Skip to content

Dekorasi Ruang Makan

Dalam begitu banyak tradisi kuno Asia, keluarga melakukan aktivitas makan bersama pada ruang keluarga.

Akan tetapi dalam tradisi Eropa, banyak rumah besar, kastil-kastil dan bangsawan tentu menyediakan ballroom atau ruang besar dengan meja besar yang dilengkapi armchair yang digunakan saat makan atau mengundang para tamu untuk jamuan makan.

Untuk saat ini banyak orang di belahan dunia manapun menyediakan ruang makan sebagai salah satu kebutuhan ruang yang wajib. Dalam dekorasi ruang makan hunian mungil, umumnya ruang makan digabung dengan dapur.

Tak hanya aktivitas makan, ruang makan lalu berkembang sebagai ruang untuk aktivitas bercengkrama bersama keluarga. Canda tawa hingga obrolan serius, semuanya dapat terjadi di atas meja makan.

Dikarenakan nilai dan fungsi personal itu, wajar bila Anda perlu memberi perhatian lebih terhadap dekorasi ruang makan beserta peralatan makan yang ada di hunian Anda.

Tak perlu kebingungan, ikuti pembahasan berikut ini untuk menemukan inspirasi dekorasi yang akan membuat ruang makan tak hanya menarik namun juga terasa lebih “hidup”.

Meja Konsol

Meja konsol pada dekorasi ruang makan
Meja konsol pada dekorasi ruang makan

Meja konsol kerap dianggap tak dibutuhkan, terutama untuk ruang makan rumah modern. Meja ini merupakan meja yang umumnya menjadi media untuk transisi makanan sebelum disajikan di atas meja makan.

Meja konsol juga dapat digunakan untuk meletakkan piring kotor sementara sampai aktivitas makan benar-benar telah selesai. Meja ini bisa membuat meja makan menjadi lebih rapi.

Guna memudahkan Anda, pilih meja konsol yang dilengkapi roda agar mobilitasnya lebih mudah. Akan tetapi, bagi Anda yang mempunyai ruang makan berukuran kecil, meja konsol lebih statis kemungkinan lebih aman untuk dipilih.

Pencahayaan pada Dekorasi untuk Ruang Makan

Pencahayaan pada dekorasi ruang makan
Pencahayaan pada dekorasi ruang makan

Sebenarnya pencahayaan rumah adalah elemen penting bagi masing-masing ruang. Akan tetapi, pencahayaan pada dekorasi ruang makan mempunyai karakternya sendiri. Dalam memaksimalkan dekorasi untuk ruang makan, tentunya harus tepat dalam pencahayaan.

Mengingat aktivitas di ruang makan terpusat pada meja makan dan pada kondisi duduk, Anda bisa menggunakan lampu gantung tepat di atas meja makan agar pencahayaan fokus terhadap aktivitas utama.

Dalam dekorasi untuk ruang makan klasik, dahulu banyak menggunakan candelier. Akan tetapi saat ini Anda dapat menggantinya dengan lampu gantung kap polos pada desain modern dan minimalis ataupun lampu gantung kristal.

Hal lainnya yang perlu Anda ketahui dalam instalasi lampu gantung adalah jarak antara bagian paling bawah lampu gantung dan permukaan meja yang ideal yaitu sekitar 28 – 32 inch. Pastikan lampu gantung tak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Bila Anda mempunyai ruang makan berukuran besar, tak ada salahnya untuk menambahkan spot light di beberapa sudut tertentu dari dekorasi ruang makan Anda.

Pencahayaan ekstra seperti lampu meja dan lampu dinding juga dapat menjadi opsi alternatif asal tak terlalu memenuhi dekorasi untuk ruang makan lainnya.

Fakta menarik: Cahaya lampu dengan warna kekuningan di ruang makan diyakini dapat merangsang nafsu makan secara psikologis

Tanaman menjadi Dekorasi untuk Ruang Makan

Tanaman untuk dekorasi ruang makan
Tanaman untuk dekorasi ruang makan

Tak hanya menyegarkan udara di dalam ruangan, kehadiran tanaman sebagai dekorasi untuk ruang makan juga dapat menghadirkan suasana ruangan yang lebih rileks.

Terlebih, Anda dapat menggunakan tanaman hias dengan daun merah atau bunga berwarna merah ataupun kekuningan di ruang makan, sebab kedua warna ini dapat meningkatkan nafsu makan keluarga saat berada di ruang makan.

Anda dapat menggunakan pot dan tanaman besar di sudut ruangan ataupun di atas meja konsol untuk dekorasi ruang makan berukuran besar. Untuk ruang makan berukuran kecil, Anda dapat menggunakan tanaman-tanaman kecil sebagai penghias meja makan.

Fakta menarik: Tanaman spider plants yang mempunyai daun tipis berujung runcing bisa menyerap alergen (misalnya debu), dan selama dua hari tanaman ini juga mampu mengurangi hampir 90% racun yang ada di dalam ruangan.

Dekorasi untuk Ruang Makan pada Dinding

Dekorasi dinding pada ruang makan
Dekorasi dinding pada ruang makan

Banyak orang kurang memperhatikan elemen bangunan satu ini, saat membahas dekorasi untuk ruang makan. Membiarkan dinding berwarna solid polos umumnya dipilih oleh orang yang tak ingin kerepotan.

Tentu hal tersebut sah-sah saja, akan tetapi ada beberapa warna yang dapat menstimulasi nafsu makan dan cocok untuk digunakan pada dinding ruang makan. Warna itu adalah merah dan kuning.

Namun memang tak semua orang menyukai dua warna ini untuk dekorasi ruang makan. Tak perlu khawatir, dua warna ini tak perlu mendominasi dinding ruang makan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk pengaplikasian kedua warna ini tanpa membuatnya dominan.

Gunakan foto atau lukisan yang mempunyai warna kontras merah sebagai pajangan di dinding ruang makan. Tak hanya menghadirkan warna, foto atau lukisan di dinding ruang makan juga menghadirkan suasana yang lebih hidup.

Anda juga bisa memakai wallpaper pada dinding ruang makan dengan warna dominan yang netral namun memiliki aksen warna merah.

Bagi Anda yang mempunyai ruang makan kecil, penggunaan cermin di salah satu bagian dinding dapat membantu membuat ruang makan tampak lebih luas. Pilihlah cermin dinding yang memiliki model selaras dengan gaya rumah Anda. Warna-warna putih dan pastel juga dapat digunakan agar ruang memiliki kesan lebih luas.

Lemari Pajang atau Cupboard

Dekorasi lemari panjang pada ruang makan
Dekorasi lemari panjang pada ruang makan

Bila memungkinkan, menghadirkan lemari pajang atau cupboard sebagai dekorasi ruang makan nantinya bisa sangat bermanfaat. Bagi Anda yang mempunyai beragam peralatan makan, cupboard atau lemari dapat menjadi solusi agar ruang makan tampak lebih rapi.

Lemari pajang dengan setengah bagian terbuka juga dapat menjadi tempat untuk display beragam alat makan yang cantik milik Anda. Ataupun untuk pajangan-pajangan unik lainnya, seperti beragam hiasan porcelain dan keramik ataupun botol wine.

Untuk ruang makan berukuran kecil, penambahan cupboard mungkin akan terasa memenuhi ruangan. Penggunaan lemari gantung bisa menjadi solusi untuk menggantikan cupboard konvensional.

Dengan begitu, Anda tetap dapat memamerkan beragam alat makan cantik tanpa mengurangi ruang gerak dari ruang makan yang memang telah terbatas.

Untuk visual maksimal dari dekorasi ruang makan, pastikan desain meja konsol, meja makan dan cupboard tampak selaras.

Dekorasi untuk Ruang Makan di atas Meja Makan

Ketika tak digunakan, tak berarti meja makan dibiarkan kosong. Terdapat beberapa dekorasi untuk ruang makan yang dapat mempercantik meja makan yang mempunyai fungsi tertentu.

Vas bunga

Menata vas bunga di atas meja makan
Menata vas bunga di atas meja makan

Sesuai pembahasan sebelumnya, menggunakan tanaman di atas meja makan tak hanya mempercantik ruang makan namun juga mempunyai beragam manfaat lainnya.

Candlestick / tempat lilin

Lilin di atas meja makan
Lilin di atas meja makan

Tak hanya menjadi elemen dekoratif, pada momen tertentu Anda dapat menggunakan candlestick untuk suasana makan malam lebih romantis.

Taplak meja

Taplak meja untuk dekorasi meja makan
Taplak meja untuk dekorasi meja makan

Sekalipun bukan menjadi elemen wajib, taplak meja dapat membuat meja makan terlihat semakin elegan. Tak hanya itu, taplak meja juga bisa menjaga permukaan meja dari makanan yang kemungkinan panas.

Beberapa meja mempunyai bahan yang tentunya mempunyai perlindungan ekstra, nah taplak meja adalah salah satu solusinya. Jangan lupa untuk memastikan agar taplak meja sesuai dengan dekorasi ruang makan lainnya. (tukon) Editted 04/08/2022 by UN.

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.