Cara Menentukan Standar Ukuran Garasi Mobil dengan Mudah

Tahu perkiraan standar ukuran garasi mobil merupakan suatu hal yang cukup penting. Tujuannya supaya tidak salah memperkirakan perbandingan ukuran garasi dengan mobil yang masuk.

Jika Anda masih pemula, maka tidak perlu bingung untuk menentukan ukuran garasi mobil yang sesuai, berikut tips yang bisa diikuti.

Bagaimana Cara Menentukan Standar Ukuran Garasi Mobil yang Tepat?

Pada dasarnya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menghitung standar ukuran garasi mobil. Namun sayangnya masih belum begitu banyak orang yang mengetahui cara menentukan ukuran garasi mobil tersebut.

Apabila Anda termasuk salah satunya maka jangan lewatkan tips yang ada di bawah ini;

Tentukan Desain Garasi Mobil yang Ideal

standar ukuran garasi mobil

Pastinya Anda harus membuat desain yang ideal terlebih dahulu sebelum menentukan standar ukuran garasi mobil.

Yang mana unsur desain yang perlu Anda perhatikan di antaranya yaitu pemilihan model pintu yang awet, ventilasi udara yang cukup, dan juga keberadaan sarana penyimpanan barang maupun sparepart.

Biasanya minimal standar ukuran garasi mobil yang kerap didesain oleh pemilik rumah kurang lebih sebesar 3 x 6 meter. Di mana ukuran tersebut memungkinkan pemilik rumah untuk membuka pintu mobil dan berjalan di area depan maupun belakang kendaraannya saja supaya bisa diparkir di dalam garasi,

Sedangkan untuk panjang garasi mobilnya sendiri biasanya berukuran 7 meter. Dengan tujuan supaya bisa diisi dengan rak penyimpanan atau lemari yang berisi alat-alat perbaikan yang nantinya bisa diletakkan di depan mobil yang Anda parkir itu tadi.

Anda juga bisa mendesain gudang khusus untuk lokasi penyimpanan perkakas mobil mulai dari dongkrak, mesin pompa steam, oli, ban cadangan, dan lain sebagainya. Letakkan semua barang tersebut di area yang terbuka dan menyatu dengan ruang garasi.

Pertimbangkan Ukuran Garasi Sesuai Dengan Besarnya Mobil

standar ukuran garasi mobil

Setelah mendesain ruang garasinya, maka kini saatnya bagi Anda untuk mempertimbangkan ukurannya. Sebenarnya menghitung standar ukuran garasi mobil sendiri memang bukan suatu hal yang mudah untuk dipraktekkan karena harus membutuhkan pertimbangan yang matang.

Selain itu Anda harus tahu bahwa garasi mobil tersebut harus mempertimbangkan berbagai macam kriteria mulai dari segi kenyamanan, ketepatan, dan juga kelayakan. Semua hal itu pastinya bergantung pada besar mobil Anda sendiri.

Untuk jenis mobil Yaris, Honda Jazz, Avanza, Xenia, Ertiga, Terios, Rush, Livina, Innova, dan juga Kijang LGX pada dasarnya mempunyai ukuran lebar dan tinggi yang hampir mirip.

Namun untuk ukuran panjang mobilnya sendiri memang bervariasi antara yang satu dengan  yang lainnya. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan dimensi mobil terlebih dahulu sebelum membuat garasinya.

Pahami Ukuran Garasi yang Muat Untuk Satu Mobil

Pastinya Anda harus bisa menentukan ukuran garasi yang tepat untuk satu mobil supaya nantinya bisa leluasa keluar masuk tanpa ada halangan apapun. Untuk mobil yang kecil biasanya ukuran garasi yang direkomendasikan kurang lebih sekitar 2.4 x 4.8 meter dengan tinggi sekitar 2.8 meter.

Di mana jenis mobil yang termasuk dalam ukuran garasi adalah Toyota Yaris dan juga LCGC. Sedangkan untuk pemilik mobil besar, maka ukuran garasi yang dibuat setidaknya harus mencapai 3 x 6 meter atau 3 x 5.5 m dengan tinggi yang mencapai 2.8 m.

Lebih lanjut lagi, jenis mobil seperti Ertiga, Xenia, Avanza, Honda Jazz, dan juga Yaris biasanya mempunyai ukuran garasi sebesar 5.3 x 2.7 x 2.7 meter. Untuk jenis mobil seperti Rush dan Terios lebih baik buat ukuran garasi sebesar 5.5 x 2.8 x 2.8 meter.

Lain halnya jika Anda mempunyai jenis mobil seperti Kijang LGX dan juga Nissan Grand Livina maka buat ukuran garasi sebesar 5.5 x 2.7 x 2.8 meter. Terakhir, untuk jenis mobil Inova buat standar ukuran garasi mobil sebesar 5.6 x 2.8 x 2.8 meter.

Perhatikan Ukuran Garasi yang Muat Untuk Dua Mobil

standar ukuran garasi mobil

Setelah mengetahui ukuran garasi yang tepat untuk satu mobil, pastinya Anda juga harus bisa menentukan luas ruang penyimpanan 2 kendaraan. Biasanya, ukuran garasi 2 mobil yang ideal bentuknya menyerupai persegi dengan panjang dan lebar yang hampir mirip yaitu sebesar  6 x 6.5 meter dengan tinggi atap yang mencapai 3 meter.

Berikan jarak kurang lebih sekitar 80 cm di setiap mobil tersebut supaya nantinya Anda leluasa untuk berjalan di sekelilingnya. Tentunya dibuat jarak yang cukup lebar tersebut supaya pintu mobil yang satu dengan yang lainnya tidak saling mengenai atau bersenggolan.

Namun, jika ternyata lebar garasi mobil Anda tersebut  tidak memungkinkan untuk dibuat dengan ukuran 6 x 6.5 meter maka lebih baik buat model parkiran paralel.

Sehingga nantinya lebar garasi mobil Anda masih bisa dibuat jauh lebih ringkas. Namun perlu Anda perhatikan juga bahwa panjang garasi mobil tersebut besarnya 2x lipat dari dimensi kendaraan.

Pasang Pembatas Supaya Tetap Aman

Untuk mendapatkan standar ukuran garasi mobil yang pas, sebaiknya pasang juga elemen tambahan yaitu pembatas.

Tidak hanya memberikan jarak saja antara satu sama lain, tetapi Anda juga harus memasanginya dengan pembatas juga supaya tetap aman. Dengan begitu, nantinya mobil tersebut tidak akan menyenggol atau bahkan menabrak dinding garasi ketika akan diparkirkan.

Pasang pembatas tersebut dengan ketinggian yang tidak lebih dari 10 cm di lantai garasi. Hal tersebut dilakukan supaya nantinya tidak menyentuh bagian bawah bemper mobil.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat garasi mobil dengan ukuran panjang 10.5 sampai 11 meter dan lebar 3 m dengan tinggi sekitar 3 meter.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Model Desain Rumah Garasi di Tengah Paling Unik dan Megah

Pilih Lantai Garasi Mobil yang Sesuai

Jika Anda sudah mengikuti kelima tips yang ada di atas tadi maka kini saatnya untuk memilih lantai garasi mobil yang tepat.

Ini jadi salah satu standar ukuran garasi mobil yang paling akhir karena hanya berkaitan dengan lantai.

Pilih jenis lantai yang bertekstur sehingga nantinya permukaan tersebut tidak terlalu licin yang bisa menyebabkan terpeleset.

Apabila Anda masih bingung, maka jangan sungkan untuk melakukan konsultasi pada jasa penyedia lantai garasi untuk mobil tersebut. Satu hal yang harus Anda ingat yaitu jangan pernah mencuci mobil di dalam bagian ruang garasi.

Meskipun terlihat sepele, namun jangan salah bahwa aktivitas yang satu ini masih banyak dilakukan orang-orang. Padahal, jika dibiarkan terlalu lama maka ruang garasi Anda nantinya akan menjadi lembab.

Jika sudah begitu maka akibat yang ditimbulkan atau efek negatifnya bisa jauh lebih parah. Bahkan, jangan heran apabila nantinya ruang garasi Anda akan mudah berkarat atau terkena korosi hanya karena hal tersebut.

Demikian ulasan artikel mengenai berbagai macam standar ukuran garasi mobil yang tepat bagi para pemula. Dengan begitu Anda bisa langsung mempraktekkan semua tips yang ada di atas tadi karena cara menentukan standar ukuran garasi mobil ternyata tidak begitu sulit..

Baca profil Dimulti Pool, Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.

Leave a Comment