16 Inspirasi Desain Rumah Pinggir Sawah yang Kekinian dan Anti Mainstream!

Sawah yang identik dengan suasana alami dan asri jadi alternatif yang tidak kalah cocok dijadikan sebagai tempat tinggal. Anda bisa mengintip model desain rumah pinggir sawah yang sudah banyak diadopsi sebagian besar orang penyuka ketenangan.

Kita tahu bahwa pemandangan khas persawahan yang berwarna hijau hingga kekuningan adalah tempat terbaik untuk memanjakan mata.

Bagi Anda yang ingin membangun rumah atau villa di dekat sawah, ada baiknya Anda melihat beberapa rekomendasi desain rumah pinggir sawah ini.  

Beberapa desain rumah pinggir sawah berikut ini juga bisa dijadikan referensi untuk Anda yang ingin tinggal di pedesaan.  Simak artikel lengkapnya dibawah ini ya.

Inilah Inspirasi Desain Rumah Pinggir Sawah yang Anti Mainstream

Ada beberapa model desain rumah pinggir sawah yang bisa Anda jadikan inspirasi, berikut diantaranya:

Desain Rumah Dua Lantai Bergaya Minimalis

desain rumah pinggir sawah

Lingkungan persawahan biasanya berada di pedesaan atau di pinggiran kota. Desain minimalis dua lantai yang dimodifikasi dengan jendela dan pintu kaca adalah salah satu desain yang pas dan Anda butuhkan.

Secara umum, daerah pedesaan masih relatif aman dari pencuri, akan tetapi Anda harus tetap mencari info, apakah lokasi bangunan aman dari pencurian atau tidak.

Desain Unik Menggunakan Atap sebagai Dinding

Desain rumah pinggir sawah ini bisa membuat Anda menghemat biaya pembangunan karena dinding rumah berfungsi ganda.

Fungsi gandanya adalah sebagai atap rumah dan dinding rumah sekaligus. Rumah dapat dibangun di dua lantai untuk lebih banyak ruang.

Jenis desain ini cocok untuk Anda yang masih single atau pasangan muda dengan hanya satu atau dua anak.

Rasanya seperti menginap di villa terus jika Anda memiliki rumah desain ini, bahkan suasana sehari-hari juga seperti sedang berlibur. Wah, menarik sekali ya?

Desain Rumah Dengan Dinding Beton

Beton juga bisa digunakan sebagai material dinding rumah lho. Dinding beton tidak hanya memiliki tampilan yang unik, namun tentunya awet dan cukup tahan terhadap berbagai cuaca.

Selain bahan dinding, beton juga bisa digunakan untuk dekorasi ruangan, misalnya untuk meja dapur, wastafel, dan lain-lain. 

Desain Rumah Kayu

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk dinding rumah adalah kayu. Umumnya rumah-rumah di pedesaan menggunakan kayu sebagai bahan konstruksi dan dekorasi rumah.

Anda juga bisa menggunakannya sebagai material dinding rumah untuk mendapatkan desain rumah yang unik dan bernuansa alami di pinggir sawah. 

Desain Rumah ala Resort

Resort atau penginapan juga bisa menjadi inspirasi untuk Anda yang sedang mencari desain rumah pinggir sawah lho. Anda bisa memanfaatkan suasana persawahan dan pepohonan di sekitar rumah untuk mendapatkan kesejukan di dalam bangunan.

Membangun rumah dengan lantai kayu juga bisa dipilih untuk menciptakan suasana penginapan di pedesaan yang alami. Wah, rasanya seperti liburan setiap hari! 

Desain Rumah Pinggir Sawah dengan Rooftop

Rooftop merupakan istilah yang digunakan untuk area datar di bagian atas bangunan. Menghadirkan rooftop di dekat sawah juga bisa menjadi pilihan bagi Anda.

Pasalnya, sawah tersebut memiliki pemandangan alam yang indah yang bisa dinikmati dari atas rooftop. Bila memungkinkan, Anda juga bisa membangun kolam renang minimalis di samping rooftop lho.

Desain Minimalis Modern dengan Kolam Renang

Salah satu contoh desain rumah minimalis pinggir sawah dengan konsep modern adalah adanya kolam renang. Menambahkan kolam renang adalah pilihan yang sangat benar dan tepat.

desain rumah pinggir sawah

Bayangkan setiap kali Anda berenang, secercah hijau udara sejuk terbuka ada di depan Anda. Dengan begitu, berenang pun menjadi lebih menyenangkan bukan ?

Desain Klasik dengan Pagar Kayu Serta Warna Lembut

Anda yang menyukai warna-warna pastel dapat menerapkannya pada desain rumah pinggir sawah yang selanjutnya ini. Kesan lembut berpadu dengan material kayu yang ada akan membangkitkan kenangan lama.

Suasana seperti ini cocok bagi Anda yang menghargai sejarah dan menganggapnya sangat penting.

Desain Teras Langsung Menghadap Sawah

Anda bisa membuat teras langsung ke sawah. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan meja dan kursi untuk bersantai di teras.

Sepertinya sangat menyenangkan ya makan siang ditemani view yang hijau dan tenang seperti ini. Bisa –bisa Anda makan dengan lahap dan nambah terus lho!

Desain Rumah Joglo Modern

Desain rumah joglo bisa juga diterapkan pada desain rumah di pinggir sawah lho. Desain ini akan terlihat pas dan serasi dengan sawah. 

Untuk nuansa modern, Anda bisa menambahkan beberapa komponen kaca. Anda juga bisa mengganti sebagian dinding dengan kaca agar lebih menarik dan lebih luas. 

Desain Rumah Dekat Sawah Industrial

Rumah dengan desain industrial sering digunakan pada bangunan komersial di area perkotaan. Berbanding terbalik, di pedesaan masih sangat sedikit kawasan pemukiman yang menggunakan desain industrial ini.

Namun, jika Anda menyukai gaya desain ini, tidak ada salahnya untuk memasukkannya ke dalam desain rumah Anda. Rumah di dekat sawah dengan desain industrial akan memberikan kesan yang unik. 

Rumah Semi Panggung

Menggunakan penyangga di bagian bawah, desain rumah di pinggir sawah seperti ini bisa jadi pilihan untuk Anda.

Karena letaknya yang lebih tinggi, membuat penghuni rumah lebih aman dari binatang buas atau serangga di area tersebut. 

Baca juga: 16 Contoh Desain Rumah Minimalis Terbuka

Desain Rumah ala Villa

Bagi Anda yang menyukai gaya desain tradisional, Anda bisa membuat rumah di dekat sawah dengan konsep villa. Desainnya yang sederhana mampu menciptakan suasana pedesaan yang hangat dan nyaman.

Cara membuatnya cukup sederhana. Anda bisa  meniru desain villa yang biasanya ada di pedesaan. Villa di pinggir sawah juga bisa menjadi daya tarik tersendiri karena udaranya yang sejuk dan pemandangannya yang indah. 

Desain Rumah Kayu dengan Carport

Desain rumah pinggir sawah berikutnya adalah rumah kayu dengan carport. Rumah jenis ini memiliki carport atau garasi untuk memarkir kendaraan. Desain rumah ini juga menimbulkan kesan klasik dan tenang.

Bagi Anda yang suka dekat dengan alam,  menerapkan desain rumah di pinggir sawah seperti ini merupakan langkah yang tepat. 

Tropical Garden Rumah Sawah

Rumah tropical garden dirancang dengan mengutamakan tampilan alami dengan banyak tanaman dan pepohonan hijau, atau setidaknya cukup banyak.

Jika Anda memiliki lahan di area sawah, inspirasi mendesain rumah di pinggir sawah seperti ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dicoba. 

Desain Rumah Mewah Beratap Datar Serta Berpagar Beton

Tidak hanya rumah sederhana dan klasik saja yang cocok untuk area persawahan. Rumah mewah beratap datar dan memiliki pagar beton pun cocok karena dapat memberikan tampilan rumah yang mahal. 

Demikian beberapa contoh desain rumah pinggir sawah yang unik dan anti mainstream yang bisa dijadikan referensi untuk Anda. Desain rumah pinggir sawah tersebut sangat cocok bagi Anda yang menginginkan suasana sejuk dan teduh saat menghabiskan waktu di rumah.

Namun, ada beberapa elemen yang perlu Anda perhatikan saat membangun rumah sesuai dengan konsep yang Anda inginkan. Pastikan untuk selalu menggunakan material bangunan terbaik untuk bangunan Anda!  Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website