Desain Dapur Minimalis Model Letter ‘L’

Dapur adalah salah satu bagian dalam rumah yang keberadaannya sangat penting untuk diperhatikan. Bukan saja karena fungsinya yang cukup elementer, namun juga ruanagn ini tidak bisa lepas dari sebuah hunian.

Oleh karenanya dalam membuat desain dapur minimalis harus mempertimbangkan banyak hal termasuk kenyamanan dan tata letaknya yang pas.

Kenapa penting mengedepankan desain dapur yang sesuai dengan konsep rumah? Tidak lain adalah agar tercipta keserasian dalam desain interior yang ada di sebuah hunian.

Jika Anda bisa memadupadankan desain dapur dengan ruangan lainnya maka akan tercipta sebuah hunian yang terbilang bagus.

Pentingnya Desain Dapur di Sebuah Hunian

Desain dapur minimalis yang nyaman dan indah menjadi keinginan setiap keluarga.

Keberadaan dapur tidak lagi sekedar sebagai tempat memasak, menyimpan makanan tempat makan, namun juga sebagai tempat untuk menilai seperti apa penghuni rumah di dalamnya.

Dapur yang kotor dan berantakan pastilah mencerminkan penghuni rumah yang tidak suka kebersihan. Namun, jika dapur Anda bersih dan tertata rapi, berarti Anda termasuk orang yang peduli akan kesehatan dan cinta higienitas.

Pada desain rumah minimalis biasanya memiliki desain dapur sederhana dan memiliki lahan yang tidak terlalu luas.

Desain dapur akhir-akhir ini memang tidak hanya mengedepankan faktor fungsionalnya saja, namun juga mengupayakan dari sisi memaksimalakan pemanfaatan lahan yang ada.

Aktifitas memasak dan makan di dalamnya tentunya akan semakin nyaman dan menyenangkan jika dilakukan di area yang cukup luas.

Berbagai Bentuk Desain Dapur Minimalis Sederhana

Tahukah Anda, pada dasarnya dapur memiliki bentuk yang berbeda-beda, masing-masing memiliki penggemar yang berbeda. Ada sekitar empat macam bentuk desain dapur sederhana yang ada di sekitar Anda:

  1. Single line kitchen
  2. Double line kitchen
  3. Letter L kitchen
  4. Island kitchen atau dapur meja tengah

Dari keempat bentuk desain dapur di atas, desain dapur letter ’L’ merupakan desain dapur yang paling favorit.

Ide Dapur Minimalis dengan Model Huruf L

desain dapur minimalis model L
desain dapur minimalis model L
dapur minimalis bentuk L
dapur minimalis bentuk L kombinasi warna hijau, walapun sederhana namun kental dengan kesan mewah
model dapur L
model dapur L ini cocok untuk yang menyukai suasana teduh di area dapur
desain dapur minimalis bentuk huruf L
desain dapur minimalis bentuk huruf L ini terkesan mewah dan modern. Anda bisa mengadopsi model ini agar ruang dapur Anda lebih mewah
desain dapur minimalis
contoh desain dapur minimalis letter L – narmadi.com/properti
desain dapur minimalis
dapur letter L – narmadi.com/properti

Hal ini dikarenakan bentuknya yang pas untuk aplikasikan pada dapur berukuran besar maupun dapur yang memiliki ukuran kecil dengan space terbatas.

Bentuknya yang menyiku juga lebih memudahkan gerak Anda ketika beraktifitas di dalamnya.

Memaksimalkan desain dapur model ‘L’

Dapur berbentuk ‘L’ akan banyak Anda jumpai pada rumah bergaya minimalis. Penggunaannya akan menjadikan ruang tersebut terkesan lebih luas jika Anda bisa menatanya.

Sebagai gambaran penataan interior dapur agar terkesan lebih luas berikut kami sajikan cara praktisnya untuk Anda.

Meja makan dan area memasak

Ruangan yang terbatas pada dapur rumah minimalis bisa Anda siasati dengan menggabungkan meja makan dan area memasak.

Pilihlah meja makan yang memiliki satu kaki agar lebih menghemat tempat. Single chair berwarna polos juga bisa Anda pasangkan dengan meja makan agar terkesan menawan meskipun sederhana.

Kabinet

Pemilihan kabinet yang tepat juga akan mengesankan luas pada ruangan sekaligus dapat memperindah desain dapur minimalis Anda. Kabinet gantung dan kabinet di bawah wastafel bisa menjadi pilihan.

Kabinet berpintu kaca bisa Anda letakan disisi kiri atas sebagai tempat alat makan yang jarang dipakai. Untuk menyimpan makanan bisa Anda letakkan pada kabinet yang berukuran besar di bagian tengah.

Sedangkan kabinet di sisi kiri yang menggantung di atas wastafel bisa Anda gunakan sebagai tempat menyimpan peralatan makan setelah dicuci.

Area bawah wastafel yang biasanya sempit bisa Anda manfaatkan sebagai tempat menyimpan sendok dan garpu. Gunakanlah bahan seperti marmer sebagai material top table agar desain dapur minimalis terkesan elegan.

Kesan dramatis juga bisa Anda munculkan dengan penggunaan lampu sorot yang berbeda warna pada area kabinet dan di atas kompor.

Bagi Anda yang memiliki anak kecil ada satu tips yang bisa dicoba agar desain dapur minimalis tidak hanya nyaman namun juga aman bagi si kecil.

Anda bisa meletakan microwave atau peralatan elektronik untuk memasak lainnya di area yang tinggi agar tidak terjangkau oleh anak-anak, sehingga bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Salam (am). editor: RN27122019, 18/02/2024 UN

Arif N

Menulis seputar hunian sejak tanggal 25 Mei 2016. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape. Topik yang disukai adalah topik yang mengedepankan kenyamanan di sekitar rumah tinggal. Topik tulisannya seputar

Tinggalkan komentar