut – kesalahan menggoreng makanan – narmadi.com/properti

Menggoreng makanan terlalu lama tidak hanya dapat membuat masakan gosong. Kandungan nutrisi yang dikandung di dalam makanan akan rusak dan hilang ketika menggorengnya terlalu lama.

Untuk menghindari hal tersebut, penggunaan timer merupakan solusi yang tepat. Kegiatan menggoreng makanan dapat berjalan sesuai dengan waktunya akibat keberadaan timer tersebut.

4. Penggunaan takaran bumbu masakan yang tidak tepat

kesalahan menggoreng makanan yang terakhir. Penggunaan takaran bumbu masakan yang tidak sesuai dapat membuat masakan terasa kurang sedap. Tidak hanya menggoreng, bumbu makanan yang tidak sesuai juga akan berdampak pada makanan yang direbus dan dikukus.

Untuk menghindari hal tersebut, pemasak hendaknya mengetahui dengan baik akan takaran bumbu yang harus digunakan ketika memasak menu makanan tertentu.

Itu tadi beberapa contoh kesalahan yang kerap dilakukan sebagian orang saat menggoreng masakan. Meski terlihat sepele, namun sebenarnya hal tersebut dapat berefek pada kesehatan keluarga kita pada jangka panjang.

Untuk itu, memperhatikan hal detail saat memesak, termasuk melakukan proses penggorangan dengan baik dan benar, merupakan hal wajib yang perlu kita lakukan demi menjaga kesehatan keluarga.

Demikian beberapa kesalahan menggoreng makanan yang umum terjadi. Semoga bermanfaat.  (ls), Editted 15/01/2022 by diminimalis

lutfi.diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Agustus 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.