Ide Desain Ruang TV Keluarga Kecil yang Keren, Simpel, dan Nyaman

Pembahasan ini kami mulai dengan sebuah pertanyaan.

Yaitu, seberapa pentingkah sebuah ruang TV? Dimana urgensi ruang TV sementara biasanya sudah ada ruang keluarga?

Tidak perlu dilema sebetulnya karena ini bukan pilihan. Jika Anda ingin dua-duanya ada di rumah Anda, tinggal atur saja desain ruang TV keluarga kecil atau bergaya minimalis yang konsepnya sesuai keinginan.

Ruang TV ibarat ruangan yang memiliki beragam memori untuk dikenang bersama, tempat untuk saling bercerita, meluapkan emosi dan bonding antar anggota keluarga.

Untuk itulah minimal Anda bisa mendesain ruang TV keluarga kecil yang nyaman dan membuat betah.

Nah, sekarang tinggal bagaimana Anda mewujudkan upaya itu untuk mewujudkannya sesuai dengan keinginan.

Kali ini kita akan lebih detail membahas tentang ide dan konsep desain ruang TV keluarga kecil yang bagus seperti apa. Yaitu kaitannya dengan lay out ruang dan penataan antar furniture yang ada di dalamnya.

Ide Desain Ruang TV Keluarga Kecil yang Representatif

Meski kehadiran ruang TV tidak seurgent ruangan lain seperti ruang tamu, ruang makan, atau lainnya, tetap saja perlu ada perencanaan yang matang. Tidak lain ialah agar keberadaannya tidak sia-sia dan menambah rumah jadi makin sempit saja.

Di bawah ini kita perlu buat daftar apa saja yang sebaiknya ada dan tidak perlu ada di ketika mengkonsep desain ruang TV sempit/kecil. Yaitu soal furniture, elemen dekorasi, dan penataannya.

Pada item-item berikut, sebaiknya pertimbangkan untuk mengikuti sesuai arahan yang kami tulis di bawah ini. Sebagai bahan pertimbangan, Anda bisa cari referensi pembanding lain agar didapat kombinasi yang pas ya.

1. Mau lesehan atau pakai sofa dan meja

Desain ruang TV keluarga kecil berarti identik dengan segala sesuatu yang berkonsep minimalis. Maka, apaun yang berkaitan dengn interior ruangannya juga harus selektif dan dipilih seramping mungkin.

Saat Anda memilih konsep duduk di atas sofa, maka jenis sofa sangat penting untuk dipilih yang paling multifungsi.

Pilih sofa jenis lipat (sofa bed) yang bisa sekaligus dimanfaatkan untuk tiduran. Sudah banyak produk sofa bed yang dijual di toko-toko meubel di seluruh Indonesia.

Beli yang seusai dengan ukuran panjang dan lebar ruang TV Anda agar tidak terlalu memakan tempat.

Lalu jika mau mengusung konsep ruang TV lesehan, maka pilih karpet duduk yang bagus dan nyaman saat diduduki.

2. Beri tambahan meja tv multifungsi dengan loker

Ruang TV yang bagus pasti menampilkan sesuatu yang ringkas dan tidak banyak terlihat benda-benda kecil apapun di sekitar ruangan. Termasuk di dalamnya meja tv yang sebaiknya dicari model yang paling multifungsi.

Meja TV dengan loker untuk meletakkan barang-barang bisa dipiliih untuk membantu membuat rapi ruang TV Anda.

Desain ruang TV keluarga kecil dengan meja loker juga akan mengesankan sebuah ruangan berkumpul yang elegan. Sebab, semakin sedikit benda-benda yang terlihat maka fokusnya juga akan tertuju pada hal yang sedang dilakukan saja.

3. Minimalisir hiasan ruangan kurang perlu

Satu lagi yang sering menjadi penyebab sebuah ruangan kurang enak dipandang adalah over decoration atau terlalu berlebihan dalam menambahkan dekorasi.

Kesalahan ini sebaiknya tidak boleh terjadi pada desain ruang TV keluarga kecil yang Anda rancang ya.

Jadi, saat merencanakan dekorasi untuk ruang TV sederhana, kurangi saja hal-hal yang berkaitan dengan hiasan dinding atau meja yang memang kurang mendukung konsep ruangan.

4. Bila minim space khusus, ruang tv bisa sekaligus jadi ruang tamu

desain ruang tv keluarga kecil
Ruang tv sekaligus ruang tamu dengan dekorasi tanaman via unsplash.com

Untuk sebuah keluarga kecil, ruangan-ruangan yang dikhususkan seringkali berlebihan atau disayangkan ketika dipakai untuk satu kegiatan saja.

Nah, ruang TV Anda bisa disulap atau dikonsep sekaligus sebagai ruang tamu lho.

Bagaimana caranya mengatur konsep desain ruang TV keluarga kecil yang dimanfaatkan sekaligus sebagai ruang tamu?

Sebenarnya cukup mudah, Anda tinggal menambahkan perabotan-perabotan yang umumnya ada di kedua ruang tersebut.

Sofa bisa dijadikan satu, yang sekiranya pas untuk tamu dan dipakai sendiri saat menonton TV. Model sofa bed sepertinya yang paling pas untuk dipilih karena bisa fleksibel.

Untuk mejanya sendiri pilih yang juga bisa dimanfaatkan untuk meletakkan jamuan ringan bagi tamu yang datang ke rumah. Atau untuk meletakkan cemilan saat sedang menonton TV bersama keluarga.

Elemen dekorasi sisanya bisa Anda sesuaikan sesuai kebutuhan saja agar tidak terkesan berlebihan untuk dilihat tamu. Penambahan hiasan berupa tanaman hias dipojok ruaangan bisa juga jadi ide yang bagus untuk menambah sisi visual yang berbeda.

5. Pilih warna dinding ruangan yang paling pas

Sebagian besar ruangan kecil tentu harus mempertimbangkan apapun aspek yang bisa membuat kesan ruangan jadi makin sempit.

Termasuk desain ruang TV keluarga kecil yang mana dengan space yang terbatas itu, warna dinding bisa memegang peranan penting untuk membantu meningkatkan kesan luas.

Usung warna-warna netral untuk ruang tv keluarga kecil Anda agar kesan luas bisa didapat dengan mudah. Hindari mengkombinasikannya dengan warna yang gelap karena berpotensi memberikan efek sempit pada seuluruh bagian ruangan.

6. Pengaturan lay out perabot/furniture harus efektif

Setelah memilih perabot terbaik yang akan diletakkan di dalamnya, soal peletakannya juga mesti diperhitungkan.

Atur lay out perabot dengan sebaik mungkin meskipun elemen furniture nya beberapa buah saja. Posisikan sofa dan atur jaraknya dengan meja termasuk arah hadap TV.

Dengan mengatur lay out secara matang maka momen bersantai menonton TV bersama akan lebih nyaman dan menyenangkan.

7. Atur pencahayaan alami dan lampu dengan tepat

Satu hal lagi yang juga urgent serta tidak boleh diabaikan ketika bicara desain ruang TV keluarga kecil. Yaitu soal pencahayaan, yang mana ini sangat penting untuk diatur agar tidak menyebabkan mata sakit atau pandangan tidak nyaman.

Ada salah satu tips dan cara menata ruang TV yang sedikit banyak diabaikan. Yaitu dalam menempatkan meja tv sebaiknya tidak berlawanan atau searah dengan arah sinar matahari.

Ini bertujuan agar mata Anda tidak terlalu silau.

Termasuk untuk lampu ruangan yang mestinya tidak boleh tanggung-tanggung, gunakan lampu dengan lumens yang tinggi. Hal ini agar aktivitas Anda tidak terganggu pandangannya.

8. Ruang TV bisa kok jadi ruang baca   

Selain sebagai ruang untuk santai, Anda juga bisa menjadikan ruang tv sebagai area membaca. Anda bisa menambahkan rak buku dengan model yang keren.

Pasang saja rak buku tersebut pada dinding agar tidak membuat space semakin sempit.

9. Tambahkan karpet sebagai elemen tambahan terbaik

desain ruang tv keluarga kecil
Ruang TV dengan karpet via unsplash.com

Selain menerapkan ide desain ruang TV keluarga kecil seperti poin sebelumnya di atas, Anda bisa menambahkan elemen terakhir yaitu sebuah karpet.

Karpet ini bisa menjadi tambahan dekorasi yang bagus untuk menambah bagus ruang TV minimalis Anda terlihat elegan dan mewah.

Anda bisa memanfaatkannya untuk berkumpul keluarga dengan duduk santai lesehan jika bosan di sofa.

10. Tambahkan tirai/gorden untuk estetika dan keamanan

Untuk menambah keindahan ruang TV Anda, tambahkan elemen dekorasi lain yang bisa sekaligus dimanfaatkan sebagai pengaman yaitu tirai.

Dalam pemilihannya, pilihlah tirai dengan corak dan motif yang indah menjuntai. Kenapa perlu tirai?  

Selain sebagai penunjang penampilan dan memberikan kesan yang elegan, tirai juga akan membantu menutup ruangan dari mudah terlihat dari luar.

Nah, dengan menerapkan berbagai ide desain ruang TV keluarga kecil seperti di atas maka kami yakin hasilnya akan sangat bagus secara tampilan. Efek dari menata ruang TV dengan konsep tersebut juga pasti akan lebih nyaman dipakai sebagai ruang berkumpul. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *