Skip to content

Kumpulan Contoh Model Pintu Gerbang yang Estetis untuk Rumah Minimalis

Ada banyak model pintu gerbang untuk rumah modern maupun klasik yang bisa dipilih di pasaran. Di artikel kumpulan model pintu gerbang yang akan dibahas kali ini, harapannya Anda akan mendapatkan insight yang bagus.

Kita tahu bahwa fungsi pintu gerbang untuk sebuah rumah memang termasuk menengah dan opsional. Apalagi kalau lokasi rumahnya termasuk di wilayah yang terbilang aman.

Baik dari gangguan kamtibmas maupun binatang buas atau jauh dari hutan.

Jadi, kalau disimpulkan perlu atau tidaknya membuat pintu gerbang rumah, alasannya tergantung masing-masing orang.

Ada yang menganggap membuat pintu gerbang adalah pemborosan, karena fungsionalitasnya kurang urgent.

Tapi ada juga yang beranggapan sebaliknya, pintu gerbang rumah adalah investasi untuk jaminan keamanan. Buat siapa? Tentunya buat keluarga tercinta yang tinggal di rumah.

Sayangnya kita tidak akan bahas jauh soal perdebatan fungsi pintu gerbang itu sendiri.

Anggaplah kami setuju dengan poin kelompok kedua yang menjadikan pintu gerbang sebagai investasi jaminan keamanan. Sehingga, kami disini akan bantu mengarahkan pemilihan referensi model pintu gerbang yang cantik dan tentunya lolos uji kualitas keamanannya.

Nah, sebelum ke bahasan, kami beri disclaimer dulu jika yang kami bahas kali ini adalah model pintu gerbang luar/eksterior rumah ya.

Sebab ada juga pintu gerbang dalam rumah, bahasannya nanti terpisah sendiri.

Baik, mari kita lanjutkan.

Variasi Model Pintu Gerbang Minimalis Berdasarkan Tipe Bukaan dan Materialnya

Ada dua model pintu gerbang yang akan dibahas kali ini dan kami coba spesifikkan menjadi dua model. Yaitu berdasarkan tipe bukaan dan satu lagi berdasarkan pada jenis materialnya.

Berdasarkan Tipe Bukaan

Setidaknya ada tiga model pintu gerbang jika dikelompokkan berdasarkan tipe bukaannya, yaitu:

1. Model Pintu Gerbang Lipat

Model pertama yang bisa Anda pilih dan aplikasikan untuk rumah idaman Anda adalah pintu gerbang model lipat minimalis.

Keunggulan pintu gerbang lipat sendiri cukup banyak salah satunya tidak membutuhkan ruang yang besar ketika dioperasikan.

Pintu gerbang model ini memiliki engsel khusus yang memungkinkan daun pintunya dilipat menjadi 2 bagian yang lebih kecil..

Jika Anda suka dengan model pintu gerbang seperti ini, ada saran pemilihan yang bisa kami berikan.

Yaitu, pilihlah pintu gerbang lipat yang berwarna hitam karena termasuk warna yang bisa dan bagus dikombinasikan dengan warna cat tembok seperti putih atau lainnya.

2. Model Pintu Gerbang Geser

Pintu gerbang tipe geser merupakan salah satu model yang sebenarnya umum digunakan di banyak rumah. Lebih praktis dari model lipat, pintu gerbang model geser lebih menghemat ruang saat dibuka dan tutup.

Gerbang Pintu model geser sangat cocok untuk dipakai di rumah-rumah komplek karena biasanya tidak sampai memakan badan jalan.

3. Model Pintu Gerbang Pendek

Seiring perkembangan dunia arseitektur, para arsitek terus berpikir bagaimana menciptakan desain elemen rumah yang simpel tapi fungsionalitasnya tidak hilang.

Salah satu perubahan itu ada pada gaya memperkaya tampilan rumah dengan merancang gerbang model pendek minimalis elegan. Jika Anda tertarik maka sebenarnya Anda tidak sendirian, karena sudah banyak yang memakai model begini.

Untuk membuatnya terlihat lebih menarik, Anda bisa merancang gerbangnya jadi veritakl renggang sehingga membuat eksterior rumah jadi lebih terekspos dari luar.

Model Pintu Gerbang Berdasarkan Material

Model pintu gerbang minimalis kedua dikasifikasikan berdasarkan material pembuatnya.

1. Pintu Gerbang Roster Beton

model pintu gerbang

Model pertama pintu gerbang rumah yang bisa dipilih adalah kombinasi dengan roster beton.

Pintu gerbang yang dikombinasikan dengan pagar roster beton akan membuatnya terlihat makin indah dan auranya makin segar.

Beton Roster sendiri memiliki banyak pilihan model dan variasi. Salah satunya diaplikasikan menjadi pagar indah yang dikombinasikan dengan pintu gerbang minimalis di rumah.

Supaya terlihat lebih serasi, pilihlah gerbang minimalis yang berukuran kecil dan roster dengan pola yang simpel.

Untuk memberikan kesan minimalis yang kuat, pilih warna putih yang cerah pada gerbang dan pagar roster.

2. Pintu Gerbang Pagar Besi

Model pintu gerbang selanjutnya adalah pintu dengan pagar dari besi minimalis. Salah satu kelebihan ketika menggunakan material besi untuk pagar dan gerbang adalah kualitas tahan lamanya tinggi dan tampilannya juga elegan.

Jika tertarok, guna memunculkan kesan minimalis modern, aplikasikanlah warna-warna matte yang gelap pada pagar dan gerbang besi.

3. Pintu Gerbang Kayu

Material Kayu merupakan salah satu bahan yang cocok untuk diaplikasikan pada berbagai benda, salah satunya adalah daun pintu gerbang rumah.

Pintu gerbang yang terbuat dari kayu sangat cocok untuk dikombinasikan dengan pagar rumah yang terbuat dari beton. Efeknya, gerbang kayu akan menambah kesan natural pada tampilan rumah dan memberikan nuansa yang teduh.

4. Pintu Gerbang Stainless Steel

Model pintu gerbang selanjutnya adalah gerbang yang tersusun dari material stainless steel. Kelebihan material ini untuk gerbang adalah bahan tersebut memiliki ketahanan terhadap korosi yang sangat tinggi, tampilan yang estetis, dan memiliki ketahanan yang kuat terhadap benturan.

Pintu gerbang stainless steel sendiri cocok untuk dikombinasikan dengan warna-warna gelap, karena warna gelap bisa membuatnya terlihat lebih elegan dan mewah.

5. Pintu Gerbang Kombinasi Pagar Beton

Salah satu ide untuk mewujudkan tampilan rumah yang lebih simpel adalah dengan mengkombinasikan desain pagar beton dengan gerbang minimalis model geser.

Supaya tampak lebih elegan, cat pagar beton dan gerbang minimalis dengan warna gelap seperti abu-abu atau hitam.

Untuk memberikan privasi lebih tinggi pada rumah, pilihlah gerbang dengan model garis vertikal dengan jarak yang rapat supaya lebih estetis.

6. Pintu Gerbang Kombinasi Kayu dan Besi

model pintu gerbang

Pintu gerbang yang terbuat dari material kombinasi kayu dan besi mampu memberikan tampilan yang apik dan harmonis. Paduan kayu dan besi akan mengesankan sebuah simbol minimalis pada hunian modern masa kini.

Untuk memberikan kontras yang indah pada gerbang yang gelap, aplikasikan cat berwarna cerah pada bagian pagar betonnya sehingga bisa didapatkan tampilan yang serasi.

Baca juga: Model Pintu Gerbang Dalam Rumah Minimalis

7. Pintu Gerbang dari Wire Mesh

Tahukah Anda apa itu Wire Mesh?

Seperti apa bentuk tampilan pagar pintu gerbang dari material wire mesh?

Wire mesh sendiri adalah kawat yang dianyam sedemikian rupa sehingga membentuk gulungan/lembaran.

Model pagar gerbang seperti ini sangat cocok dipadukan dengan rumah bertema industrial yang banyak dipakai di rumah modern.

Berapa Idealnya Ukuran Pintu Gerbang Rumah?

Memilih pintu pagar gerbang rumah minimalis yang cocok dengan desain hunian bisa menjadi salah satu cara terbaik menjadikan rumah tampil estetis.

Sebab, pagar merupakan salah satu elemen utama rumah yang pertama kali akan dilihat saat seseorang berkunjung ke rumah Anda.

Nah, lalu berapa sih ukuran tinggi dan panjang pagar rumah yang ideal itu?

Pada dasarnya untuk panjang pagar relatif ya, tergantung kebutuhan. Namun karena biasanya mobil perlu masuk maka 1,5 kali ukuran lebar mobil bisa jadi opsi menarik.

Untuk tingginya kami sarankan sekitar 1,8-2,5 meter untuk keamanan. Meskipun tentu saja semuanya tergantung Anda sebagai pemilik rumah.

Jadi, mau mengadopsi model pintu gerbang yang kayak apa nih?

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.
nv-author-image

rofiq diminimalis

Being Content Writer Since 2017. Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Februari 2018. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *