Ide Berkebun Sayur di Lahan Sempit Pekarangan Rumah

Berkebun sayur di lahan minimalis bukanlah hal yang mustahil bagi Anda yang memiliki area cocok tanam sempit. Memanfaatkan lahan sisa pembangunan rumah bisa dipergunakan untuk berkebun sayur.

Adanya lahan hijau di rumah tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi keluarga Anda. Selain menjadikan rumah tampak lebih asri dan hijau, kegiatan berkebun di rumah ini juga bisa menghindari kita dari stress.

Namun keterbatasan ruang dan lahan seringkali menjadi penghalang bagi kita yang memiliki pekarangan yang tidak terlalu luas.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak metode bercocok tanam yang memungkinkan bagi siapa saja untuk dapat menanam naeka tanaman meski memiliki keterbatasan lahan.

Berkebun sayur di lahan minimalis secara efektif dan efisien

Berkebun Sayur, Berkebun Sayur di rumah, cara menanam sayuran di lahan sempit
berkebun sayur di lahan sempit – narmadi.com/properti

Untuk jenis sayuran yang cocok ditanam di lahan sempit, diantaranya adalah:

1. Seledri

Biasanya seledri bisa ditanam di dalam pot di halaman belakang rumah. Seledri memang tidak dikonsumsi sebagai sayuran utama, namun sebagai penyedap.

2. Selada

Sayuran yang suka dimakan sebagai lalapan ini memiliki kandungan mineral penting seperti fosfor, zat besi, zinc, dan yodium yang bermanfaat bagi tubuh. Selada dapat ditanam di pekarangan dengan media polybag sebelum dipindahkan ke dalam pot.

3. Tomat

Tomat merupakan tanaman yang mudah tumbuh di berbagai media tanam. Tomat juga bisa tumbuh dengan menggunakan pot. Karena pola tumbuhnya yang menjuntai dan sedikit merambat, tomat tidak membutuhkan lahan besar untuk menanamnya.

Metode Berkebun Sayur

Untuk bisa menerapkan metode berkebun di lahan sempit, bisa menyimaknya di bawah ini:

1. Gunakan Pot 

Jika anda kehabisan ruang di kebun Anda, gunakan wadah yang bervariasi dan kokoh untuk menanam benih dan tanaman.

Anda bahkan dapat menggabungkan beberapa tanaman dalam satu pot jika anda memiliki wadah yang cukup besar. Selain efisien,media pot juga bisa dipindah-pindahkan sesuai kebutuhan.

2. Budidaya tanaman secara Hidroponik

Apa Itu Hidroponik, Apa Itu Hidroponik dan aeroponik, contoh tanaman hidroponik
hidroponik merupakan meotode menanam tanaman dengan banyak manfaat untuk rumah minimalis – ide berkebun sayur – narmadi.com/properti

Sesuai dengan namanya yang berasal dari kata “hydro” yang berarti air, hidroponik merupakan metode bercocok tanam tanpa tanah, melainkan menggunakan air sebagai media tanam.

Untuk menggantikan nutrisi dari tanah, air yang digunakan dalam budidaya tanaman diberi unsur harayang dibutuhkan oleh tanaman.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang cara berkebun sayur pada pekarangan rumah minimalis Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang apa itu hidroponik di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls), Editted 123/01/2022 by diminimalis

Baca juga: Apa itu hidroponik? dan apa saja kelebihannya untuk Anda?

lutfi.diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Agustus 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.