Skip to content

Ide Desain Pembatas Ruangan dari Kayu

Tidak sedikit orang yang hobi membuat sekat-sekat ruangan dalam rumah dari material kayu. Diakui bahwa ide desain pembatas ruangan dari kayu ini punya kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki material lain.

Salah satu keuntungan jika menerapkan ide desain pembatas ruangan dari kayu ini adalah kesan naturalnya yang akan tervisualisasi dengan baik.

Apalagi pembatas atau partisi kayu ini biasanya tersedia dalam berbagai bentuk, motif, dan warna. Tidak hanya itu, fungsi kehadiran pembatas ini juga lebih dari sekedar pemisah saja.

Misalnya, partisi berupa rak berisi pot-pot tanaman. Ide seperti ini tidak hanya dapat fungsi pembagi ruang saja, tapi juga bisa diandalkan menjadi hiasan yang enak dipandang dan anti mainstream.

Dari sinilah mungkinalasan kuat kenapa banyak orang menjatuhkan pilihan pada material dasar kayu sebagai pembatas ruangan.

Sebelum masuk ke ide seperti apa saja yang bisa dipilih, mari kita intip dulu kelebihan dan kekurangan material kayu sebagai pematas ruangan.

Kelebihan dan Kekurangan Kayu sebagai Material Partisi Ruangan

desain pembatas ruangan dari kayu
tipsmake.com

Sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda menjatuhkan pilihan pada desain pembatas ruangan dari kayu, ini dia kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan:

– Karena material kayu sifatnya mudah dibentuk maka wajar jika ada banyak pilihan motif

Kita tahu bahwa kayu memiliki tekstur dan karakter yang mudah dibentuk dan diubah menjadi berbagai variasi motif.

Karena kelebihannya ini, maka banyak yang akhirnya mengubahnya menjadi furniture serbaguna termasuk partisi ruangan favorit.

– Partisi dari material kayu mudah didapat

Keunggulan lainnya dari material kayu dalam bentuk partisi ruangan adalah mudah dicari. Sebab, memang lebih banyak produsen membuat produk partisi dari bahan kayu.

Selain itu, karena material kayu sendiri sudah sangat umum dipakai sebagai bahan pembuat furniture jika hendak membuat sendiri[DIY] bisa mudah mendapatkannya.

– Material kayu punya ciri khas yang beda

Kayu menjadi salah satu material yang punya ciri khas yaitu sifatnya yang natural dan alami sehingga saat dipakai sebagai pemisah ruangan akan memberikan visual yang berbeda dari yang lain.

– Material kayu bisa menunjang estetika ruangan

Kelebihan lain yang dimiliki material kayu sebagai furniture pemisah ruangan adalah manfaat dari sisi estetika.

Ya, ruangan dengan material kayu sebagai pembatas ruangan akan membuat ruangan jadi makin indah dan elegan.

Pemisah yang biasanya tembok dari semen kini bisa ada pemandangan lain yang bisa dinikmati.

Kekurangan:

Meskipun punya kelebihan yang biasa pada material kayu ketika disulap menjadi produk partisi ruangan, namun tentu saja ada kekurangannya kan?

Diantara kekurangan desain pembatas ruangan dari kayu ialah:

– Memerlukan material kayu khusus

Ya, kebanyakan partisi ruangan dari bahan kayu merupakan material pilihan alias tidak sembarang kayu bisa dipakai untuk dibuat furniture khususnya pembatas ruangan.

Kenapa memerlukan material kayu khusus? Sebab tidak semua jenis kayu memliki motif dan karakter yang pas untuk dibuat sebagai partisi ruangan yang menarik.

Kayu-kayu dengan karakter yang kuat seperti jati, mahoni, dan sejenisnya adalah yang paling umum dipakai sebagai material pembatas ruangan. Kayu jenis lain mungkin bukan pilihan yang bagus sehingga jarang dipakai.

– Biaya beli relatif mahal

Lantaran dibuat dari kayu yang jenisnya khusus, maka wajar saja jika harga belinya relatif mahal. Apalagi biasanya para produsen khusus desain pembatas ruangan dari kayu mematok harga berdasarkan ukuran dan motif.

Jadi, karena harga ini jugalah tidak sedikit yang kemudian mengurungkan niat untuk membeli partisi ruangan dari kayu.

Ada juga yang kemudian memilih untuk membuatnya sendiri alias DIY karena menghindari patokan harga yang relatif mahal tadi.

– Harus pandai mencari ide kombinasi

Meskipun model partisi rumah dari bahan kayu terlihat estetis, bukan berarti akan bagus kalau dibiarkan begitu saja ya. Anda mesti membuat sebuah konsep kombinasi yang jelas dan tepat untuk partisi ruangan tadi.

Bisa dengan tambahan pot, pajangan action figure, dan sejenisnya.

Jika Anda pandai memadupadankan kombinasi yang pas antara partisi ruangan dengan elemen lain, maka bisa jadi hasilnya akan jauh lebih bagus.

Namun begitu, terkadang hal ini jadi semacam hal yang juga dihindari oleh sebagian orang karena merasa direpotkan memikirkan kombinasi yang pas.

Akhirnya beralih ke partisi dari material lain atau tidak menggunakan partisi sama sekalai meskipun sebetulnya sangat membutuhkan.

Lalu apa kira-kira solusi jika tidak ingin membayar biaya mahal dengan beli partisi siap pakai?
Anda bisa gunakan ide-ide di bawah ini untuk tetap mewujudkan desain pembatas ruangan dari kayu yang cantik dan elegan.

Ide Alternatif Desain Pembatas Ruangan dari Kayu [DIY]

Kalau Anda tidak keberatan dengan harga yang relatif mahal untuk membeli partisi ruangan siap pakai, Anda bisa gunkan ide-ide lain yang tak kalah bagus.

Berikut ini ide-ide lain desain pembatas ruangan dari kayu yang bisa Anda lakukan.

1. Gunakan rak pakaian

Ya, jika Anda tidak mau mengalokasikan budget tersendiri untuk membeli partisi ruangan dari kayu, Anda bisa manfaatkan furniture yang sudah ada.  Contohnya saja rak pakaian yang bisa dimanfaatkan sebagai pemisah ruangan.

Rak pakaian Anda mungkin ada di kamar tidur, ruang keluarga atau ruangan lainnya. Sehingga jika Anda ingin membuat partisi di ruangan-ruangan tersebut maka bisa dengan tinggal menggeser lemari pakaian membelah ruangan menjadi dua.

Anda bisa memanfaatkan space hasil pemisahan tadi untuk area shalat atau ruang belajar.

2. Geser rak buku

Tidak peduli Anda seorang kutu buku atau tidak, rak berisi jejeran buku-buku bacaan ide yang bagus sebagai pembatas ruangan.

Desain pembatas ruangan dari kayu pada wujud furniture rak buku akan mengesankan ide yang kreatif  dan cerdas.

Apalagi jika Anda memang seorang penyuka buku bacaan, Anda bisa menuangkan hobi membaca Anda di area khusus yang tidak mudah terlihat. Dengan begitu, momen membaca akan lebih khusu’ dan terhindar dari distraksi.

3. Partisi dari tirai geser dengan tiang dan poros kayu

Kalau tadi idenya adalah dengan menggeser barang-barang berat, sekarang lebih simpel, yaitu cukup dengan hanya memasang tirai.

Elemen kayu bisa didapat dari poros geser dan tiang kanan kiri tirainya. Atau bisa juga dengan memilih tirai dari bambu agar tetap bisa mendapatkan hasil desain pembatas ruangan yang natural.

Anda tidak perlu repot-repot menggeser benda-benda besar dan berat seperti lemari dan rak,  hanya dengan membuat konsep partisi tirai saja sudah cukup.

4. Rak tanaman pot

Ada alternatif lain yang juga keren untuk dipakai sebagai pembatas ruangan. Ide desain pembatas ruangan dari kayu yang satu ini datang dari sebuah rak tanaman dalam pot.

Ya, Anda bisa membuat rak khusus untuk meletakkan tanaman hias dalam pot dan menggunakannya sebagai partisi ruangan.

Hasilnya, tentu akan terliht manis dan cantik bukan?

5. Bisa pilih partisi lipat dari kayu atau triplek

desain pembatas ruangan dari kayu

Sekarang ini banyak konsep model partisi yang bisa dipilih untuk menjadi pembatas/pemisah ruangan. Salah satu yang bagus adalah model partisi lipat karena terlihat simpel dan tidak banyak memakan tempat.

Soal hasilnya akan tetap bagus kok. Apalagi karena modelnya lipat jadi bisa sekaligus jadi partisi ruangan portable yang bisa digeser-geser kapanpun Anda inginkan.

6. Hiasan gantung dari kayu

Ingin ada ide lain desain pembatas ruangan dari kayu? Anda bisa membuat hiasan gantung dari bahan kayu.

Ada banyak ide kratif dari kayu yang bisa dibuat menjadi sebuah hiasan gantung. Bahkan jika Anda bisa, membuat action figure dari kayu juga bagus.

Penempatannya bisa digantung agar lebih estetis. Jadi pajangan sekaligus ide desain pembatas ruangan dari kayu yang kreatif dan bagus bukan?

7. Geser-geser furniture yang memang perlu

Anda tidak selalu harus apa-apa beli ke toko furniture jika memang ada alternatif lain yang lebih murah dan praktis.

Untuk partisi ruangan, Anda masih bisa memanfaatkan ide ini. Geser furniture-furniture selain rak dan lemari seperti meja kabinet, gunakan sebagai partisi ruangan alternatif.

Dengan cara seperti ini maka Anda bisa hemat anggaran tapi tetap dapat fungsi pembatas yang diinginkan.

Kesimpulan:

Manfaat menggunakan partisi ruangan dari material kayu seringkali lebih dari sekadar nilai fungsionalnya saja. 

Lebih dari itu, fungsinya sebagai pemisah ruangannya Anda dapat, nilai estetikanya juga dapat.

Apalagi material desain pembatas ruangan dari kayu bisa didapat dalam berbagai macam jenis sekat.

Mau berukuran tinggi atau pendek, ramping atau tebal, ringan atau berat, partisi ruangan dari kayu selalu cocok untuk interior rumah modern. 

Idenya, mulai dari partisi biasa yang bisa dibeli di troko furniture, menambahkan rak khusus tanaman pot, hiasan gantung, sampai dengan hanya perlu menggeser furniture yang sudah ada saja.

Hasilnya, akan tetap sama dengan partisi ruangan biasa yang sudah siap pakai. Banyaknya ide desain pembatas ruangan dari kayu membuat Anda harusnya tidak perlu bingung jika ingin menjadikan sebuah ruangan menjadi beberapa petak. Oke itu dia tipsnya, semoga berhasil ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.