Skip to content

Model Gudang Samping Rumah dan Tips Mendesainnya

Model Gudang samping rumah, akhir-akhir ini menjadi banyak inspirasi warganet terutama bagi generasi muda. Seperti Anda yang tertarik untuk membuat rumah dengan model minimalis.

Konsep rumah seperti ini akan sangat menguntungkan Anda sebagai pemilik rumah. Yaitu mempunyai tata ruang yang sederhana dan lebih efisien. Hal ini dikarenakan sudah pasti bahwa setiap barang yang disusun hanya membutuhkan tempat penyimpanan sederhana. 

Namun, bagaimana jika barang-barang Anda menumpuk? Ketika hal tersebut terjadi, tentu salah satunya yaitu membuat gudang di samping rumah. 

Cara ini diklaim dapat menjadi opsi alternatif untuk mengumpulkan serta menyimpan barang-barang yang bisa masih dapat dipakai.

Sesuai dengan namanya, Anda tidak perlu membutuhkan biaya yang banyak untuk memiliki model gudang seperti ini. Agar memiliki bayangan pada saat membuat model gudang seperti ini, mari simak penjelasan berikut.

Manfaat Membuat Model Gudang Samping Rumah

Seperti sudah Anda ketahui, bahwa semakin banyak tumpukan barang di dalam rumah tentu akan membuat ruangan lambat laun menjadi sangat sesak. Sebab itu, ada baiknya jika Anda melengkapi rumah impian Anda dengan membuat sebuah gudang.

Di Indonesia, masih banyak orang yang menganggap bahwa gudang ini merupakan ruangan yang tidak penting dan sering dilupakan keberadaannya.

Padahal, fungsi dari gudang itu sendiri adalah sebagai ruang penyimpanan yang tentunya memberikan banyak manfaat bagi pemilik rumah.

Selain itu, menyimpan barang di gudang rumah minimalis juga dapat membuat area hunian tetap terlihat sangat rapi dan tidak menumpuk dengan berbagai barang-barang tidak berguna. 

Meskipun gudang dianggap sebagai tempat yang berantakan dan kotor. Tapi jika Anda bisa mengurus dan menatanya dengan tepat, justru akan memudahkan Anda untuk mengurus barang-barang tidak terpakai.

Tips Menentukan Model Gudang Samping Rumah Minimalis Terbaik

model gudang samping rumah

Sebelum Anda membuat model gudang samping rumah yang minimalis, alangkah baiknya jika Anda memperhatikan beberapa hal penting. 

Salah satunya adalah tata letak gudang yang pas agar tidak mengganggu setiap aktivitas yang Anda lakukan atau tidak menghabiskan banyak ruangan di rumah Anda.

Berikut adalah tips-tips yang dapat Anda gunakan untuk membuat model gudang seperti ini:

1.Tentukan Lokasi Untuk Membuat Model Gudang Samping Rumah

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu menentukan area yang nantinya akan diubah menjadi lokasi gudang samping rumah. Apabila Anda ingin membuat gudang tempat penyimpanan yang minimalis atau tidak.

2. Membuat Rancang Gudang Samping Rumah Minimalis

Ruang gudang samping rumah Anda bagaikan kertas putih yang masih kosong. Oleh karena itu, Anda harus mengubahnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Setelah Anda menentukan area mana yang akan dijadikan sebagai gudang, maka langkah selanjutnya Anda harus membuat rancangan tata letak gudang yang minimalis. 

Anda dapat membuat rancangan tersebut di atas kerta atau software untuk membuat skema denah gudang minimalis.

3. Susun Barang Sesuai dengan Kategorinya

Langkah selanjutnya adalah Anda harus menyusun barang sesuai dengan jenis dan kategorinya masing-masing. Perlu diingat, jangan pernah Anda mencampurkan dua barang berbeda di dalam satu tempat. 

Contohnya, baju dan buku Anda letakkan dalam satu tempat penyimpanan yang sama. 

Hal tersebut harus Anda hindari karena dapat membuat barang-barang terlihat tidak teratur dan akhirnya sulit untuk ditemukan jika dibutuhkan lagi. Selain itu, Anda bisa memisahkan barang-barang lama dengan yang baru.

Baca juga: 5 Cara Menata Barang di Gudang dengan Efektif dan Efisien

4. Gunakan Lemari dan Boks Sebagai Penyimpanan

Tips terakhir yang dapat Anda gunakan pada saat merancang model gudang samping rumah minimalis adalah dengan memanfaatkan lemari dan boks sebagai penyimpanan. 

Penggunaan dua barang ini bertujuan agar barang-barang tidak terpakai terlihat lebih rapi dan tertata. Selanjutnya, jangan lupa untuk menghindari penumpukan barang di satu sudut tempat sehingga membuat ruangan menjadi kotor dan tidak enak dipandang 

Ide Membuat Gudang Samping Rumah Paling Minimalis

model gudang samping rumah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gudang rumah minimalis tidak harus berbentuk rumah kosong di dalam rumah. Karena, Anda bisa membuat gudang samping rumah di sudut-sudut tertentu. Berikut adalah contoh-contohnya.

1. Model Gudang di Plafon Rumah

Apakah rumah Anda mempunyai lahan yang terbatas? Maka model gudang pertama ini bisa Anda jadikan sebagai solusi.

Anda bisa meletakan gudang minimalis di dekat plafon dapur, tepatnya di samping halaman belakang rumah.

Dengan penyusunan yang sangat baik, tentu gudang akan terlihat tetap rapi serta memberikan kesan yang lebih lapang. 

Mengapa demikian? Karena dengan model seperti ini maka akan membuat gudang terhindar dari serangan tikus, kecoa, dan lainnya.

Baca juga: Dapur Sejuk Bikin Mood Masak Melejit

2. Model Gudang Samping Rumah dari Material Kayu

Masyarakat di negara Amerika Serikat, biasanya mempunyai ruang gudang yang diletakkan di samping rumah atau tidak menyatu dengan bangunan rumah utama. 

Model seperti ini tentu sangat berfungsi untuk menyimpan barang atau perabotan dengan ukuran besar. Begitupun dengan model gudang impian Anda dengan meniru model seperti ini. 

Dengan catatan Anda memang mempunyai lahan rumah yang cukup luas. Anda bisa menggunakan material kayu untuk membangun gudang seperti ini, karena kayu mudah didapat serta daya tahannya kuat.

3. Model Gudang Samping Rumah di Basement

Jika Anda mempunyai basement, maka bisa menerapkan desain yang satu ini. Sudah ada banyak orang yang menerapkan model gudang samping rumah seperti ini. 

Dengan memanfaatkan basement, Anda bisa menyimpan perkakas serta barang lainnya seperti mainan anak, sepatu, hingga bahan-bahan makanan.

4. Gudang dengan Compact Furniture

model gudang samping rumah

Akhir-akhir ini, banyak orang yang menaruh barang yang tidak terpakai di bawah tempat tidur ataupun di balik tembok. Akan tetapi, perlu digaris bawahi mereka tidak meletakkan barang-barang secara asal, melainkan dengan rapi.

Model compact furniture ini, bisa Anda terapkan untuk gudang samping rumah Anda karena akan membuat rumah menjadi jauh lebih nampak elegan.

5. Model Gudang Samping Rumah Berkonsep Modern

Model Gudang yang terakhir adalah gudang dengan konsep yang modern. Cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat model gudang seperti ini adalah mengecat tembok dengan warna-warna yang natural.

Terdapat pilihan warna-warna natural yang dapat Anda aplikasikan, antara lain adalah abu-abu, coklat, biru, hitam-putih, dan lain sebagainya. 

Tujuan pengaplikasian warna-warna ini agar gudang Anda nampak menjadi lebih elegan dan mewah. Selain menggunakan tips dan model-model untuk gudang samping rumah di atas, Anda harus memperhatikan penempatan jendela gudang. 

Gunakan pemakaian jendela di ruangan penyimpanan sebab jendela berfungsi sebagai tempat sirkulasi udara. Semakin baik sirkulasi udara yang dibuat, maka akan semakin aman gudang Anda dari hama seperti tikus, kecoa, dan lain sebagainya 

Tak hanya itu saja, temperatur atau kelembaban serta panas di gudang Anda juga akan tetap teratur. 

Itulah informasi singkat mengenai tips membuat model gudang samping rumah yang minimalis. Anda bisa menerapkan untuk menghasilkan rumah elegan sesuai dengan keinginan.

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.