Skip to content

Membuat Kolam Renang yang Aman untuk Bayi

Memiliki kolam renang yang aman untuk bayi sangat penting untuk diusahakan karena keamanan adalah hal utama. Apalagi kita tahu bahwa banyak kasus anak-anak balita tenggelam di kolam renang khususnya yang ada di rumah karena pengawasannnya yang abai.

Untuk itulah penting sekali untuk memuat atau merancang kolam renang yang aman untuk bayi Anda di rumah.

Tidak hanya bayi dalam artian bayi saja, namun juga anak-anak yang notabene tidak bisa berenang maka menjauhkannya dari kolam renang atau membuat kolam renang yang benar-benar aman untuknya.

Pentingnya Merancang Kolam Renang yang Aman untuk Bayi

Jika kolam renang di rumah Anda aman dan nyaman pastilah banyak ditunggu semua orang tak terkecuali anak-anak Anda sebagai sarana bermain dan bersenang-senang.

Kesenangan anak dengan wahana air ini memang bukanlah satu hal yang aneh lagi. Kolam renang menjadi salah satu tempat favorit di akhir pekan bagi anak-anak untuk bermain dan mengungkapkan keceriaan mereka setelah hampir satu minggu bergelut dengan pelajaran.

Memang, tidak semua orang memiliki kolam renang sendiri di rumahnya. Hal ini tentu saja bukan halangan berarti untuk Anda yang tetap menginginkan agar anak bisa pandai berenang.

Tempat berenang umum bisa Anda jadikan alternatif solusi tempat bermain anak pada akhir pekan. Namun pertanyaannya apakah kolam renang umum itu bisa dijamin aman untuk buah hati Anda?

Kriteria Kolam Renang yang Aman untuk Bayi dan Anak

Kolam renang yang aman untuk bayi dan anak
Kolam renang aman bagi anak – narmadi.com/properti

Manfaat berenang bagi bayi 3 bulan hingga anak-anak yang belum genap lima tahun memang sangat banyak namun manfaat tersebut tentulah hanya bisa diperoleh jika kondisi kolam yang digunakan aman dan sehat.

Berenang di kolam renang umum memang tidaklah seaman dan senyaman jika berenang di kolam renang pribadi.

Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir jika kolam renang tersebut memiliki kriteria-kriteria yang kami sebutkan berikut, berarti kolam renang tersebut aman Anda gunakan bersama anak Anda.

Apa sajakah kriterianya? Berikut ulasannya.

Zat klorin/kaporit yang biasa digunakan untuk menjernihkan air pada kolam renang umum harus Anda perhatikan. Efek samping kaporit yang biasa terjadi ialah pada kulit yang mana bisa menimbulkan ruam atau gatal-gatal.

Pastikan kadar kaporitnya tidak boleh melebihi ambang batas yaitu sekitar 2,0 sampai 4,0 ppm (parts per million). Tanyakan saja kepada petugas atau penjaga soal Anda membawa anak Anda untuk ikut berenang.

Suhu air kolam juga tidak boleh terlalu dingin agar anak tidak kedinginan dan sakit setelah berenang. Idealnya suhu air dan suhu luar memiliki selisih 2 derajat.

Jadi jika suhu luar 34 derajar maka suhu air tidak boleh kurang dari 32 derajat. Pastikan juga kondisi kamar mandi dan tempat bilas.

Kebersihan di dua tempat ini sangat mendukung agar aman digunakan untuk anak Anda. Apalah gunanya kolam renang yang bersih namun Anda tercemari lagi saat berbilas.

pembuatan kolam renang
bergembira di kolam renang – narmadi.com/properti

Sebelum Anda memutuskan untuk berenang di kolam renang umum carilah waktu yang tidak terlalu ramai agar anak-anak bisa bermain dengan bebas dan nyaman.

Kondisi yang sepi juga bisa meminimalisir kemungkinan anak Anda terkena kuman yang dibawa orang lain saat berenang.

Dari sekian kriteria kolam renang yang aman untuk bayi di atas, tentu saja Anda tidak akan bisa memastikan semua itemnya ada. Meski begitu, hal yang penting untuk Anda jadikan pathokan dalam menilai kolam renang yang aman untuk bayi adalah soal kebersihan airnya.

Selain itu, jangan lupakan keamanan lainnya seperti ketersediaan guard/penyelamat jika berenang di kolam renang umum. Selalu patuhi rambu-rambu yang berlaku selama berenang di kolam renang umum.

Hindari sibuk dengan gadget saat anak Anda sedang berenang, supaya hal-hal berbahaya bisa diminimalisir.

Jika berenag di kolam renang umum, maka upaya pengamanannya bisa dengan cara merancang kolam renang yang safety tinggi. Misalnya dengan menambahkan pagar di sekeliling area kolam renang agar anak-anak tidak mudah masuk ke area kolam.

Mungkin demikanlah saja ulasan singkat kali ini mengenai kriteria kolam renang yang aman untuk bayi. Semoga bisa Anda jadikan referensi saat memilih kolam renang yang akan dijadikan area berenang untuk si buah hati.

Jika Anda kesulitan dalam membangun kolam renang tersebut, Anda bisa menggunakan jasa kontraktor kolam renang yang berpengalaman. Semoga bermanfaat, salam diminimalis (am). editted by RN05122021, 25/07/2022 by UN.

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.