Skip to content

6 Tips Menghias Pintu Rumah Minimalis Anti-Mainstream

Jenis Pintu rumah minimalis dewasa ini semakin beragam model dan jenisnya. Pintu yang dahulu hanya berfungsi sebagai pengaman saja, kini sudah bertambah fungsi menjadi saran yang bisa menambah kesan indah dan elegan sebuah rumah.

Memang ketika kita berbicara tentang keindahan sebuah hunian tidak bisa lepas dari banyak faktor, dan pintu menjadi salah satunya. Maka dari itu penting untuk bicara lebih jauh soal desain pintu

Sepertinya menjadi suatu keharusan bagi Anda untuk membuat pintu rumah minimalis Anda nampak gagah dan elegan. Anda pastinya akan merasa lebih aman dan nyaman ketika mempunyai pintu rumah yang tidak hanya kuat namun juga indah dilihat.

Tips memilih model pintu rumah minimalis sederhana.

pintu rumah minimalis
dilarang masuk – narmadi.com/properti

Namun, karena terkendala ilmu yang terbatas, ada diantara Anda yang menyerahkan sepenuhnya masalah pintu ini kepada ahlinya.

Sebagai gambaran bagi Anda yang belum tahu cara memilih sebuah model pintu rumah minimalis, berikut diminimalis sajikan tipsnya untuk Anda:

1. Pemilihan bahan

Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih bahan kayu pintu rumah minimalis Anda. Banyak pilihan kayu yang tersedia di alam seperti jati, mahoni, merbau dan albasia.

Pemilihan kayu disesuaikan dengan kepentingan dan anggaran yang Anda siapkan. Satu masukan buat Anda, untuk kusen sebaiknya gunakan kayu jenis merbau.

Karena kayu jenis ini kuat dan tahan rayap. Kemudian untuk handle pintu rumah minimalis Anda disarankan menggunakan stainless yang kuat.

2. Gunakan anti rayap

pintu rumah minimalis
menggunakan anti rayap pada pintu rumah minimalis kayu jati – narmadi.com/properti

Penggunaan anti rayap pada kayu bertujuan agar kayu terbebas dari rayap yang sering menjadi biang keladi rusaknya pintu dan kusen yang ada di rumah Anda.

Obat anti rayap bisa Anda semprot atau siramkan ke permukanan tanah. Bisa juga dioles ke kayu sebelum diberi cat atau pernis.

Biarkan beberapa hari hingga anti rayap yang Anda oleskan meresap ke kayu dengan sempurna, baru setelah itu bisa dicat dengan warna faforit Anda.

Jika Anda tidak ingin repot-repot harus melapisi kayu dengan anti rayap, Anda bisa memilih kayu jenis kayu jati, kayu bayam dan kayu besi. Ketiga jenis kayu ini mengandung zat beracun bagi rayap, sehingga rayap lebih sulit untuk merusaknya.

3. Perhatikan tekstur kayu

Selain Anda menggunakan kayu anti rayap sebagai bahan pintu dan kusen, pemilihan kayu yang bertekstur keras juga sangat penting.

Kayu yang bertekstur keras berwarna merah kecoklatan. Ciri lain kayu yang keras adalah apabila terkena air akan mengeluarkan getah berwarna merah.

4. Hindari belang kayu

Belang pada kayu biasanya terdapat pada pinggiran kayu dan berwarna putih. Anda harus menghindari belang tersebut walaupun hanya sedikit. Belang tersebut bisa menjadi sasaran empuk rayap, sehingga kayu akan cepat rusak.

5. Tentukan desain

Penetuan desain yang brsesuaian dengan tema rumah Anda juga penting. Jangan sampai pemilihan desain pintu rumah minimalis Anda berbeda 180 derajat, sehingga akan memberi kesan aneh pada rumah Anda.

6. Finishing atau tentukan warna cat pintu

Penentuan warna cat kusen dan pintu rumah minimalis Anda bisa mengacu kepada tema rumah. Jika Anda lebih menyukai nuansa yang natural, Anda tinggal cukup olesi kayu dengan pernis atau plitur.

Plitur dan pernis kayu akan mengkilapkan dan mempertajam tekstur kayu yang Anda miliki, sehingga kesan natural pada rumah Anda akan mucul.

Dalam perkembangannya pada beberapa tahun terakhir, bisnis properti seperti sedang menunjukan perkembangannya. Salah satu buktinya ditunjukan dengan begitu banyaknya model pintu rumah minimalis yang bermunculan dipasaran.

Berikut diminimalis berikan beberapa contoh gambar pintu minimalis yang bisa Anda jadikan referensi.

Baca juga: 10 Hal Penting Bagaimana Membuat Rumah Minimalis Modern yang Anti-Mainstream

10 Contoh gambar desain pintu minimalis

1. Model satu daun pintu

Bagi Anda yang memiliki model rumah minimalis, pintu dengan model satu daun pintu sangat cocok. Selain karena faktor luasan yang terbatas, penggunaan pintu model ini sangat pas di aplikasikan pada gaya rumah minimalis.

pintu rumah minimalis
pintu minimalis – narmadi.com/properti
pintu rumah minimalis
gambar 2 daun pintu minimalis – narmadi.com/properti
pintu rumah minimalis
gambar pintu minimalis mewah – narmadi.com/properti
pintu rumah minimalis
gambar pintu rumah minimalis modern – narmadi.com/properti
pintu rumah minimalis
gambar 1 daun pintu minimalis – narmadi.com/properti

2. Model dua daun pintu

Banyaknya model pintu memudahkan Anda dalam menentukan pilihan, salah satunya model dua daun pintu ini. Pintu dengan model ini sangat cocok jika dipasang pada rumah yang bertema minimalis modern yang umumnya mempunyai luasan rumah yang lebih lebar.

pintu rumah minimalis
model 2 pintu rumah minimalis – narmadi.com/properti
pintu rumah minimalis
gambar 2 pintu minimalis coklat – narmadi.com/properti
pintu rumah minimalis
gambar pintu minimalis besar – narmadi.com/properti
pintu rumah minimalis
gambar pintu minimalis sederhana – narmadi.com/properti
pintu rumah minimalis
gambar pintu minimalis terbuka – narmadi.com/properti

demikian pembahasan berkenaan dengan tips mempercantik pintu minimalis Anda. Semoga bisa membantu Anda dalam memperindah rumah Anda. sekian (am.) -editted by RN07122019, 03/01/2022 by diminimalis

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.
Tags:
nv-author-image

arif diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 25 Mei 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *