Skip to content

7 Tips dan Cara Merawat Kasur Spring Bed dengan Benar Supaya Awet

Kasur jenis spring bed termasuk yang rawan terhadap kerusakan, lebih cepat kotor, dan juga lusuh. Apalagi jika cara merawat kasur spring bed tersebut tidak dilakukan dengan cara yang benar.

Material kasur spring bed yang terbuat dari bahan empuk relatif lebih mudah atau sensitif terhadap barang-barang tertentu. Disinilah siapapun yang memiliki atau memakai kasur springbed di rumah harus tahu dan paham cara merawat kasur spring bed miliknya dengan benar.

Nah, topik spesifik inilah yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. So, jangan beranjak dulu sebelum scroll sampai bawah ya.

Perbedaan Perawatan Kasur SpringBed dan Jenis Lainnya

Tahukan Anda bahwa ada perbedaan material antara kasur spring bed dengan jenis kasur biasa? Inilah yang melatarbelakangi cara merawat kasur spring bed dengan kasur biasa jadi berbeda perlakuannya.

Kasur spring bed yang terdiri dari bermacam-macam komponen di dalamnya menjadikannya perlu diperlakukan berbeda dari sisi perawatan.

Terlebih lagi, adanya per di dalam kasur yang berfungsi sebagai pegas harus dipastikan tetap kering setelah dibersihkan supaya tidak cepat berkarat dan rusak.

cara merawat kasur springbed, cara membersihkan kasur springbed, cara merawat kasur spring bed
Cara merawat kasur spring bed dengan benar- narmadi.com/properti

Tips dan Cara Merawat Kasur Spring Bed dengan Tepat

Seperti sudah disinggung di awal bahwa pola perawatan kasur spirngbed dengan kasur lainnya sedikit berbeda. Dari sinilah perlu perlakuan khusus dari sejak pembelian awal, penataan/setting di ranjang, hingga perawatan hariannya.

Langsung saja dibawah ini ada beberapa poin tentang tips dan cara merawat kasur spring bed dengan benar supaya tetap awet dipakai.

1. Saat Membeli, Sesuaikan Dimensi dengan Ukuran Ranjang

Ketika Anda sedang mempertimbangkan membeli kasur spring bed, maka jangan fokus dulu pada ketersediaan ukuran kasur yang ada di toko. Namun, ukur seberpa panjang ranjang yang akan ditempati oleh kasur tersebut terlebih dulu, setelah itu baru tanyakan ketersediaan ukuran kasur tersebut di toko.

Pilihlah kasur spring bed yang sesuai dengan ukuran ranjang. Jangan dipaksakan jika ukurannya lebih besar, karena hal ini berpotensi merusak kelenturan per atau pegas di dalamnya.

Poin ini tidak berlaku jika Anda membeli springbed sepaket dengan dipannya ya. Kenapa ini masuk dalam daftar cara merawat kasur springbed? Karena jika dipaksakan beda ukuran disatukan maka kasurnya akan lebih mudah rusak.

2. Pilih Kasur Spring Bed Berkualitas

Sebelum membeli produk spring bed, sebaiknya pastikan kualitas komponen kasurnya memang sudah dipercaya banyak pelanggan.

Dalam memilih kasur berkualitas, ada beberapa ciri yang bisa dijadikan pathokan. Kasur yang baik akan mampu menyangga tubuh dengan sempurna dan cirinya saat ditiduri tidak akan membuat tubuh seperti tenggelam.

Kasur yang memang berkualitas baik akan dapat menopang berat tubuh dan menyangganya dengan nyaman, khususnya di bagian tulang punggung.

3. Lolos Uji dari Potensi Penyebab Alergi

Pilihlah kasur yang sudah lolos uji melalui proses Ultra Fresh. Standar ini mencirikan spring bed yang akan Anda beli dapat mencegah alergi yang dapat mencelakakan kulit.

Pemilihan produk terbaik dan cara merawat kasur spring bed yang benar akan membantu menjaga kualitas tidur Anda jadi lebih baik.

3. Buka Lapisan Plastik Pembungkus

Spring bed baru biasanya masih terlapisi oleh plastik pembungkus. Bukalah plastik tersebut untuk memberikan keleluasaan pada busa springbed untuk mengembang.

Dengan tidak tertahan oleh plastik pembungkus, maka kasur springbed tersebut akan lebih awet dan tahan lama keempukannya.

Baca juga: Unik! Begini Cara Menata kasur di Kamar Agar Rapi dan Cantik

4. Lakukan Perlindungan Ekstra

Agar spring bed Anda terhindar dari noda, baik berupa cairan atau debu, maka gunakanlah pelapis berupa mattress protector di atasnya.

Salah satu insiden yang sering jadi momok adalah cairan minuman yang tidak sengaja tertumpah mengenai kasur. Atau rembesan air hujan yang jatuh ke atas kasur melalui plafon.

Jika air masuk ke dalam lapisan springbed, lama kelamaan akan dapat merusak per, bahkan lambat laun bisa membuatnya berkarat.

5. Bersihkan secara rutin dengan vacuum cleaner

cara merawat kasur springbed, cara membersihkan kasur springbed, cara merawat kasur spring bed
vaccum cleaner penting untuk membersihkan kotora yang bisa menjadi sarang penyakit di spring bed Anda – narmadi.com/properti

Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan springbed dari debu atau kotoran secara rutin. Disarankan untuk menjemur kasur springbed setiap satu atau dua bulan sekali.

Jika cuaca sedang sangat terik, cukup angin-anginkan saja dan tidak perlu dijemur di bawah terik matahari langsung.

Jika terkena noda, tegakkan terlebih dahulu posisi spring bed, kemudian bersihkan dengan air yang disapukan ke permukaan yang terkena noda tersebut.

Langkah akhirnya, Anda bisa membersihkannya menggunakan lap bersih atau semprotan, kemudian terakhir gunakan sikat lembut dengan sedikit cairan pembersih. Dengan begitu hasilnya akan lebih bersih dari yang dibayangkan.

6. Jaga Fungsi Per agar Kasur tetap Empuk

Tips dan cara merawat kasur spring bed selanjutnya adalah fokus pada per/pegas kasur. Upayakan agar tidak melakukan hentakan-hentakan keras seperti melompat-lompat di atasnya, agar pegas atau per tetap terjaga performa keempukannya.

Perawatan spring bed ini sebaiknya perlu disosialisasikan kepada anak-anak Anda. Agar mereka lebih berhati-hati lagi saat bermain di atas kasur springbed meskipun itu di kamar mereka sendiri.

7. Hindari Terkena Panas

Sebisa mungkin jangan sampai terkena panas seperti dari setrikaan demi menjaga permukaan kain kasur tetap baik. Sekali kena panas setrika misalnya, maka akibatnya bisa fatal.

Lubang yang dihasilkan dari panas tadi mungkin kecil, tapi lama kelamaan bisa melebar seiring berjalannya waktu. Oleh karenanya, jauhkan meja setrikaan dari tempat tidur jenis kasur springbed guna mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan seperti ini.

Mungkin demikian saja ulasan dari kami tentang tips dan cara merawat kasur spring bed yang benar dan efektif. Semoga bermanfaat ya. (ls) editted by RN24102021, 17/02/2022 by diminimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published.