Skip to content

Membersihkan Rumah Setelah Banjir Bisa Anda Lakukan dengan Cara Ini

Membersihkan rumah setelah banjir dapat dilakukan dengan beberapa tahapan. Tahapan tersebut meliputi pembersihan lumpur dari dalam rumah, membersihkan bangunan fisik rumah, dan membersihkan furniture.

Tahapan tersebut sebaiknya Anda lakukan dengan urutan yang benar, supaya hasilnya maksimal.

Membersihkan Rumah Setelah Banjir dengan Cara Baik dan Benar

 membersihkan rumah setelah banjir, membersihkan rumah pasca banjir Manfaat Mozaik, tips membersihkan rumah setelah banjir
ilustrasi rumah yang mengalami banjir – narmadi.com/properti

Membersihkan rumah pasca banjir meruapakan hal wajib bagi siapa saja yang mengalami musibah tersebut. Meski pekerjaan tersebut sangat berat, namun hal ini harus dilakukan demi menghindari dampak buruk bagi kesehatan keluarga Anda.

Di bawah ini Diminimalis akan mengulas untuk Anda tentang beberapa langkah membersihkan rumah pasca banjir dengan baik dan benar, diantranya yaitu:

1. Matikan Listrik

Matikan listrik sebelum Anda mulai melakukan proses pembersihan rumah. Hal ini demi menghindari anggota keluarga Anda dari sengatan listrik karena terkena percikan air.

2. Gunakan Sepatu Boot

Gunakan sepatu boot saat Anda akan memulai membersihkan lumpur tebal di lantai rumah. Hal ini untuk menghindari jika di dalam lumpur tersebut terdapat pecahan kaca atau benda tajam yang dapat melukai kaki Anda.

3. Keringkan Genangan

Keringkan air yang menggenang di lantai dan bersihkan kuman serta kotoran yang menempel dengan menggunakan cairan desinfektan. Jika ingin lebih steril, Anda bisa membersihkan rumah dengan air panas untuk membunuh bakteri pembawa penyakit.

membersihkan rumah pasca banjir, membersihkan rumah setelah banjir, tips membersihkan rumah pasca banjir
lumpur yang masih mengotori rumah akibat banjir – Membersihkan rumah setelah banjir – narmadi.com/properti

4. Gelontor

Jika lumpur sudah mulai mengering, siram menggunakan air agar lumpur kembali basah dan terdorong keluar rumah. Siapkan selang air yang cukup panjang agar bisa menjangkau seluruh bagian rumah.

Jika lumpur sudah basah, dorong lumpur keluar dari rumah menggunakan penggaruk lantai agar lumpur yang menempel di lantai bisa dikeluarkan.

5. Cek Nut Keramik

Setelah sebagian besar lumpur hilang dari lantai rumah, berikan perhatian khusus pada sambungan antar keramik karena biasanya masih banyak lumpur yang menempel di bagian tersebut.

6. Cek Perabot dan Furniture

Furniture penting seperti pakaian, kasur, busa kursi, karpet dan bahan lainnya yang terendam banjir harus di cuci dengan bersih sebelum digunakan kembali.

7. Buang Makanan yang Kena Banjir

Buang seluruh bahan makanan yang terkontaminasi air banjir demi menghindarkan resiko penyakit bagi seluruh anggota keluarga Anda.

Dengan memahami cara membersihkan rumah setelah banjir, setidaknya Anda dapat menjaga seluruh keluarga dari penyakit akibat banjir.

Meski kita sudah semaksimal mungkin untuk menerapkan pola hidup disipin dalam menjaga ligkungan, namun hal tersebut tidak otomatis bisa menghentikan banjir dengan seketika. Karena banjir merupakan akumulasi dari beberapa faktor, baik perilaku individu maupun cuaca yang ekstrim.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang cara membersihkan rumah setelah banjir,  semoga bermanfaat. (ls), Editted 13/01/2022 by diminimalis

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.

lutfi diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Agustus 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *