Skip to content

Macam Macam Obat Kolam Renang

Ketika bicara macam macam obat kolam renang, sebenarnya cukup banyak jenisnya yang mesti Anda kenali. Kenapa penting mengenali obat kolam renang? Tidak lain karena memiliki kolam renang berarti harus siap dengan konsekuensi wajib memeliharanya.

Dari sekian banyak macam macam obat kolam renang, sebenarnya ada tiga jenis yang paling dikenal. Yaitu Klorin, Trussi dan Tawas.

Ketiga obat kolam renang ini bisa dengan mudah dibeli di toko perlengkapan kolam renang di kota Anda.

Dari sekian banyak jenis obat kolam renang, kali ini kami hanya akan mengulas beberapa diantaranya yang umum digunakan untuk water treatment.

Dengan mengenal jenis dan macam macam obat kolam renang tersebut, Anda bisa melakukan perawatan kolam renang sendiri.

Dengan melakukan perawatan kolam renang secara mandiri, maka Anda akan bisa menjaga kestabilan air supaya tetap aman digunakan untuk berenang serta minim budget perbaikan.

Di artikel kali ini kita akan bahas macam macam obat kolam renang yang bisa Anda siapkan di rumah.

Macam Macam Obat Kolam Renang Untuk Water Treatment

Beberapa macam macam obat kolam renang yang umum digunakan untuk perawatan kolam renang diantaranya.

1. HCL

HCL adalah bahan kimia dari struktur molekul atom yang terdiri dari atom Hidrogen (H) dan klorin atom (Cl). Karena reaksi kimia antara H dan Cl electronegatif maka HCl bisa larut ke dalam air.

Hcl digunakan untuk menurunkan pH dalam air atau kaporit yang berlebihan agar air kolam tetap bersih. Kadar pH dipengaruhi cuaca atau obat kimia lain yang kurang seimbang, karena dapat menstabilkan pH, HCL berperan penting dalam pengobatan air kolam.

Bahaya HCL pada air kolam renang, bahan kimia yang digunakan dalam pengobatan kolam renang pada umumnya sangat berbahaya bila tidak sesuai dengan dosis yang dibutuhan air kolam.

Karena hal ini dapat merusak lapisan HCL dinding kolam, terutama nat pada porselen tepi kolam renang.

Pada dosis tertentu, HCL dapat menyebabkan lantai kolam renang menjadi kuning seperti bintik-bintik. Dalam waktu yang lama, HCL bisa membuat pipa atau logam yang berada di dalam air menjadi rapuh dan rusak.

Ada tiga jenis HCL yang biasa dipakai sebagai pembersih kolam renang, diantaranya:

 Klorin

Obat pembersih kolam renang yang sering digunakan adalah Chlorine. Jenis ini ada banyak macamnya di pasaran. Masing-masing bentuk memiliki kadarnya sendiri-sendiri.

Seperti misalnya klorin bubuk 60% atau yang sering disebut dengan kaporit yang merupakan obat kolam renang untuk membantu meningkatkan konsentrasi klorin dalam air.

Sesuai  namanya, bentuk obat ini berupa bubuk dengan kandungan klorin sebanyak 60%. Tujuan pemberian obat pembersih kolam yang satu ini adalah untuk menjaga kondisi air agar tetap jernih dan menghilangkan bakteri yang ada.

Klorine Granular

Selanjutnya, ada chlorine granular 90% yang berguna untuk meningkatkan kandungan klorin yang ada pada air kolam renang.

Dengan tingkat klorin yang lebih tinggi, maka bisa meningkatkan kadnungan klorin dalam air dengan cepat, sementara itu bentuk kloein jenis ini ialah berupa granular atau butiran kecil.

Klorin TCCA tablet 90%

Jenis obat pembersih air kolam renang yang satu ini berbentuk seperti tablet dengan tingkat klorin sama seperti pada chlorine granular 90%.

Bedannya yaitu pada fungsi serta kegunaannya saja. Chlorine TCCA tablet 90% digunakan untuk menjaga kandungan klorin dan Ph dalam air supaya berada dalam kondisi yang ideal dan stabil.

Selain itu, obat ini juga berfungsi untuk menjaga air kolam renang agar tetap biru dan jernih.

Baca juga : Manfaat soda ash untuk kolam renang

2. TERUSI

 macam-macam obat kolam renang, harga obat kolam renang, obat kolam renang dan fungsinya, obat pembersih kolam renang
terusi – (macam-macam obat kolam renang)

Terusi atau dengan nama lain adalah senyawa trivia CuSO4, memiliki bentuk kristal kebiruan. Terusi berfungsi sebagai algesite untuk mencegah pertumbuhan lumut, juga digunakan untuk membirukan air kolam renang.

Terusi bisa mengendalikan organisme pembunuh mikro di kolam air, sehingga air bisa tetap jernih.

3. Tawas

Tawas merupakan bahan lain untuk menjernihkan air, yang berfungsi untuk membentuk flokulasi dalam air sehingga pengendapan partikel-partikel lebih cepat.

 macam macam obat kolam renang, harga obat kolam renang, obat kolam renang dan fungsinya, obat pembersih kolam renang
tawas -(macam-macam obat kolam renang)

Mungkin demikian saja ulasan singkat dari kami tentang macam macam obat kolam renang. Anda bisa baca juga bahasan kami tentang efek samping kaporit untuk kolam renang untuk menambah referensi Anda terkait seputan kolam renang dan cara merawat kolam renang yang tepat, semoga bermanfaat. (ls) editted by RN04122021, 11/01/2022 by diminimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published.