Skip to content

Kolam Renang Indoor, Kelebihan dan Kekurangannya

Kolam renang indoor banyak dipilih karena lebih dapat memberi privasi bagi penghuni rumah untuk berenang. Kolam renang indoor dan outdoor sebenarnya memiliki fungsi utama yang sama, yaitu sebagai tempat media untuk berenang.

Dalam menentukan pilihan mana yang sebaiknya kita pilih, tentunya kita perlu mengevaluasi kelebihan dan kekurang masing-masing. Kali ini kami akan mengulas tentang kelebihan dan kekurangan kolam renang indoor untuk Anda.

Kolam renang indoor dan pertimbangannya untuk Anda pilih

kolam renang indoor, kolam renang tertutup, kolam renang outdoor
kolam renang indoor cocok bagi Anda yang butuh privasi lebih saat berenang – narmadi.com/properti

Seperti yang telah kami sebut di atas, kolam renang indoor banyak dimiimati karena lebih dapat memberikan privasi bagi pemiliknya.

Keuntungan lain selain faktor privasi, kolam renang indoor tidak terlalu terpengaruh oleh perubahan suhu di luar ruangan.

Meski demikian, kolam di dalam ruangan memerlukan ventilasi yang cukup untuk menyeimbangkan kelembapan yang disebabkan oleh besarnya jumlah penguapan.

Tanpa adanya sistem ventilasi yang benar, tingginya tingkat kelembapan dalam ruang akan menyebabkan banyak masalah, termasuk kondensasi yang menyebabkan benda di sekitar mudah berkarat atau lapuknya strukturnya.

kolam renang indoor, kolam renang tertutup, kolam renang outdoor
Bila tidak dirawat dengan baik, kolam renang indoor bisa menyebabkan kayu di dekitar menjadi rusak karena lembab – narmadi.com/properti

Tiga hal yang paling merusak pada jenis kolam indoor adalah jamur, karat dan pembusukan kayu (lapuk). Inilah penyebab yang ditimbulkan dari penguapan, dikarenakan sistem ventilasi yang digunakan tidak dapat mengimbangi intensitas penguapan air di dalam ruangan.

Kerusakan struktur permukaan yang terdapat di dalam ruangan akan terjadi ketika tingkat kelembaban mencapai 62% atau lebih pada jangka waktu yang lama.

Jamur yang dibawa oleh penguapan air atau udara dalam ruangan dapat menyentuh seluruh permukaan dinding ruangan, kemudian aktif atau berkembang pada kelembapan diatas 80%.

Untuk membantu mencegah atau mengurangi hal-hal tersebut, sangat dianjurkan untuk melakukan pengecekkan secara berkala pada seluruh permukaan dalam ruangan.

Ada beberapa indikasi atau tanda-tanda pada ruangan yang mungkin bisa dijadikan dasar untuk dilakukannya penanggulangan, diantaranya :

  • Bintik-bintik jamur pada karpet atau lantai yang kering
  • Basahnya permukaan dinding
  • Jendela yang berembun
  • Longgarnya ubin pada lantai

Hal-hal tersebut dapat dikurangi atau dicegah dengan menggunakan bahan pelapis atau pendukung komponen yang berkualitas tinggi untuk mengurangi tingkat kelembaban udara.

Demikian ulasan kami tentang kelebihan dan kekurangan kolam renang indoor pada rumah hunian Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang kelebihan dan kekurangan kolam renang outdoor pada tautan tersebut.

Dengan banyaknya informasi keuntungan dankerugian di masing-masing lokasi penempatan kolam renang, harapannya Anda bisa memutuskan lokasi mana yang paling ideal untuk di bangun kolam renang.

Bila Anda membutuhkan kontraktor kolam renang terbaik, kami merekomendasikan Anda untuk membaca ulasannya pada tautan tersebut, semoga bermanfaat. (ls), Editted 23/07/2022 by UN.

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.
nv-author-image

lutfi diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Agustus 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *