Skip to content

Perawatan Kolam Renang Rutin Mingguan & Bulanan

Melakukan perawatan kolam renang adalah agenda wajib yang perlu dilakukan agar air kolam renang tetap sehat saat dipakai berenang. Hal ini berlaku pada kolam renang pribadi ataupun kolam renang komersil.

Kabar baiknya, untuk merawat kolam renang bisa Anda lakukan sendiri asalkan tahu peralatan dan obat-obat yang biasa dipakai. Namun begitu, bila Anda termasuk orang yang sibuk, menyewa jasa perawatan kolam renang bisa menjadi alternatif solusi yang baik.

Sebab bila dipaksa Anda sendiri yang melakukannya bisa-bisa hasilnya tidak akan maksimal. Kecuali memang Anda benar-benar mampu menguasai setiap hal berkaitan dengan pola pemeliharaan kolam renang.

Jika Anda benar-benar belum tahu, artikel kali ini akan coba membantu Anda memahami setiap proses perawatan yang diberlakukan terhadap kolam renang. Jadi, silakan disimak dari awal sampai selesai pembahasannya.

Pentingnya Melakukan Perawatan Kolam Renang

 perawatan kolam renang, Perawatan kolam renang pribadi, Perawatan kolam renang umum, Perawatan kolam renang hotel, biaya Perawatan kolam renang, kontraktor kolam renang,
Membersihkan kolam renang – diminimlais.com

Sebagai penduduk yang tinggal di zona iklim tropis, merawat kolam renang secara rutin sangatlah diperlukan. Mengingat intensitas hujan yang selalu tinggi tiap musimnya, menjadikan kolam renang kita rentan akan lumut dan berkerak pada dinding kolam.

Maka solusinya adalah, melakukan perawatan rutin kolam renang dengan tepat waktu dan kebutuhan.

Pembersihan kolam renang secara rutin, merupakan kebutuhan wajib di era modern seperti saat ini. Hal ini dilakukan supaya kita sudah tidak perlu lagi membersihkan kolam renang dengan menguras seluruh airnya.

Coba Anda hitung berapa puluh atau ratus meter kubik air yang akan terbuang? Tentunya Anda akan mengeluarkan anggaran yang tidak sedikit, belum lagi untuk mengisinya kembali butuh waktu yang tidak sebentar.

Perawatan kolam renang mingguan dan bulanan

Mulai sekarang, Anda tak perlu cemas lagi bila sudah paham bagaimana merawat kolam renang dengan baik. Secara simpel penjadwalan perawatan meliputi perawatan mingguan dan bulanan, berikut cheklist yang tidak boleh Anda lewatkan.

 perawatan kolam renang, Perawatan kolam renang pribadi, Perawatan kolam renang umum, Perawatan kolam renang hotel, biaya Perawatan kolam renang, kontraktor kolam renang,
Perawatan kolam renang mingguan – narmadi.com/properti

a. Perawatan mingguan

Perawatan setiap satu minggu sekali ini dilakukan untuk mengkondisikan air supaya tetap baik, diantara caranya adalah
1. Memberikan klorin pada kolam renang secara rutin
2. Sikat bibir kolam dan lakukan vakum pada lantai dasarnya
3. Bersihkan filter kolam
4. Bersihkan kotoran dari luar yang masuk ke kolam renang

b. Perawatan bulanan

Perawatan setiap satu bulanan ini dilakukan untuk membersihkan kolam secara menyeluruh, caranya adalah

1. Melakukan pengetesan kadar air

Yang harus anda perhatikan lagi dalam perawatan kolam renang adalah mengenai penambahan asam. Anda harus menambahkan asam secara rutin seperti asam muriatic atau baking soda. Hal ini dimaksudkan agar kondisi air tetap bagus dan mencegah terjadinya kerak pada kolam renang Anda.

Tingkat pH air yang baik untuk kolam renang harus lebih sedikit basa yakni sekitar 7.2 – 7.6. Pada kondisi pH dengan kadar ini, klorin akan bekerja dengan efektif sehingga mencegah terjadinya karat pada kolam Anda. Anda bisa melihat standar kadar dari masing-masing zat untuk kolam yang ideal pada tautan berikut.

2. Melakukan Pengobatan pada air kolam renang

Pengobatan diperlukan untuk menjaga air kolam renang agar aman dan bersih digunakan. Pemberian ini dilakukan ketika kondisi air sudah sesuai dengan hasil tes pH dalam keadaan normal.

Diantara jenis obat yang diperlukan diantaranya : kaporit, soda ash, PAC, tawas, prusi dan HCL. Bila istilah ini dirasa terlalu asing bagi Anda, alangkah baiknya berkonsultasi atau gunakan jasa perawatan kolam renang terpercaya.

3. Cegah Kolam Renang dari Faktor yang Mengotorinya.    

 perawatan kolam renang, Perawatan kolam renang pribadi, Perawatan kolam renang umum, Perawatan kolam renang hotel, biaya Perawatan kolam renang, kontraktor kolam renang,
Perawatan kolam renang bulanan – diminimlais.com

Kolam renang menjadi mudah kotor disebabkan oleh beberapa faktor berikut:
Sisa detergen yang melekat pada baju perenang, keringat, minyak, rambut, liur, ingus, debu, air hujan, dan lain sebagainya.

Selain itu, berenang menggunakan baju yang tidak standar akan mempengaruhi kualitas air, alangkah baiknya kenakan pakian renang dengan bahan lycra polyster, baju renang berbahan ini mudah Anda dapati di toko perlengkapan renang.

Baca juga: Membersihkan Kolam Renang Pribadi Lebih Easy dengan Tips Berikut

Demikian check list penting untuk perawatan kolam renang dari kami, Anda juga bisa baca tips membersihkan kolam renang lainnya pada artikel kami di bawah ini. (ls) editted by RN04122021, 25/07/2022 by UN.

Leave a Reply

Your email address will not be published.