Skip to content

5 Tips Berenang Aman untuk Anak

Untuk Anda yang suka mengajak si kecil berenang, tips berenang aman untuk anak berikut ini mungkin bisa membantu. Anda tidak perlu banyak khawatir akan keamanannya selama berenang jika rambu-rambu ini Anda taati.

Nah, apa tips aman ketika mengajak anak berenang di rumah ataupun berenang di kolam renang umum? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pentingnya Menjamin Keamanan Anak Selama di Kolam Renang

Mengawasi anak saat berenang merupakan hal yang penting karena menyangkut nyawanya. Tidak dapat dipungkiri juga bahwa berenang merupakan salah satu aktivitas yang dapat menimbulkan resiko bahaya yang cukup tinggi jika tidak dilakukan dengan aman.

Berenang merupakan salah satu kegiatan yang sering kali sangat disukai oleh anak. Hal ini dikarenakan olahraga yang satu ini menggunakan wahana air yang menjadi daya tarik untuk melakukannya.

Seperti kita ketahui bersama bahwa air merupakan salah satu mainan yang sangat menarik bagi anak. Bahkan, si kecil bisa berjam-jam bermain dengan air di kolam renang.

Selain dari itu, berenang juga memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembang buah hati Anda, sehingga memperkenalkan oleh raga yang satu ini sedini mungki pada Anak sangatlah dianjurkan.

Selain mendapatkan manafaat berenang, perlu diperhatikan beberapa tips berenang aman untuk anak agar aktivitas berenang buah hati terjamin keselamatannya.

Beberapa Tips Berenang Aman untuk Anak-anak

Tips Berenang Aman untuk Anak, Tips Berenang Aman untuk bayi, cara melatih renang anak usia dini
kemanan saat berenang adalah yang utama bagi buah hati Anda – narmadi.com/properti

Ada banyak sebab kenapa renang bisa membahayakan si kecil, diantaranya adalah karena tidak ada pengawasan dan pengetahuan dari orang tuanya. Para orang tua atau yang mendampingi si kecil berenang setidaknya perlu mengetahui cara dan tips berenang aman untuk anak.

Tujuannya agar saat berenang, potensi kecelakaan air bisa diminimalisasi. Nah, apa saja tips berenang aman untuk anak berikut ini.

1. Pilihlah Kolam Renang yang Sesuai Postur

Kolam Renang Mini Anak, Kolam Renang Anak balon, kolam renang anak plastik
Kolam renang anak dengan lukisan tokoh kartun – narmadi.com/properti

Jika Buah hati Anda hendak melakukan kegiatan berenang terutama di tempat umum, maka pilihlah kolam yang di buat khusus untuk Anak. Kolam renang mini untuk anak biasanya dibuat dengan kedalaman tertentu sehingga kecil kemungkinannya untuk bisa membahayakannya

Jika Buah hati Anda masih berusia di bawah dua tahun, maka Anda dapat memilih kolam renang dengan air hangat agar ia lebih nyaman berenang.

Yang pasti, jangan sampai membiarkan anak Anda berenang sendirian tanpa pengawasan, sebab bisa saja ia berpindah ke kolam renang yang dalam tanpa Anda sadari.

2. Rekomendasikan untuk Menggunakan Pelampung

Untuk menambah keamanan kegiatan berenang buah hati Anda, berikanlah pelampung terbaik padanya sebelum berenang. Minta saja ke bagian penjaga kolam atau loket agar diberi fasilitas pelampung.

Adapun jenis pelampung yang bisa digunakan cukup beragam mulai dari ban berenang, neckring, ataupun pelampung berbentuk rompi. Biarkan anak Anda memilih mana yang sesuai dengan kesukaannya.

3. Kenalkan dengan Kolam dan Air Sejak Dini

Berenang mungkin menjadi aktvitas baru bagi anak yang belum penah melakukannya. Sehingga, pada pengalaman pertamanya sebaiknya dampingi ia agar kenal dengan sifat air dan berani berenang sendirian nantinya.

Jangan buat buah hati Anda ketakutan yang akan mengakibatkannya menjadi trauma dan tidak mau berenang lagi. Dengan mengenalkan dunia renang sejak dini maka bisa jadi ia akan terbiasa saat nanti sekolah dan dewasa.

4. Berikan Cream Pelindung Kulit

Berenang pada umunya dilakukan di luar ruangan, sehingga berilah buah hati Anda cream pelindung kulit agar kulitnya tidak terbakar dan menghitam. Ada banyak kok produk pelindung kulit atau bahasa populernya sunblock.

Produk-produk sunblock yang bagus ada yang memang dikhususkan untuk anak-anak, jadi tidak perlu mencari produk yang tepat.

5. Ajak Berhenti Renang jika Sudah terlalu lama

Terakhir, tips berenang aman untuk anak adalah soal pembatasan jam renang. Seperti sudah disinggung sebelumnya di atas bahwa air bisa jadi mainan yang paling menyenangkan bagi anak. Sehingga tidak heran jika kemudian banyak anak-anak yang tidak mau menats dari kolam renang.

Jika dirasa sudah terlalu lama di dalam air, sebaiknya ajak ia dengan sedikit paksaan untuk segera keluar kolam renang dan bilas. Ini untuk menjaga kulit dan matanya iritasi oleh obat kimia kolam renang atau efek air kolam.

Mungkin itu saja beberapa tips berenang aman untuk anak-anak Anda. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk Anda dan keluarga. Salam! (ls) editted by AL20102021, 25/07/2022 by UN.

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.