PT. DIMULTI

Konsultan Sertifikasi Produk

Sertifikasi SDPPI & SNI

Kontraktor kolam renang,Jasa Sertifikasi SDPPI, SNI

Saya Umbul Narmadi, di sini mewakili perusahaan. PT. Dimulti berdiri tahun 2008, Melayani konsultasi dan jasa kepengurusan sertifikasi produk untuk mendapatkan sertifikat SDPPI kominfo dan sertifikat SNI.

Apabila perusahaan Anda memiliki kebutuhan jasa konsultasi dan kepengurusan sertifikasi SDPPI kominfo dan SNI, silahkan menghubungi saya.

Jika saat ini belum ada keperluan tentang hal itu, silahkan simpan / bookmark alamat website ini. Dengan begitu, Anda akan mudah menghubungi saya jika dikemudian hari Anda membutuhkannya.

Ok saya lanjutkan …

History Perusahaan

Pada tanggal 10 April 2008, saya mendirikan Dimulti. Saya tidak akan menulis lengkap history perusahaan pada halaman ini. Jika saya tulis lengkap semua riwayat perusahaan di sini, maka artikel ini tidak akan pernah terpublish.

Riwayat perusahaan ini akan sangat erat dengan perjalanan hidup saya. Jika ditulis lengkap maka bisa menjadi buku dengan ratusan halaman. Itulah kenapa saya memutuskan hanya menulis garis besarnya saja.

Intinya, Dimulti bergerak di bidang product compliance specialists. Sebagian Negara / orang familiar dengan sebutan certification / type approval / homologation.

Artinya sebuah badan usaha yang khusus melayani jasa konsultasi bisnis dan kepengurusan sertifikasi produk. Sertifikasi alat dan perangkat telekomunikasi. Hingga saat ini. Khususnya produk produk yang ingin mendapatkan sertifikat dari SDPPI kominfo dan sertifikat SNI.

Unit usaha jasa kepengurusan sertifikasi produk ini merupakan pilar usaha, yang sudah membantu melahirkan bentuk usaha lainnya seperti usaha kontraktor kolam renang. Dan juga bisnis lainnya yang belum perlu untuk saya ceritakan.

Dari tahun 2008 hingga saat ini, pengguna jasa PT. Dimulti kebanyakan perusahaan asing.

Lebih dari 90% klien PT. Dimulti adalah Pabrikan, produsen alat / perangkat telekomunikasi, product compliance consultants, Laboratorium asing, dan berbagai konsultan produk lainnya.

Dengan dibantu belasan staf yang ahli dan pengalaman dibidangnya, Dimulti sudah membantu ratusan merek terkenal yang ada di dunia dan ribuan produk untuk mendapatkan sertifikat SDPPI Kominfo.

Jasa Urus Sertifikasi SDPPI Kominfo

Ketentuan tentang operasional sertifikasi alat dan atau perangkat telekomunikasi diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2018.

Pada pasal 2 ayat 1 disebutkan bahwa, Setiap alat dan/atau perangkat telekomunikasi yang dibuat, dirakit, atau dimasukkan, untuk diperdagangkan dan/atau digunakan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib memenuhi persyaratan teknis.

Kemudian pada pasal 2 ayat 2 disebutkan bahwa, Persyaratan Teknis alat dan/atau perangkat telekomunikasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan peraturan Direktur Jenderal.

Artinya setiap produk dengan teknologi berbeda akan menggunakan acuan standar pengujian yang berbeda pula.

Sebagai contoh: Misalnya produk Anda tertanam teknologi bluetooth, memiliki standard pengujian yang berbeda dengan produk yang tertanam teknologi wireless 802.11abgn.

Untuk mendapatkan sertifikat SDPPI kominfo, ada beberapa cara / metode yang bisa dijalankan diantaranya yaitu:

  1. Evalusi dokumen: Yaitu proses mendapatkan sertifikat SDPPI Kominfo tanpa melalui proses uji produk. Syaratnya, produk tersebut sudah memiliki sertifikat RF, EMC dan sertifikat safety dari laboratorium yang diakui oleh SDPPI kominfo
  2. Melalui Proses Uji petik / Pengujian Sampel: Proses ini membutuhkan proses pengujian sampel produk terlebih dahulu untuk mendapatkan sertifikat SDPPI Kominfo.

Untuk mendapatkan sertifikat SDPPI dengan menggunakan metode No.1 di atas hanya membutuhkan waktu antara 3-5 kerja. Akan tetapi kelemahannya yaitu pemohon harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 50.000.000,- sesuai dengan PP 80 tahun 2015.

Anda bisa melihat tarif sertifikasi SDPPI di official website POSTEL di sini.

Untuk mendapatkan sertifikat SDPPI dengan proses pengujian sampel, pemohon dikenakan biaya sertifikat sebesar Rp 7.000.000,- . Biaya tersebut belum termasuk biaya pengujian alat/perangkat telekomunikasi.

Anda bisa melihat tarif biaya pengujian alat/perangkat telekomunikasi di sini.

Kelebihannya jika mengajukan permohonan sertifikasi SDPPI melalui proses uji petik, yaitu total biaya yang dikeluarkan relatif lebih murah. Kemudian kelemahanya adalah proses penerbitan sertifikat relatif lebih lama. Umumnya sertifikat bisa diterbitkan dalam waktu lebih dari satu bulan.

Setiap produk dengan teknologi yang berbeda misalnya: Bluetooth, wireless, Router, Zigbee, switching, dll akan dikenakan tarif biaya pengujian yang berbeda pula.

Saya dan tim Dimulti sudah menangani ribuan tipe produk tanpa adanya kendala yang berarti untuk mendapatkan sertifikat SDPPI kominfo. Jika Anda membutuhkan konsultasi terkait jasa persiapan sampel, proses pengujian sampel dan proses sertifikasi SDPPI silahkan menghubungi saya.

Apabila saya tidak menjawab Anda dalam waktu 1 x 24 jam, saya langsung forward ke tim saya yang memiliki kapasitas di bidangnya. Tergantung apa yang ingin Anda konsultasikan.

Sebagai referensi untuk Anda, Dimulti sudah bekerja sama dengan ratusan perusahaan asing, terkait layanan jasa sertifikasi produk di Indonesia.

Bentuk kerjasama seperti ini diatur dengan NDA (non disclosure aggreement). Dengan begitu, kedua belah pihak menjunjung tinggi apa apa yang sudah disepakati dalam NDA tersebut. Menjunjung tinggi terhadap kerahasiaan informasi seperti dokumen, file diagram, merek, model tipe dan bentuk kerahasiaan lainnya.

Grafik Proyek Sertifikasi SDPPI Kominfo

Jumlah sertifikat SDPPI kominfo yang proses sertifikasinya dikerjakan oleh tim Dimulti.

Sebagai ferensi tambahan, berikut ini saya lampirkan grafik proyek sertifikasi produk. Khususnya produk yang sudah bersertifikat SDPPI. Jumlah sertifikasi produk bersertifikat dalam grafik tersebut di mulai dari tahun 2008 sampai tahun 2019.

Produk produk yang berseritikat tersebut diantaran produk yang berteknologi: WLAN (802.11a/b/g), RFID, Bluetooth, Remote Keyless Entry Systems, Radar, Low Power Device / SRD, Security router, Analog Modem, HSDPA Modem, GPRS Modem for GSM, WCDMA, GSM, Fax Machine, VoIP, Pos Terminal, Wireless Phone, Modular approval, dan lain sebagainya…

sertifikasi produk dimulti
Jumlah Sertifikasi SDPPI yang ditangani oleh Dimulti

Jasa Urus Sertifikasi SNI

Dikutip dari laman SNI dimulti, Sertifikat SNI (Standar Nasional Indonesia) adalah satu-satunya standar yang memiliki kekuatan hukum mengikat untuk berbagai produk yang akan didistribusikan di wilayah Republik Indonesia. Standar ini juga diberlakukan secara nasional.

Proses perumusan standar ini dilakukan oleh Komite Teknis Perumusan SNI, dan kemudian ditentukan oleh BSN, dan / atau oleh Kementerian Terkait seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, dan terkait lainnya pelayanan.

Sebagaimana dinyatakan di atas, sertifikasi SNI memiliki cakupan yang sangat luas. Bahkan diatur oleh banyak kementerian, artinya cakupannya tidak terbatas pada satu sektor saja.

Diterapkan di bidang pertanian, medis, otomotif, industri, TI, konstruksi, sistem manajemen, kesehatan, dan di banyak sektor lainnya. Ruang lingkup bidang akan semakin besar seiring berjalannya waktu. Ini disebabkan karena permintaan produk bersertifikat SNI pun meningkat.

Untuk menjawab permintaan pasar ini, saya dan tim (PT. Dimulti Pilar Narmadi) menawarkan layanan yang cepat dan handal untuk mendapatkan sertifikat SNI.

Kami menyambut produsen, importir, distributor, pemegang merek, dan entitas bisnis lainnya untuk bekerja sama dalam mensertifikasi produk berdasarkan standar SNI yang berlaku.

Saya dan tim akan menganalisis pertanyaan Anda, memutuskan lembaga sertifikasi SNI (CB) mana yang akan digunakan. Selain itu saya juga akan memberikan dukungan / support selama proses sertifikasi hingga sertifikat SNI dikeluarkan.

Jadi, jika Anda memiliki pertanyaan tentang sertifikasi SNI atau terkait dengan sertifikasi produk, silakan hubungi saya. Akan saya jawab secepatnya. Jika tidak memungkinkan, akan saya teruskan ke tim divisi sertifikasi SNI.

Kenapa Menggunakan Jasa Dimulti

Tim Dimulti memiliki pengalaman sejak tahun 2008 terkait kepengurusan sertifikasi produk. InsyaAlloh tidak akan ada kendala yang berarti hingga sertifikat SDPPI kominfo dan sertifikat SNI diterbitkan.

Selin itu, Anda juga bisa berkonsultasi seputar sertifikasi produk dengan orang / tim yang expert di bidangnya tanpa dipungut biaya.

Legalitas bisnis perusahaan sangat jelas. Term of payment juga jelas.

Kini giliran Anda …

Jika produk Anda ingin mendapatkan sertifikat SDPPI Kominfo dan atau sertifikat SNI, silahkan menghubungi saya melalui menu kontak yang sersedia.

 

Selain itu, tim Dimulti juga memberikan layanan profesional seperti:

  • Memberikan saran tentang strategi proses sertifikasi berdasarkan situasi dan regulasi saat ini.
  • Menyipkan draft aplikasi dengan lengkap, termasuk:
  • Memberikan draft dokumen yang diperlukan
  • Penanganan sampel: menyiapkan sampel hingga siap untuk diuji
  • Membantu proses pengujian: Melakukan pretest di kantor dengan alat ukur yang kami miliki, sebelum melakukan tes di Lab. Ini diperlukan untuk memastikan produk Anda sesui dengan regulasi yang berlaku. Menyediakan engineer untuk membantu engineer Lab SDPPI dalam melakukan pengujian, memantau tes.
  • Mewakili Anda untuk melakukan korespondensi, diskusi, dan negosiasi dengan pihak pihak terkait.
  • Memberikan informasi terbaru melalui berbagai platform seperti email, telepon dan layanan pesan lainnya untuk menginformasikan setiap perkembangan proyek dengan cepat dan handal. Selain itu, Kita juga memiliki tracking system. Sistem ini akan berguna untuk mengontrol perkembangan proses sertifikasi. Sistem ini akan mengirimkan notifikasi (update proses) kepada Anda secara otomatis dan dapat di akses dengan mudah dengan menggunakan Handphone.
  • Mengurangi birokrasi yang tidak perlu
  • Harga trasparan, tidak ada tambahan biaya yang tidak terduga.
  • Memberikan buletin terbaru tentang proses sertifikasi di Indonesia di situs web / blog perusahaan kami.

Jasa-sertifikasi-produk SDPPI dan SNI
Memiliki alat ukur untuk membantu proses sertifikasi produk, sertifikat SDPPI

Demikian artikel pendek ini saya buat, agar menjadi referensi untuk Anda.

Kini giliran Anda …

Jika produk Anda ingin mendapatkan sertifikat SDPPI Kominfo dan atau sertifikat SNI, silahkan menghubungi saya melalui menu kontak yang sersedia.

 

Terima Kasih,

Umbul Narmadi

Come meet us up close

We’re ready to work together in solving your problem and bring the finest possible solution 

kamal
Kamaludin Saputro

Engineer

anto
Rachmadh Dwi R

Project Handler

rizza a
Rizza Asyhari

Accounting

eko p
Eko Prasetyo

Project Manager

susilo
Susilo

Documents Coordinator

hari
Hari Agustomo N

Documents Coordinator

Konsultan Sertifikasi Produk - SDPPI dan SNI 1
Bambang Sugiharto

Engineering Support

Konsultan Sertifikasi Produk - SDPPI dan SNI 2
Zulyanto

Engineering Support