Ide Desain Tangga Hemat Ruang Terbaik untuk Rumah Minimalis

Adalah sebuah fakta bahwa rumah minimalis selalu identik dengan konsep perencanaan dan penataan interiornya yang efektif dan efisien.

Hal ini berlaku juga pada rumah model bertingkat yang salah satunya mesti mempertimbangkan konsep desain tangga hemat ruang.

Mengusung desain tangga hemat ruang ini bisa jadi semacam solusi terbaik untuk mengatasi sempitnya ruangan, mengefektifkan space, namun tetap mempertahankan nilai estetikanya.

Apalagi biasanya untuk membuat tangga sendiri perlu space yang tidak sedikit alias memakan tempat jika tidak dibuat seefisien mungkin.

Artikel kali ini akan membahas mengenai model desain tangga hemat ruang yang bisa Anda jadikan referensi untuk di terapkan di rumah minimalis Anda. Pastikan nanti untuk mempertimbangkan plus minus masing-masing lalu memilih salah satu yang terbaik diantaranya.

Di bagian akhir, kami akan coba lengkapi dengan tips-tips terbaik memanfaatkan space kosong di bawah tangga untuk hal-hal yang bermanfaat.

6 Konsep Terbaik Desain Tangga Hemat Ruang

Sudah pasti ya bahwa rumah tingkat selalu memerlukan tangga untuk mobilitas naik turun lantai atas-bawah atau sebaliknya.

Soal penempatan tangga, kalau pada rumah berukuran besar mungkin tidak akan jadi masalah karena tidak akan terbatasi oleh sempitnya ruangan yang kadang bagi pemilik rumah minimalis bikin dilema.

Namun bagaimana jika rumah tingkatnya berbentuk minimalis alias kecil, maka tentu harus ada ide khusus seperti mengusung desain tangga rumah minimalis yang hemat ruang suaya tidak banyak makan tempat.

Nah, model-model tangga seperti di bawah ini bisa nih jadi ide terbaik desain tangga hemat ruang versi rumah Anda.

Soal kreativitas, Anda bisa menambahkan berbagai ide tambahan lalu memadupadankankannya. Pilih yang paling cocok tanpa mengurangi kesan utama tangga sebagai pusat perhatian pada sebuah rumah bertingkat.

Oke, seperti apa saja konsep desain tangga hemat ruang yang dimaksud?

1. Tangga Spiral

desain tangga hemat ruang

Yap, tangga spiral merupakan salah satu desain tangga hemat ruang yang bisa dipilih dan diandalkan untuk untuk mengatasi kemungkinan sempitnya ruangan.

Konsep tangga spiral ini sudah lama diterapkan pada hunian minimalis bertingkat karena daya tarik fungsional dan estetikanya yang tinggi.

Pada model tangga spiral, karena bentuknya yang melengkung menyerupai per membuatnya nampak unik dan berbeda dari model tangga yang lain.

Tangga spiral sering juga disebut sebagai tangga putar karena bentuknya yang memutar ke atas. Material yang umum dipakai untuk membuat tangga spiral ini adalah stainless steel. Sementara untuk anak tangganya biasanya menggunakan material dari kayu atau lainnya.

Selain dari sisi fungsional yang bisa didapat dengan baik dari tangga ini, keunggulan estetikanya juga bisa diandalkan.

Bentuk spiralnya mengesankan model tangga yang anti mainstream sehingga layak untuk diusung pada rumah minimalis Anda.

2. Tangga Berbentuk ā€œUā€

Salah satu model lain yang juga tak kalah cocok dari yang lain untuk rumah minimalis adalah tanggal bentuk U.

Tangga model ini tidak memerlukan banyak ruang/space untuk pembuatannya. Dari sisi estetika juga tetap bagus karena membentuk huruf U dengan bordes yang bisa dimanfaatkan.

Tampilannya akan makin indah jika mampu memberikan handrailing yang pas dan sesuai dengan material utama anak tangga.

Selain itu, ada banyak pilihan model sehingga tidak perlu takut kekurangan referensi desain yang akan Anda usung.

Tangga model U sangat cocok untuk menghubungkan dua ruangan bawah dan atas. Dua ruangan yang terhubung bisa seperti ruang tamu dengan kamar tidur atau ruang keluarga.

Dipakai untuk menghubungkan antar ruangan yang memiliki mobilitas yang tinggi, tangga model U selalu cocok dipakai.

3. Tangga terbuka model tangga pesawat

Satu lagi desain tangga hemat ruang yang terbilang unik yaitu tangga model tangga pesawat terbang.

Tangga mono  model tangga pesawat ini juga sudah cukup populer karena memang biasa dipakai di rumah-rumah minimalis bertingkat gaya modern saat ini.

Selain itu, biasanya pada rumah-rumah minimalis kayu juga sering dipakai tangga model begini.

Cara mendesain tangga model pesawat ini juga cukup mudah. Yaitu dengan tinggal membentuk undakan seperti halnya tangga biasa, kemudian di sisi-sisinya dibuat handrailing.

4. Tangga gantung

Ide desain tangga hemat ruang selanjutnya adalah model gantung. Jadi ketika dipasangi dengan tangga model gantung maka rumah Anda akan trlihat estetis namun tetap fungsional sebagai sebuah tangga.

Tangga gantung juga memiliki model yang beragam. Tidak ada penyangga untuk model tangga gantung ini. Itulah kenapa tangga ini begitu estetis jika diadopsi dan dipasang di dalam rumah.

5. Tangga zig-zag

desain tangga hemat ruang
Pinterest

Tangga model zig zag juga tak kalah unik karena mampu menghasilkan tampilan yang bagus dan penuh ide futuristik.

Model zig zag ini selain menjadikan ruangan nampak bagus juga mampu membuat ruangan sempit jadi terasa lebih luas.

Tangga zig zag menjadikan ruangan yang tadinya sempit jadi terasa luas karena konsepnya dibuat zig zag. Selain itu, saat menaiki tangga, setiap orang bisa dengan mudah beristirahat di bordes sehingga tidak terlalu menanjak.

6. Tangga Snake

Disebut dengan tangga snake karena bentuknya menyerupai bentuk ular. Sudah jelas ya bahwa model seperti ini cukup estetis karena bentuk tampilannya yang unik.

Model ini bisa dipakai sebagai salah satu ide desain tangga hemat ruang di rumah Anda.

Tertarik untuk memilikinya?

Selanjutnya kita bahas soal bagaimana tips memanfaatkan area bawah tangga.

Anda bisa memanfaatkan area bawah tangga yang biasanya kosong untuk jadi media penyimpanan atau gudang. Bisa juga untuk sebuah kamar tidur jika memang merasa nyaman memiliki kamar tidur yang tersembunyi.

Ide-ide lainnya yaitu membuat sebuah konsep ruang khusus untuk belajar atau rak koleksi mainan. Dengan cara ini maka space tersebut bisa termanfaatkan dengan baik.

Baca juga: Kriteria Tangga Rumah yang Aman untuk Hunian Dua Lantai

Kesimpulan:

Bicara soal desain tangga, meskipun tidak ada aturan khusus tentang standar tinggi dan lebar tapak tangga, namun sebaiknya tetap dibuat sehemat mungkin untuk space yang ada.

Dengan mengusung konsep desain tangga hemat ruang ini Anda akan mendapat banyak keuntungan.

Salah satu yang paling krusial adalah tidak banyak space diperlukan untuk membuatnya.

Pada hakikatnya membuat tangga yang hemat ruang itu berdasarkan selera saja.

Anda bisa mengadopsi model tangga dengan konsep yang sederhana, namun untuk material pembuatannya bisa jadi akan membutuhkan lebih banyak anggaran.

Jadi agar semuanya berjalan sesuai keinginan, sebaiknya pertimbangkan berbagai hal tadi.

So, mau coba konsep desain tangga hemat ruang yang mana nih?

rofik n

Being Content Writer Since 2017. Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Februari 2018. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.