Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern 2022

Saat ini, mencari referensi model dak teras rumah minimalis modern sudah bukan hal yang sulit lagi. Sebab, banyak pemilik rumah minimalis modern yang sudah mengadopsinya.

Banyaknya pemilik rumah yang menjatuhkan pilihan dengan membuat dak rumah khususnya untuk bagian depannya adalah karena fungsinya yang lebih dari sekedar tambahan hiasan.

Namun berfungsi juga sebagai atap bagian depan teras rumah. Selain itu, jika dikaitkan dengan estetika tampilan, banyak pemilik rumah minimalis modern yang justru mengandalkan desain dak sebagai daya tarik hunian.

Tidak sedikit juga yang memanfaatkannya sebagai pelindung rumah dari potensi bahaya yang menimpa atap rumah.

Plus juga dijumpai beberapa orang bahkan menjadikan model dak teras rumah minimalis modern sebagai ikon hunian cantik mereka sehingga ada yang berupaya menghiasnya dengan cara-cara yang unik.

Di artikel diminimalis kali ini, kita akan coba bahas mengenai apa saja yang bisa diupayakan untuk membuat dak rumah jadi lebih dari sekedar elemen tambahan biasa saja.

Kita akan memulai pembahasan dengan mengetahui jenis-jenis dak rumah berdasarkan material yang dipakainya.

Jenis-jenis Dak Rumah Berdasarkan Materialnya

Berdasarkan material yang biasa dipakai untuk menyusun dak, ada beberapa jenis dak yang biasa disebut dalam dunia konstruksi.

1. Dak Beton Konvensional

Dak beton jenis konvensional merupakan beton bertulang yang paling sering dipakai untuk membangun rumah bertingkat. Tidak jarang jenis ini jadi salah satu model dak teras rumah minimalis modern yang banyak dipilih karena faktor desain dan lainnya.

Material yang dipakai untuk adukan beton jenis ini adalah campuran beberapa jenis semen, pasir, dan kerikil.

Sebelum dimulai proses pengecoran, pemasangan bekisting harus dilakukan terlebih dahulu yang nantinya sebagai cetakan adukan beton.

Setelah proses bekisting selesai, selanjutnya dilakukan proses pembesian yakni merangkai besi sebagai rangka plat lantai baru kemudian dilakuakn penuangan adukan beton.

Proses pengeringan dan pengerasan dak beton konvesional ini biasanya memakan waktu sekitar 20-25 hari.

Adapun kelebihan dan kekurangan dak beton konvensional tentu saja juga ada, yaitu antara lain:

Kelebihannya: cocok untuk dipakai pada berbagai desain rumah, proses pembuatan sederhana, dan material yang dibutuhkan untuk membuat adukan mudah diperoleh.

Kekurangannya: Waktu pengerjaan hingga pengerasan relatif lama, material yang dibutuhkan lebih banyak, dan menyisakan limbah kayu dan bambu bekas bekisting sebagai sampah.

2. Dak Bondek

Jenis model dak teras rumah minimalis modern selanjutnya adalah dak bondek yang merupakan pengembangan dari model dak beton konvensional.

Dak Bondek atau Floor deck dibuat dengan bekisting tanpa papan kayu atau tripleks. Material bondek terbuat dari besi dengan ketebalan 6-10 mm dan lebarnya 80-100 cm.

Berbeda dengan bekisting kayu pada dak konvensional, bondek ini bisa dipakai berulang kali sehingga tidak jadi limbah.

Adapun kelebihan dari dak beton bondek ini sendiri ialah pada kebutuhan material yang dapat dihemat semaksimal mungkin. Sebab, modelnya yang membentuk huruf W juga bisa membantu mengurangi penggunaan adukan beton hingga 30 persen.

Selain itu, kelebihan lain dari bondek ini ialah tidak memerlukan banyak-banyak tiang penyangga karena bahannya sudah kokoh.

Kekurangannya sendiri, ada pada harganya yang lumayan mahal sehingga jika budget terbatas, perlu berpikir berulang kali mengunakan dak bondek ini.

3. Dak Keramik

Dak keramik jadi salah satu jenis lain model dak teras rumah minimalis modern yang juga sering dipakai dalam dunia konstruksi rumah khususnya hunian bertingkat.

Ukuran modul dak keramik ini yaitu 25x20x10 cm. Dalam pemasangannya, modul-modul ini diperkuat memakai besi di bagian tengahnya.

Adapun kelebihan dari dak keramik beton (keraton) ini di antaranya ialah proses pembuatannya yang tidak memerlukan bekisting. Selain itu, dak jenis ini juga mampu menghemat penggunaan material hingga lebih dari 30 persen, memiliki kemampuam yang baik dalam meredam panas dan suara.

Selain kelebihan di atas, dari segi estetika juga ada, yaitu dak keramik memiliki tampilan yang indah untuk diekspos, bobotnya cukup ringan sehingga ramah terhadap struktur konstruksi.

Sementara kekurangan dari jenis dak keramik ini sendiri ialah pantang untuk dilubangi setelah berhasil dipasang karena akan mudah pecah.

4. Dak Panel Lantai

Dak panel lantai sendiri adalah jenis dan model dak teras rumah minimalis modern terbaru. Bahan baku utama yang digunakan adalah bata ringan/hebel.

Dak ini berukuran panjang hingga 6 meter, dengan lebar 60 cm, dan tebal sekitar 12,5 – 20 cm.

Kelebihan dari dak panel lantai ialah tidak memerlukan adanya bekisting saat dilakukan pengedakan. Dengan kata lain, jumlah besi dan semen yang dibtuhkan juga dapat diminimalisasi sehingga lebih hemat.

Sementara itu, model dak teras rumah minimalis modern ini juga punya kekurangan yaitu pabrikasi-nya yang membutuhkan waktu lama sekitar satu bulan.

Selain kekurangan dalam hal stock, bentuk modulnya kurang cocok untuk desain rumah yang memilikii banyak lekukan.

5. Dak Metal

Dak Metal atau pelat baja berfungsi sebagai lantai pada sebuah dak. Bentuk permukaannya bergelombang.

Kelebihan dari Dak Metal ini adalah instalasinya yang mudah dan cepat karena tidak perlu dibongkar seperti halnya bekisting konvesional. Bobot daknya yang ringan membuat konstruksi dasar jadi lebih awet ditambah lagi harga material yang lebih ekonomis.

Kekurangannya, kemungkinan terjadi defleksi atau mengalami lendutan lebih tinggi dibandingkan model konvensional.

Berbagai Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern

Sebagai penutup bahasan, kita akan bedah apa saja model yang sedang tren dipakai sebagai dak teras rumah minimalis modern.

Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern Memanjang

dak teras memanjang

Salah satu model dak teras rumah minimalis modern yang banyak diminati adalah gaya memanjang. Dengan bentuknya yang memanjang ini, Anda bisa menambahkan berbagai elemen kreativitas seperti tanaman gantung, atau tanaman rambat.

Desain Dak Rumah Minimalis Modern Mewah

dak teras memanjang

Dak rumah minimalis modern mewah seringkali menjadi impian banyak orang. Mewah disini tidak hanya soal tampilannya yang banyak sedikitnya memperlihatkan kemegahan bagian depan rumah, namun juga karena desainnya yang elegan dan kekinian.

Model Dak Rumah Minimalis Sederhana

model dak teras rumah minimalis modern

Ada model dak lain yang cocok untuk Anda usung di hunian minimalis Anda. Tidak lain dan tidak bukan yaitu hunian dengan dak model sederhana.

Meski terlihat sederhana, ternyata dengan model dak teras rumah minimalis modern seperti ini juga bisa dikatakan salah satu yang banyak diminati.

Baca juga: Memilih Keramik untuk Teras Rumah, Apakah Pilihan Terbaik?

Dak Teras Memanjang Tanpa Tiang Penyangga

model dak teras rumah minimalis modern

Model rancangan dak yang satu ini akan membuat tampilan fasad hunian terkesan menarik sebab tidak adanya tiang penyangga.

Meski tanpa tiang, tidak perlu khawatir, karena bila perhitungan dak berhasil maka hasilnya akan tetap bagus.

Desain Dak Teras dengan Lubang Ventilasi

model dak teras rumah minimalis modern

Salah satu sebab terasa nyaman dihuni adalah karena adanya ventilasi udara yang cukup. Nah, hal ini bisa diwujudkan sekaligus dengan mengusung model dak rumah yang ada lubang ventilasinya.

Soal referensi, Anda bisa mencari banyak sumber di internet. Atau jika punya tukang yang berpengalaman bisa langsung pesan sekaligus jasa pembuatannya.

Jadi, salah satu cara menghadirkan kemewahan pada sebuah hunian minimalis modern adalah dengan menambahkan dak yang tidak biasa dari sisi desain dan model.

Beberapa model desain dak teras rumah minimalis modern di atas tersebut bisa Anda jadikan referensi untuk mendapatkan hunian yang menawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *