Skip to content

Dekorasi Dapur

Dekorasi dapur minimalis wajib direncanakan dengan baik. Dapur menjadi salah satu ruangan di dalam rumah yang perannya tidak kalah penting dari ruang keluarga ataupun kamar tidur. Keberadaan dapur biasanya menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan setelah kamar tidur dan kamar mandi.

Pasalnya, selain digunakan sebagai tempat memasak, dapur yang pada umumnya dilengkapi dengan meja makan, merupakan tempat dimana semua anggota keluarga dapat berkumpul, waktunya makan tiba.

Dekorasi dapur yang baik, tentu akan membuat semua penghuni rumah nyaman saat melakukan aktivitas memasak, dan kegiatan lainnya di dapur. Dekorasi dapur yang sederhana, minimalis namun tetap fungsional dan nyaman merupakan hal yang gampang – gampang susah.

Pasalnya, ruangan di dalam rumah yang difungsikan sebagai dapur biasanya tidak terlalu besar dan cenderung kecil.

Oleh karena itu butuh perhatian khusus dan pertimbangan serta perencanaan yang matang untuk menata dekorasi dapur agar kegiatan memasak dan makan malam bersama anggota keluarga tetap nyaman.

Dekorasi dan desain model dapur yang kurang tepat justru akan semakin menciptakan keterbatasan ruang di dapur dan penggunaan fungsi dapur menjadi tidak maksimal.

Untuk dapur yang secara umum tidak terlalu besar, desain dekorasi yang paling cocok untuk diterapkan yaitu desain dapur yang minimalis.

Dengan memaksimalkan segala sudut yang ada, dan melakukan penataan perabot serta dekorasi dapur yang tepat, ruangan dapur akan menjadi nyaman untuk difungsikan.

Selain itu, ruang dapur akan menjadi lebih efisien untuk kegiatan memasak. Kegiatan makan bersamapun akan menyenangkan.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya. Menata dapur perlu mempertimbangkan beberapa hal agar dapur tetap efisien dan fungsional.

Dekorasi dapur harus bisa menciptakan suasana yang nyaman bagi seluruh penghuni rumah. Terlebih bagi anggota keluarga yang melakukan aktivitas di dapur. Berikut ini beberapa tips mengatur dan menata dapur dengan konsep minimalis.

Kiat Menata Dekorasi Dapur Minimalis

Belakangan ini, konsep dekorasi ruangan dengan desain minimalis menjadi tren yang banyak diterapkan oleh sebagian besar orang. Konsep desain yang hemat space ini bisa dipaksakan, namun tetap mengutamakan segi efisiensi dan fungsional ruangan tersebut.

Penerapan konsep minimalis pun banyak diterapkan di ruangan dapur. Di bawah ini tips mengenai hal – hal yang perlu dipertimbangkan saat menata dekorasi dapur yang minimalis namun tetap efisien dan fungsional.

1. Menentukan tema dapur

Tema Dekorasi Dapur Minimalis
Tema Dekorasi Dapur Minimalis

Poin mendasar yang perlu dipertimbangkan dari konsep minimalis untuk dapur, yang pertama adalah masalah tema. Hal ini sering dianggap tidak perlu atau bahkan mungkin diabaikan.

Padahal, menentukan tema desain dapur, merupakan hal yang penting saat ingin menerapkan konsep minimalis pada dapur.

Tema dekorasi menjadi hal yang super urgent. Ketika tema yang diterapkan di dapur tidak cocok dengan konsep keseluruhan dari tema dekorasi rumah, tentu akan terlihat kurang nyaman. Dan resikonya, bahkan bisa sedikit mengganggu aktivitas yang dilakukan di dapur.

Tema yang bisa dijadikan pilihan untuk dapur antara lain desain dapur terbuka minimalis, tema vintage atau tema ala country yang bisa Anda cari referensinya di internet.

Bisa juga dengan menerapkan desain terbuka dengan taman. Bahkan tema nature dengan mencocokkan warna – warna pada tembok dan perabotan di dapur juga banyak diminati.

2. Memilih perpaduan warna yang tepat

Menata Dekorasi Dapur Minimalis dengan perpaduan warna
Menata Dekorasi Dapur Minimalis dengan perpaduan warna

Hal berikutnya yang perlu Anda pertimbangkan dalam mengatur dekorasi dapur dengan konsep desain minimalis yaitu memilih dan menerapkan warna yang tepat untuk dapur Anda.

Warna memiliki peran penting untuk menciptakan suasana tertentu di sebuah ruangan. Misalnya, menerapkan warna putih di dapur dapat menciptakan kesan dapur yang terasa lebih lega.

Untuk dapur dengan menerapkan konsep minimalis, Anda bisa memilih perpaduan warna yang senada antara tembok dapur, meja makan, dan perabotan – perabotan yang ada di dapur.

3. Menyiasati keterbatasan storage atau penyimpanan

dekorasi storage untuk ruang dapur
dekorasi storage untuk ruang dapur

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi untuk menata dapur dengan ruangannya kecil adalah keterbatasan ruang penyimpanan untuk perabotan dan peralatan masak.

Karena tidak sedikit dari kita yang memiliki banyak peralatan masak dan perabotan. Seperti gelas, piring, dan sebagainya. Sedangkan space ruang dapur di rumah, sempit. Tidak terlalu besar.

Solusi satu-satunya adalah dengan menggunakan teknik penyimpanan yang benar. Jika tidak tepat dalam menyiasati tempat penyimpanan, maka akan membuat dapur berantakan.

Jika dapur Anda tidak memiliki kitchen set, sebaiknya memanfaatkan bagian bawah dapur, menjadi lemari kabinet dengan dilengkapi laci tambahan untuk menyimpan dan mengorganisir peralatan – peralatan masak ataupun perabotan dapur Anda. Bisa juga dengan membuat rak kabinet yang dipasang di dinding bagian atas.

Jangan lupa untuk mengatur dan mengorganisir perabotan rumah di dapur berdasarkan fungsi masing – masing, agar lebih rapi dan mudah mencarinya saat dibutuhkan. Dengan begitu, dapur Anda akan tampak rapi dan aktivitas memasak di dapur jadi lebih nyaman dan menyenangkan.

4. Mengurangi peralatan masak dan perabotan yang jarang digunakan

Mengurangi peralatan masak di ruang dapur
Mengurangi peralatan masak di ruang dapur

Saat mengusung konsep dekorasi dapur yang minimalis, Anda harus memilih peralatan dan perabotan dapur yang fungsional.

Singkirkan peralatan atau barang yang jarang terpakai. Perabot yang jarang digunakan, malah akan membuat ruang penyimpanan di dapur menjadi cepat penuh. Dapur terlihat berantakan.

Simpan, gunakan peralatan dan perabotan yang memang berfungsi dan sering digunakan, daripada menyimpan benda – benda yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Menata peralatan masak memang sebuah keharusan.

Selain memilih peralatan masak dan perabotan dapur yang lebih fungsional, Anda juga perlu memilih peralatan dan perabotan yang memiliki ukuran lebih ramping atau lebih kecil yang tidak terlalu memakan tempat di dapur Anda.

Misalnya, gunakanlah panci atau wajan yang berukuran lebih kecil, untuk memasak dengan porsi yang pas untuk 2 sampai 4 orang. Daripada menggunakan wajan atau panci yang besar karena pada dasarnya Anda memasak makanan hanya untuk anggota keluarga saja.

5. Penempatan cahaya dan sirkulasi udara

Dekorasi penempatan cahaya dan sirkulasi udara di ruang dapur
Dekorasi penempatan cahaya dan sirkulasi udara di ruang dapur

Untuk membuat dapur yang sempit agar terlihat lebih lega dan tidak pengap, dibutuhkan penempatan cahaya dan sirkulasi udara yang baik.

Dapur dengan jendela yang besar dan bisa dibuka, akan memiliki pencahayaan yang baik serta sirkulasi udara yang juga baik. Tempatkan wastafel atau kompor di bawah jendela, agar sirkulasi udara dan pencahayaan rumah khususnnya di ruang dapur, lebih maksimal.

6. Hindari pemasangan pintu di dapur

Dekorasi dapur tanpa sekat pintu
Dekorasi dapur tanpa sekat pintu

Adanya pintu yang menuju ke ruang dapur, akan memberikan sekat yang justru membuat dapur Anda tampak sempit dan pengap.

Biarkan dapur Anda tidak memiliki pintu, agar terasa lega dan sirkulasi udara juga dapat terjaga dengan baik. Pastikan juga dekorasi dapur Anda tidak terlalu banyak furnitur yang tidak terlalu dibutuhkan, agar lebih lega dan nyaman.

7. Menjaga kebersihan tempat cuci

Menjaga kebersihan ruang dapur
Menjaga kebersihan ruang dapur

Kebersihan tempat cuci sangat penting untuk kenyamanan dapur Anda. Jagalah kebersihan dari tempat cuci di dapur Anda.

Jangan biarkan piring – piring atau peralatan memasak menumpuk di tempat cucian yang membuat dapur terlihat berantakan dan tidak higienis. Itulah beberapa tips dekorasi dapur minimalis. Perhatikan hal-hal penting agar dapur rumah selalu dan bersih dan nyaman. (tukon) Editted 04/08/2022 by UN.

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.