Cara Mengupas Cat Dinding, Hanya 5 Step

Artikel ini akan mengulas singkat cara mengupas cat dinding yang praktis. Cat dinding yang mengalami kerusakan perlu dikupas sebelum diganti dengan lapisan yang baru.

Nah, bagaimana sih cara mengupas cat dinding yang mungkin sudah bertahun-tahun menempel? Tentu susah ya jika tanpa teknik khusus.

Yap, setidaknya Anda butuh beberapa teknis strategi yang harus Anda pahami. Tentu saja hal yang harus Anda kuasai dan pahami adalah jenis-jenis kerusakan cat dinding yang sering terjadi. Jadi, mari kita bahas dulu apa saja penyebabnya.

Sebab-Sebab Cat Dinding Sering Mengelupas

Rumah yang merupakan tempat bagi seluruh anggota keluarga Anda tercinta, terkadang butuh suasana baru agar tampil lebih segar dan tidak monoton.

Berbagai cara yang dapat dilakukan untuk merenovasi rumah, yaitu dengan mengubah letak dan posisi barang, mengubah warna cat dinding ataupun mengubah total bentuk rumah.

Pada prinsipnya mengganti cat tembok lama dengan yang baru bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus repot-repot mencari tukang cat. Lebih menghemat biaya tentunya, tetapi dengan catatan Anda harus tahu cara mengganti cat lama yang benar.

Mengupas dan mengganti cat biasanya diperlukan ketika sudah mengalami kerusakan. Sebelum bicara soal cara mengupas cat dinding, mari kita bahas jenis-jenis kerusakannya sebagai berikut:

1. Pengapuran (Chalking)

Solusinya adalah dengan dengan terlebih dahulu menganalisa letak cat yang bermasalah, pada bagian eksterior atau interior. Jika cat dinding yang rusak adalah bagian ekterior, maka solusinya adalah dengan mengganti cat dinding dengan cat khusus eksterior.

Dan jika cat tembok yang rusak adalah bagian interior, maka solusinya adalah menggunakan alkali killer untuk mengurangi tingkat keasaman pada dinding.

2. Penyabunan (Saponification)

Solusinya adalah mehilangkan cat lama dengan cara melakukan pengelupasan. Langkah berikutnya adalah melapisi tembok yang akan dicat menggunakan alkali killer agar pH dinding menjadi normal.

3. Pengkristalan (Efflorescence)

Seperti halnya dengan masalah penyabunan/saponification, penyebab terjadinya pengkristalan adalah karena adanya kandungan asam yang tinggi pada dinding. Kandungan asam akan membentuk garam dan terbawa di permukaan cat tembok.

Proses ini akan menjadi lebih cepat apabila kondisi lingkungan/dinding lembab.
Cara mengatasi masalah pengkristalan ini sama dengan mengatasi masalah saponification, Yaitu menggunakan alkali killer agar pH dinding menjadi normal.

Mengubah warna cat dinding menjadi salah satu cara yang dipilih oleh orang, hal ini dikarenakan lebih efektif dan efisien bila dibandingkan degan menguah total bentuk rumah.

Namun masalah baru akan muncul ketika Anda hendak melakukan hal tersebut, yaitu menghilangkan atau mengelupas cat lama yang menempel di dinding rumah.

Cara Mengupas Cat Dinding dalam 5 Langkah

Mengelupas cat didnding menjadi sebuah PR besar saat hendak merenovasi rumah. Namun walaupun demikian, hasil yang dapat Anda peroleh pastinya akan sangat memuaskan, oleh karena itu bersemangatlah dalam menghadirkan suasana baru di tengah-tengah keluarga Anda tercinta.

Berikut adalah 5 langkah efektif alias cara mengupas cat dinding lama di rumah Anda.

1. Pastikan Anda menggunakan kacamata, sarung tangan plastik, dan masker untk melindungi tubuh Anda dari bahaya zat kimia yang akan berhamburan ketika mengelupas cat dinding.

2. Bersihkanlah permukaan dinding yang akan dikelupas catnya, lalu sapukan cat remover yang dapat membantu mengelupaskan cat dinding Anda. Setelah disapukan zat ini maka bisanya cat dinding akan menggelembung membentuk rongga udara.

3. Mulailah mengelupas cat yang telah menggelembung tersebut dengan spatula hingga bersih. Jangan tunggu sampai cairan remover mengering karena hal tersebut akan memuat cat mengeras kembali.

4. Setelah seluruhnya mengelupas, bersihkan dan haluskan kembali permukaan tersebut dengan amplas. Pada tehap ini pastiakan ada banyak sekali debu berterbangan sehingga pastikan Anda menggunakan peralatan yang tadi disebutkan pada point 1.

5. Bersihkan permukaan yang telah halus dari debu dengan menggunakan air lalu keringkan. Setelah kering dinding tersebut siap di cat kembali dengan warna cat yang baru.

Itulah beberapa langkah cara mengupas cat dinding lama di rumah Anda. Silahkan dicoba dan diterapkan sebaik mungkin ya, jangan takut salah. Semoga bermanfaat. (ls.) editted by RN19042021, 28/07/2022 by UN.

Baca profil Dimulti Pool, Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan kolam renang, jasa desain kolam renang, jasa renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.

Lutfi N

Menulis seputar property sejak tanggal 7 Agustus 2016. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar konsep hunian. Topik yang disukai adalah topik yang mengedepankan kenyamanan tempat tinggal.

Tinggalkan komentar

Biaya bangun Rumah Ukuran 8x12
Perkiraan Biaya Bangun Rumah Ukuran 8×12
Membangun Rumah dengan Biaya 20 Juta
Begini Bangun Rumah dengan Biaya 20 Juta
Biaya Bangun Rumah 2 Lantai 4x6
Estimasi Biaya Bangun Rumah 2 Lantai 4×6
biaya bangun rumah 2 lantai 5x7
Estimasi Biaya Bangun Rumah 2 Lantai 5×7
Desain Rumah 6x9 2 Kamar Tidur
Inspirasi Desain Rumah 6×9 2 Kamar Tidur
Desain Rumah Jepang Minimalis 2 Lantai
Desain Rumah Jepang Minimalis 2 Lantai, Eye Catching
Desain Rumah di Tanah Berundak
Inspirasi dan Tips Desain Rumah di Tanah Berundak
Desain Rumah 100 Meter 2 Lantai
Desain Rumah 100 Meter 2 Lantai, Mewah, Berkelas
desain interior minimalis
Desain Interior Minimalis di Setiap Ruangan
interior rumah type 36 2 kamar
Desain Interior Rumah Type 36 2 Kamar, Mewah dan Elegan
Desain Interior Rumah Type 36 2 Kamar
Kumpulan Desain Interior Rumah Type 36 2 Kamar
Interior Rumah Segitiga
Tips Memilih Interior Rumah Segitiga dan 6 Idenya
Cat Jotun untuk Ruang Tamu
Top 3 Warna Cat Jotun untuk Ruang Tamu
Cat Ruang Tamu yang Bagus
Inspirasi Cat Ruang Tamu yang Bagus
Desain Ruang Tamu Ukuran 2x1
Insight Desain Ruang Tamu Ukuran 2×1
Plafon PVC Ruang Tamu Minimalis
5 Plafon PVC Ruang Tamu Minimalis Terbaik
Lemari Pembatas Ruang Tamu dan Ruang Keluarga
Lemari Pembatas Ruang Tamu dan Ruang Keluarga
Warna Cat Ruang Keluarga yang Sejuk
Warna Cat Ruang Keluarga yang Sejuk
Pembatas Ruang Tamu dan Ruang Keluarga
Pembatas Ruang Tamu dan Ruang Keluarga
Desain Ruang Keluarga Minimalis Elegan
Desain Ruang Keluarga Minimalis Elegan
Wastafel Kamar Mandi Kecil
Wastafel Kamar Mandi Kecil: Solusi Ruang Terbatas
Desain Kamar Mandi Minimalis 2x3
12 Ide Desain Kamar Mandi Minimalis 2×3
Keramik Kamar Mandi Motif Batu
10 Inspirasi Keramik Kamar Mandi Motif Batu
ukuran kamar mandi ideal
Ukuran Kamar Mandi Ideal untuk Rumah Hunian