Skip to content

7 Kriteria Cat Interior Rumah yang Bagus

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan untuk mengecat interior rumah minimalis, Anda wajib tahu kriteria cat interor rumah yang bagus untuk digunakan. Cat Interior memiliki fungsi yang berbeda dengan cat eksterior/cat luar rumah.

Cat eksterior memiliki fungsi utama sebagai pelindung. Sedangkan cat interior rumah memiliki fungsi yang lebih menonjolkan pada estetika dengan dukukangan warna dan tekstur cat.

Pengklasifikasian jenis cat berdasarkan fungsinya tersebut menjadi acuan Anda dalam membeli dan memilih cat yang tepat. Cat eksterior dan interior memiliki kesamaan fungsi, yaitu memberikan warna pada dinding. Namun, banyak fungsi lain yang berbeda dan perlu Anda ketahui.

Kiat Memilih Kualitas Cat Interior Rumah yang Berkualitas

Cat interior sering kali digunakan dan dibutuhkan oleh banyak orang untuk melengkapi serta menambah keindahan rumah. Keberadaan cat interior juga berpengaruh terhadap kenyamanan pemilik atau pengguna rumah.

Bagi Anda yang sedang merencanakan untuk mengecat interior rumah minimalis, Anda perlu membaca dan mendapatkan informasi di bawah ini.

Informasi dalam articel ini merupakan pembahasan beberapa kriteria terkait kualitas cat interior rumah yang mungkin akan menjadi pilihan Anda.

Berikut tujuh kriteria seberapa berkualitasnya cat interior yang diinginkan banyak orang:

1. Cat Interior rumah minimalis memberikan warna yang sesuai dengan keinginan

cat interior rumah minimalis

Produk dan pilihan warna cat sekarang menawarkan berbagai variasi pilihan warna. Berbagai warna tercipta dari kreatifitas manusia yang selalu berfikir maju dan ingin memberikan perubahan positif.

Warna cat yang bervariasi memberikan kesempatan Anda untuk berkreasi dengan memainkan warna, serta menantang Anda untuk dapat memadupadankan warna cat dinding yang sesuai.

Ketersediaan berbagai contoh variasi warna cat rumah menjadikan Anda dapat memilih warna yang sesuai dengan keinginan Anda. Ketersediaan warna cat interior yang bervariasi diharapkan mampu memenuhi kebutuhan Anda.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keterbatasan warna cat interior karena sekarang warna cat sudah banyak pilihannya.

2. Cat Interior mudah dibersihkan

Selain ketersediaan warna yang bervariasi, kualitas cat interior rumah yang bagus adalah mudah dibersihkan. Hal ini dikarenakan tidak jarang cat diding rumah terkena noda sehingga terlihat kotor.

Dinding yang kotor tentunya membuat Anda tidak nyaman. Sehingga dengan kualitas cat yang mudah dibersihkan ini, dapat menjadi pilihan Anda untuk mengatasi masalah tersebut.

Cat yang mudah dibersihkan bukan berarti cat Anda juga akan ikut serta rusak atau luntur ketika Anda membersihkan noda pada dinding. Cat yang seperti ini merupakan cat dinding yang banyak diinginkan oleh masyarakat.

Sehingga bagi Anda yang akan memilih cat untuk interior rumah Anda, Anda perlu mempertimbangkan kualitas cat yang seperti ini.

3. Anti Jamur

Kualitas cat interior yang menjadi idaman banyak orang adalah cat yang anti jamur. Dinding yang berjamur seringkali menjadi masalah baru bagi Anda, karena jamur yang tumbuh di dinding rumah akan menimbulkan ketidak nyamanan.

Jamur yang mudah tumbuh di dinding yang sudah dicat membuat kesan yang tidak baik. Anda pasti akan beranggapan bahwa jamur yang tumbuh adalah pengaruh dari cat yang digunakan.

Sehingga, Anda perlu menggunakan cat yang memiliki kemampuan untuk melindungi dinding ada dari tumbuhnya jamur.

4. Tidak mudah keropos

cat interior rumah minimalis

Selain menggunakan cat anti jamur, kriteria cat dinding interior yang menjadi idaman banyak orang adalah cat yang tidak mudah keropos. Cat dengan kriteria ini membantu dinding Anda tetap bagus dengan tampilan warna yang sempurna.

Berbeda halnya dengan cat yang mudah keropos. Cat akan mudah hilang setelah beberapa bulan atau bahkan beberapa minggu saja.

Menghilangnya cat dari dinding menjadikan warna dinding tidak merata. Dinding akan terlihat tidak sempurna.

Warna cat dinding yang sudah keropos menjadi titik poin perhatian karena akan terlihat sangat berbeda dengan permukaan dinding lainnya. Hal ini akan sangat terlihat ketika Anda terapkan pada rumah minimalis Anda.

Cat interior rumah akan sangat jelas terlihat, karena rumah minimalis memiliki area dinding yang tidak terlalu luas. Sehingga perhatian terhadap hasil pengecatan pada interior dinding rumah justru akan lebih jelas.

Orang akan lebih mudah melihat hasil pengecatan yang kurang berkualitas, cat yang keropos atau cat yang masih sempurna melekat pada dinding rumah Anda.

Untuk itu, cat interior rumah yang Anda gunakan, sebaiknya menggunkan cat yang berkualitas dan mempertimbangkan kriteria-kriteria cat dinding interior yang bagus.

5. Tahan terhadap rembesan air

Kualitas yang tidak kalah penting dari kualitas yang sudah disebutkan di atas adalah dengan menggunakan cat interior rumah yang tahan terhadap rembesan air. Anda akan merasa sangat tidak nyaman ketika musim hujan tiba. Terlebih menjumpai bebebrapa dinding rumah terdapat rembesan air hujan.

Permasalahan di atas menjadikan orang-orang kreatif, terus berfikir untuk menemukan solusi dalam mengatasi masalah rembesan tersebut. Oleh karena itu, kemudian munculah cat interior rumah dengan kualitas yang tahan terhadap rembesan air.

6. Memiliki daya rekat tinggi

Cat interior rumah akan tahan lama apabila memiliki daya rekat yang tinggi. Kualitas yang demikian dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan Anda sebelum memilih cat interior untuk rumah Anda.

Ketika cat memiliki daya rekat yang rendah, maka cat dinding Anda akan cepat menghilang. Hal ini menyebabkan Anda perlu untuk mengecat ulang dindingnya.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, perlu memilih cat interior dengan daya rekat yang tinggi.

7. Terbebas dari kandungan logam berat dan berbahaya

Rumah memiliki tujuan utama untuk memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Sehingga apa yang berkaitan dengan rumah, juga perlu mendukung untuk memberikan kenyamanan. Salah satunya adalah cat interior rumah.

Cat interior yang memberikan kenyamanan adalah cat yang aman. Hal ini berarti cat rumah Anda harus terbebas dari kandungan logam berat sehingga tidak berbahaya bagi penghuninya.

Untuk itu Anda perlu mengetahui kandungan yang ada dalam cat interior rumah Anda agar Anda dan keluarga tetap merasa aman dan nyaman.

Tujuh kriteria kualitas cat interior rumah minimalis di atas dapat Anda gunakan sebagai referensi dalam memilih cat interior yang tepat.

Selain itu, informasi di atas juga diharapkan mampu menjadi acuan dalam pengambilan keputusan Anda dalam memilih dan menggunakan cat interior rumah. (fy) Editted 27/07/2022 UN.

Leave a Reply

Your email address will not be published.