Penerangan Rumah Minimalis yang Indah dan Banyak Diminati

Memiliki rumah minimalis yang ukurannya terbatas untuk improvisasi sepertinya bisa jadi masalah tersendiri. Misalnya untk area yang gelap, penerangan rumah minimalis sangat perlu dibuat instalasinya dengan sebaik mungkin.

Pentingnya penerangan ini tidak lain adalah demi kenyamanan saat berada di rumah. Bayangkan misalnya Adna ingin keluar rumah sementara bagian teras gelap dan Anda tidak sengaja menginjak hewan buas seperti ular, kalajengking, dan sebagainya.

Apa tidak jadi masalah besar?

Jadi terkadang, membuat rumah jadi aman dan nyaman salah satunya cukup dengan mengandalkan sistem penerangan yang bagus saja. Selebihnya, asal ditempatkan di tempat-tempat yang strategis bisa jadi akan membantu rumah jadi nampak indah juga dari sisi tampilan.

Keuntungan Memasang Instalasi Penerangan Rumah Minimalis dengan Benar

Fungsi penerangan sebenarnya sudah cukup jelas, yaitu untuk membuat bagian tertentu dari rumah menjadi lebih mudah dilihat.

Selain itu, penerangan rumah minimalis dapat memberikan aura tersendiri jika ditata dengan baik. Penampilan ruangan yang semula biasa saja, dapat berubah menjadi dramatis atau romantis jika pencahayaannya dilakukan dengan tepat.

Selain mempengaruhi tampilan ruang, pencahayaan rumah minimalis dapat memengaruhi mood bahkan memberi inspirasi bagi si pengguna ruang.

Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan ruangan, dan memilih kesan apa yang akan Anda tonjolkan pada ruangan tersebut menggunakan teknik lighting interior rumah Anda.

Untuk menambah wawasan Anda tentang bagaimana mengatur tata pencahayaan rumah, di bawah ini kami akan berikan beberapa tips pencahayaan untuk memperindah ruangan rumah minimalis Anda.

Tata cahaya interior rumah tinggal, tata cahaya interior rumah, tata cahaya dalam interior, tata cahaya dalam desain interior, tata ruang rumah minimalis
tata penerangan rumah minimalis dan keluarga yang indah – narmadi.com/properti

Penerangan rumah minimalis yang indah

Penerangan rumah minimalis yang umumnya digunakan adalah menggunakan teknik ambient lighting. Teknik lighting ini berupa lampu yang pemasangannya ada di plafon sehingga sinarnya menyebar ke seluruh sudut ruangan.

Jika menginginkan pencahayaan rumah yang berbeda, Anda bisa menggunakan teknik lighting pada rumah minmalis menggunakan wall washer yang menyinari bagian dinding tertentu. Hasil pencahayaan dari teknik ini adalah sinarnya lembut dan tidak silau.

Jika plafon pada atap rumah Anda rendah dan ingin terlihat lebih tinggi, bisa disiasati dengan pemasangan lampu fluorescent antara persilangan balok-balok.

Penerangan Rumah Minimalis, lampu Penerangan Rumah Minimalis, tata lampu rumah minimalis
task lighting pada plafon – narmadi.com/properti

Penerangan rumah minimalis selanjutnya dapat dengan task lighting. Sifat pencahayaan ini adalah penerangan untuk hal-hal tertentu. Misalnya lampu yang berada pada meja rias dan lampu baca.

Guna teknik lighting ini agar dapat fokus terhadap hal-hal yang ingin ditonjolkan. Tips untuk menggunakan pencahayaan rumah minimalis dengan teknik task lighting adalah sebelum memasang lampu, pilihlah lampu dengan voltase yang rendah. Hal ini dapat mengurangi terlalu kuatnya intensitas cahaya yang akan dipantulkan terhadap fokus objek.

Anda juga dapat menggunakan teknik pencahayaan rumah minimalis berikutnya yaitu accent lighting. Pencahayaan dengan teknik ini justru jarang diterapkan, padahal pencahayaan ini justru menonjolkan detail objek sehingga memunculkan tekstur yang berbeda pada interiornya.

Sama halnya dengan task lighting, lampu yang digunakan pada teknik accent lighting adalah lampu dengan sinar yang lebih kuat daripada sinar di ruangan seperti spotlight, minispot, atau tungsten yang digunakan untuk menyinari objek tertentu seperti lukisan atau pun benda seni lainnya.

Baca juga: Tata cahaya interior rumah tinggal pada ruang rumah minimalis Anda

Kesimpulan:

Jadi, untuk membuat rumah jadi terlihat bagus, Anda bisa menonjolkan sisi penerangan yang diatur dengan baik. Mesti dipahami bahwa penerangan rumah minimalis yang banyak diadopsi hunian modern saat ini lebih pada keteraturan penataannya.

Selain itu, tujuan penerangan yang juga bagian dari keinginan pemilik rumah untuk menyesuaikan dengan ruangan yang ada maka bisa dipilih teknik lighting yang sesuai.

Ada ambient lighting, fluerescent, task lighting, ketiganya bisa dipakai untuk menambah kesan artistik di setiap ruangan yang dipasangi. Tidak hanya itu, rumah minimalis yang tadinya tidak ada pusat keindahan lain, kini sudah banyak hal bisa Anda wujudkan hanya dengan memperbaiki instalasi penerangan/pencahayaan.

Mungkin demikian saja ulasan kami tentang tips menata penerangan rumah minimalis yang indah dan nyaman dipakai. Semoga bermanfaat. (ls) editte by RN03112021, 17/02/2022 by diminimalis

lutfi.diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Agustus 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.