Menambahkan Bunga Gantung di Teras Rumah Minimalis, Ini 10 Jenis Pilihan Terbaiknya!

Tidak sedikit orang yang hobi menambahkan hiasan eksterior teras rumah seperti dengan merancang bunga gantung. Siapapun bisa merancang konsep bunga gantung di teras rumah masing-masing.

Apalagi ada banyak pilihan jenis bunga yang bisa dipilih, dan pot-nya yang bervariasi. Dari berbagai macam jenis bunga dan pot tersebut, bisa dipilih satu yang terbaik untuk mempercantik teras rumah Anda.

Meskipun banyak jenis yang bisa dipilih namun umumnya ada beberapa jenis bunga gantung di teras rumah yang direkomendasikan.

Rekomendasi disini berarti karena bunga tersebut kalau tumbuh akan terlihat sangat cantik dan dari sisi perawatan cukup mudah.

Untuk memperdalam topik ini, kami disini akan menyajikannya untuk Anda.

10 Jenis Bunga Gantung di Teras Rumah agar Hunian Makin Cantik

Rekomendasi bunga gantung yang ada saat ini memang sudah cukup banyak.  Diminati oleh sebagian kalangan. Anda hanya perlu memilih salah satu diantaranya untuk ada di teras rumah minimalis Anda.

Nah, apa saja rekomendasi bunga gantung di teras rumah yang dimaksud tersebut?

1. Tanaman Begonia

Rekomendasi pertama bunga gantung di teras rumah yang cocok ada sebagai penghias eskterior Anda adalah tanaman bunga Begonia.

Bunga begonia ini jadi salah satu jenis bunga yang mudah tumbuh di wilayah tropis seperti Indonesia. Ada beberapa variasi tanaman begonia yaitu dedaunan dan pucuk bunga Begonia dalam berbagai warna dan bentuk yang pas untuk dijadikan tanaman hias gantung.

Sebenarnya ada banyak jenis lain dari begonia, jika Anda tertarik dengan bunga begonia ini, Anda bisa memilih salah satu dari sekian banyak jenis yang ada.

Cara menanamnya juga mudah karena Anda hanya tinggal membuat area tanam di pot dengan tanah yang subur maka bunga begonia ini akan tumbuh dengan baik.

2. Bunga Geranium

bunga gantung di teras rumah

Rekomendasi tanaman bunga gantung di teras rumah selanjutnya ialah bunga geranium. Umumnya, bunga ini berwarna merah dan ungu meskipun keduanya tumbuh dengan karakteristik yang sedikit berbeda.

Bunga ini terkenal sebagai salah satu penangkal nyamuk yang efektif. Sehingga, jika Anda menanamnya di teras rumah, maka otomatis bisa sekaligus membantu mengusir nyamuk dari lingkungan rumah Anda.

Tanaman bunga geranium ini memerlukan perlakuan yang hampir sama dengan tanaman bunga lain, yaitu perlu disiram secara rutin, dijaga kelembaban dan suhunya serta diberi pupuk yang cukup terutama saat sudah berbunga.

3. Bunga Lobelia

Bunga lobelia terkenal dengan bentunya yang unik dan terdaat banyak variasi warna seperti merah, putih, ungu, dan biru.

Selain cantik dan banyak pilihan warna, bunga lobelia ini juga digemari oleh banyak penyuka tanaman gantung karena cara tanamnya yang tidak memerlukan banyak perawatan. Ditambah lagi bunga ini mudah tumbuh subur tanpa bergantung pada musim-musim tertentu saja.

Memang sedikit perlu effort saat baru akan membuatnya tumbuh dengan baik. Yaitu dimulai dengan penyemaian hingga pucuk lobelia tumbuh, baru kemudian dipindah ke dalam pot untuk digantung hingga mekar di atas pot.

4. Kembang Anting-Anting

Sesuai namanya, rekomendasi bunga gantung di teras rumah yang satu ini bentuk bunganya sangat mirip dengan anting-anting.

Jika tumbuh dengan baik, tanaman bunga ini bisa subur dan mekar sepanjang tahun sehingga nantinya teras rumah Anda akan selalu terlihat cantik.

Bunga anting-anting atau dalam istilah baratnya disebut dengan Fuschia terbilang mudah ditemukan di pasaran. Biasanya ada dalam berbagai macam variasi warna yang bisa dipilih seperti merah, putih, pink, ungu dan juga kombinasi.

Cara merawat tanaman bunga yang satu ini juga cukup simpel, asalkan perawatan rutin dilakukan dengan konsisten dan benar maka hasilnya bunga ini akan tumbuh dengan cantik saat musim mekarnya.

5. Lili Paris

Bunga Lili sendiri berasal dari negara Afrika Selatan dan tumbuh masif disana. Bunga ini termasuk tanaman hias yang cukup populer di daerah tropis seperti Indonesia karena kelebihannya yang tahan terhadap panas dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. 

Warna daunnya yang menarik dan bisa tumbuh memanjang ke bawah, membuatnya banyak diadopsi sebagai bunga gantung di teras rumah-rumah.

Selain cantiknya, metode tanam bunga lili Pari jugas cukup mudah karena hanya butuh pot dengan tanah liat yang subur lalu ditempatkan di area yang terkena sinar matahari.

6. Bunga Petunia

bunga gantung di teras rumah
Bunga Petunia via almanac.com

Bunga gantung yang satu ini asalnya dari Amerika Serikat dan tumbuh masif disana. Bunga petunia biasanya tumbuh dengan ketinggian mencapai 16 sampai dengan 30 cm.

Bentuk bunga petunia memiliki kelopak bunga yang menyerupai terompet dengan mahkota tunggal atau ganda. Sehingga, tanaman gantung petunia secara visual akan terlihat indah karena bentuknya tersebut.

Bentuknya yang unik ditunjang dengan variasi warna yang banyak pilihannya seperti merah, kuning, putih, ungu, dan biru, wajar jika kemudian jadi salah satu yang difavoritkan.

Secara umum, bunga ini lebih cocok ditanam di area sejuk. Kalau di Indonesia maka kota-kota seperti Bandung dan Bogor cocok untuk ditanami bunga Petunia ini.

7. Bunga Anggrek

Anggrek jelas bukan jenis bunga yang asing lagi bagi sebagian besar pecinta tanaman hias. Bunga anggrek ini sendiri sangat cocok dijadikan sebagai tanaman bunga gantung di teras rumah minimalis Anda.

Pasalnya, selain bentuk tanaman dan bunganya yang indah, anggrek juga menghasilkan aroma yang sedap dan sekaligus bisa dijadikan sebagai terapi anti-stres.

Anggrek juga dipercaya mampu mengurangi masalah polusi udara. Bisa juga untk mengobati beberapa macam penyakit. Dengan begitu, sepertinya tidak ada alasan lain untuk tidak menjadikan anggrek sebagai salah satu tanaman bunga gantung di teras rumah Anda.

8. Bunga Pukul Sembilan

Nama lain dairi bunga pukul sembilan adalah portulac. Bentuk tanaman bunga ini cukup pendek namun bunganya cantik sehingga sangat pas untuk dijadikan hiasan gantung di teras rumah Anda.

Cara tanam bunga portulaca ini juga cukup mudah, perawatannya ringan sehingga mudah saja untuk dijadikan sebagai salah satu pilihan bunga gantung di teras rumah Anda.

9. Bunga Lantana

Salah satu rekomendasi lain tanaman bunga gantung di teras rumah adalah bunga lantana. Bunga ini berasal dari daerah tropis Amerika.

Bunga lantana memiliki bentuk payung dan warnanya menarik seperti kuning, pink, putih, merah tua, dan ungu hingga kombinasi.

Keunggulan lainnya dari bunga lantana adalah kecepatan pertumbuhannya yang tidak memerlukan waktu lama jika kondisi iklimnya tepat. Wangi baunya sering membuat kupu-kupu menghinggapinya.

10. Bunga Black-Eyed Susan Vine

Rekomendasi terakhir tanaman bunga gantung di teras rumah ada Black Eyed Susan Vine. Bunga ini memang sangat cocok jika tumbuh di wilayah dingin, namun bukan berarti di wilayah lain tidak cocok.

Bunga yang lebih akrab disebut dengan bunga Susan ini memiliki warna yang indah dan bervariasi. Ada kuning, oranye, putih, merah, dan ivory.

Bentuknya juga terbilang cukup unik, yang mana menyerupai bentuk hati atau mata panah. Anda bisa meletakkan black-eyed susan vine di daerah yang lembab.

Asalkan masih di area yang terjangkau sinar matahari, maka sangat mungkin bunga susan ini akan tumbuh dengan baik.

Bagaimana? Mau pilih bunga gantung yang mana untuk teras rumah Anda? Silakan dipilih ya.

Sebagai tambahan bahasan, masih ada kaitannya dengan tanaman gantung sebagai hiasan eksterior rumah, kita akan bahas soal pemilihan pot dan metode tanam tanaman gantung yang benar.

Tips Memilih Pot dan Metode Tanam yang Tepat untuk Tanaman Gantung

bunga gantung di teras rumah

Ada beberapa opsi yang bisa dipilih supaya tanaman gantung Anda bertahan dengan baik. Yaitu salah satunya berkaitan dengan pemilihan ukuran dan jenis pot.

Ternyata, ada kelebihan dan kekurangan ukuran sebuah pot dijadikan sebagai media tanam. Apabila pot terlalu besar maka nutrisi tanaman kurang tercukupi.

Sementara jika pot yang digunakan terlalu kecil, tanah akan terlalu cepat kering sehingga harus sering disiram. Selain itu, efek lainnya ialah tanaman juga akan bisa terikat ke akar dan menghambat pertumbuhannya.

Agar tanaman tumbuh dengan baik, maka sebaiknya dipindahkan ke pot yang lebih besar saat sudah mulai tumbuh membesar.

Baca juga: Memilih Model Rak Bunga Minimalis yang Unik dan Kekinian

Selain metode tanam yang harus benar, pemilihan jenis pot juga harus tepat. Anda bisa memilih pot dari plastik karena keunggulannya yang bisa menahan volume air lebih banyak.

Dengan pemilihan bunga dan pot yang tepat serta metode pemeliharaannya yang benar, maka bukan tidak mungkin tanaman gantung di teras rumah Anda akan terlihat cantik selalu.

rofik n

Being Content Writer Since 2017. Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Februari 2018. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.