Skip to content

Dekorasi Ruang Tamu

Ruang tamu seolah menjadi muka atau tampilan pertama ketika orang memasuki rumah. Guna mendapatkan kesan yang mempunyai aura positif, dekorasi ruang tamu harus dibuat sedemikian rupa supaya siapa saja yang memasukinya merasakan kenyamanan.

Lalu seperti apa ya cara untuk dekorasi di ruang tamu yang berukuran mungil? Berikut kami akan membahas tentang dekorasi untuk ruang tamu minimalis agar tampak luas.

Dekorasi untuk ruang tamu minimalis dapat diaplikasikan pada ruang tamu dengan ukuran kecil agar tetap nyaman. Nah berikut beberapa tips dalam membuat dekorasi untuk ruang tamu kecil agar tampak luas:

Tips Membuat Dekorasi Untuk Ruang Tamu Minimalis Tampak Luas

Dekorasi rumah kadang dibutuhkan pada ruangan tertentu. Mendekorasi ruang tamu saja misalnya. Nah, apakah Anda Ingin memiliki suasana luas pada dekorasi ruang tamu minimalis? Ikuti terus pembahasan selengkapnya berikut ini!

Menggunakan Furnitur Multifungsi

furnitur multifungsi pada dekorasi ruang tamu
furnitur multifungsi pada dekorasi ruang tamu

Menggunakan furnitur multifungsi pada ruang tamu berukuran kecil adalah trik terbaik yang dapat Anda lakukan. Sesuai namanya, furnitur multifungsi merupakan perabot rumah tangga yang dapat memiliki dua ataupun lebih fungsi berbeda.

Contoh penggunaan furnitur multifungsi antara lain dengan meletakkan rak yang juga dapat dijadikan sebagai sekat ruangan, khususnya pembatas antara ruang tamu dan ruang keluarga. Penggunaan coffee table yang juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan di bawahnya pun dapat dilakukan.

Penggunaan furnitur multifungsi pada dekorasi untuk ruang tamu minimalis bisa membuat Anda menghemat space yang tersedia. Ruang tamu tampak tak sumpek sekalipun ukurannya memang mungil.

Mengingat desain ruang tamu minimalis yang kecil, pastikan Anda memilih perabotan yang memiliki ukuran sesuai. Jangan memaksakan penggunaan perabotan dengan ukuran besar yang bisa membuat ruangan tampak semakin sempit.

Untuk dekorasi ruang tamu minimalis, pilih furnitur berukuran kecil supaya bisa disesuaikan dalam ruangan. Hindari pula penggunaan perabot yang tak terlalu penting fungsinya, guna menghemat space yang tersedia.

Menggunakan Sofa dengan Ukuran Sesuai

sofa untuk dekorasi ruang tamu
sofa untuk dekorasi ruang tamu

Salah satu spot utama ruang tamu adalah sofa. Hal yang harus dilakukan adalah menyesuaikan ukuran sofa dengan luas ruangan. Nantinya hal ini bisa membuat space yang tersedia pada ruangan menjadi lebih besar.

Bila ruang tamu tak terlalu besar, hindari penggunaan sofa berbentuk letter L sebab cukup menghabiskan banyak ruang.

Pilih sofa sederhana dengan warna sesuai. Hal ini dilakukan agar dekorasi untuk ruang tamu minimalis lebih proporsional. Meletakkan meja dan stand lamp berbentuk ringan bisa menghadirkan kesan lapang dan luas di ruang tamu.

Sofa merupakan bagian penting dari ruang tamu. Memang ada pula ruang tamu yang didesain tanpa menggunakan sofa, dengan duduk secara natural di lantai pada ruang tamu. Namun untuk pencinta desain interior, sofa adalah dekorasi ruang tamu yang wajib.

Cat Tembok Berwarna Cerah

warna cat tembok cerah untuk dekorasi ruang tamu
warna cat tembok cerah untuk dekorasi ruang tamu

Tips untuk memberikan kesan di ruang tamu adalah penggunaan warna cerah pada dinding. Tembok dengan warna cerah seperti putih, krem, kuning muda, abu-abu muda maupun warna pastel bisa menghadirkan kesan lapang dan bersih di ruang tamu.

Warna-warna cerah ini juga nantinya lebih mudah dikombinasikan dengan warna furnitur yang ada di sekitarnya. Berbagai kombinasi warna antara furnitur dan dinding membuat suasana pada ruangan tak membosankan sehingga tamu yang datang merasa lebih nyaman. Kombinasi warna cat rumah yang tetap akan menghasilkan suasanya berbeda di ruang tamu.

Ruang tamu berukuran kecil sebaiknya menggunakan cat berwarna terang. Gunakan cat berwarna putih atau krem untuk menghadirkan kesan ruangan yang luas.

Hindari penggunaan warna-warna gelap sebab nantinya membuat ruang tamu terlihat semakin sempit serta pengap. Untuk dekorasi ruang tamu minimalis penggunaan warna-warna terang juga dapat dikombinasikan, asal tak terlalu banyak supaya tak terkesan ramai.

Dekorasi Dinding Ruang Tamu Secara Maksimal

dekorasi dinding ruang tamu
dekorasi dinding ruang tamu

Bagian lainnya yang penting di ruang tamu adalah bagian dinding. Dekorasi untuk dinding ruang tamu dapat menjadi spot yang menarik untuk tamu yang datang. Sekalipun ruangan relatif kecil, namun tetap bisa dimaksimalkan dengan dekorasi di dinding ruang tamu.

Ada beragam pilihan dekorasi dinding ruang tamu untuk suasana lebih hidup. Pertama dengan memanfaatkannya sebagai tempat penyimpanan. Gunakan rak ambalan, atau kotak berkaca untuk menyimpan barang seperti foto dengan bingkai, pajangan, buku, dan lain-lain.

Kedua dengan memanfaatkan dinding sebagai identitas pemilik rumah dengan memasang beragam jenis bingkai yang berisi foto-foto. Pilih bingkai yang memiliki desain frame simple untuk dekorasi ruang tamu. Anda pun bisa memasang lukisan ataupun karya seni lainnya.

Ketiga dengan meletakkan cermin memanjang pada dinding di belakang sofa. Hal ini tentunya bisa membuat ruang tamu memiliki kesan yang lebih luas.

Tanaman Hijau Sebagai Dekorasi untuk Ruang Tamu Kecil

tanaman hijau untuk dekorasi ruang tamu kecil
tanaman hijau untuk dekorasi ruang tamu kecil

Suasana ruang tamu akan lebih hidup bila dilengkapi dengan tanaman hijau, baik tanaman asli maupun tanaman artificial. Nilai plus tanaman asli adalah menjaga kualitas suhu di dalam ruangan, sementara tanaman artificial tak memerlukan perawatan.

Letakkan pot tanaman di sudut ruangan, meja tengah ataupun meja samping. Kesan asri dan sejuk di ruang tamu seketika akan terlihat. Pilih warna natural guna meningkatkan tampilan nyaman di ruang tamu.

Karpet dan Meja untuk Ruangan yang Semakin Nyaman

karpet untuk dekorasi ruang tamu
karpet untuk dekorasi ruang tamu

Dekorasi ruang tamu minimalis semakin tertolong dengan keberadaan karpet. Ruangan berukuran mungil tampak hangat dengan adanya karpet. Tamu yang memasuki ruangan juga merasa lebih nyaman.

Karpet tak hanya tentang fungsinya menjadi alas namun juga memiliki nilai estetika. Gelar karpet di bawah meja dengan memastikan ukurannya lebih luas dari meja itu sendiri. Pilihlah jenis, pola, tekstur, warna karpet yang sesuai.

Pilih warna-warna sederhana untuk karpet. Pemilihan warna yang tepat bisa menghindari ruangan dari kesan sumpek dan sesak.

Hal utama lainnya di ruang tamu adalah meja. Umumnya meja sudah sepaket dengan sofa yang dibeli. Mengenai meja sudut untuk tempat hiasan, Anda bisa memilih warna-warna turunan dari sofa.

Memberi Cukup Pencahayaan

penataan cahaya pada dekorasi ruang tamu
penataan cahaya pada dekorasi ruang tamu

Secara umum, ruang tamu nantinya terasa semakin nyaman saat memperoleh pencahayaan yang cukup dan terang. Bila sekarang ini dekorasi ruang tamu terasa cukup muram, tak ada salahnya Anda menambah satu atau dua lampu, dimana akan sangat terasa perbedaannya.

Pilihlah model lampu yang cocok dengan warna cat dan furnitur yang ada di ruang tamu Anda. pertimbangkan untuk mencampurkan jenis lampu, fungsi dan ambient antara satu lampu dan lampu yang lainnya.

Tak perlu ragu untuk mencampur lampu dinding, lampu sorot, lampu duduk, dan lampu meja agar pencahayaan pada ruang tamu menjadi lebih menarik dan elegan.

Membuat Poin Perhatian

Membuat poin perhatian pada dekorasi ruang tamu
Membuat poin perhatian pada dekorasi ruang tamu

Poin perhatian menjadi hal yang penting sebab akan menjadi pusat perhatian saat ada orang yang memasuki bagian dalam rumah. Tentukan poin perhatian antara lemari, lukisan atau justru televisi.
Bila televisi dijadikan sebagai poin perhatian maka sebaiknya tambahkan detail menarik pada bagian bawah lemari TV.

Kemudian bila ada halaman yang terawat indah, tak ada salahnya membuat dekorasi ruang tamu berupa jendela rumah minimalis yang besar untuk menikmati pemandangan taman. (tukon) Editted 03/08/2022 UN

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.