Skip to content

Desain Taman Hidroponik Sederhana di Rumah

Dunia tanam-tanaman memang menyenangkan, apalagi kalau bertema hidroponik. Anda bisa membuat sistem hidroponik sederhana untuk mengembangkan hobi agrikultur Anda hingga menghasilkan cuan.

Tidak sedikit yang lahirnya karena hobi jadi bisa beromset besar nan menguntungkan karena mengembangkan sistem pertanian hidroponik ini.

Hal ini membuktikan bahwa tanaman merupakan komoditi yang sangat bermanfaat dan bernilai untuk siapapun, dan sistem hidroponik adalah salah satu yang jadi terobosannya.

Taman hidroponik di area rumah yang berisi tanaman hijau sering disebut dengan greenhouse.

Para pecinta tanaman sudah selayaknya untuk memiliki taman hidroponik berkonsep green house karena akan sangat membantu perkembangannya.

Hadirnya konsep greenhouse ini bertujuan untuk membantu pemeliharaan sebuah tanaman agar terhindar dari gangguan cuaca dan kondisi buruk lingkungan terhadap kesehatan tanaman.

Di Indonesia, konsep greenhouse juga banyak dikenal dengan sebutan rumah kaca lantaran dirancang khusus dengan material transparan seperti halnya kaca. Tujuan dibuat demikian ialah agar sinar matahari tetap bisa masuk menerpa tanaman walaupun tertutupi oleh atap.

Anda bisa menciptakan tanaman hidroponik di rumah Anda menjadi berkonsep green house ya.

Syarat untuk membuatnya hanya menyediakan lahan dan sedikit biaya di awal pembuatan. Konsep green house ini jelas sangat bermanfaat untuk melindungi banyak tanaman hidroponik Anda agar tumbuh subur.

Untuk konsepnya, Anda bisa intip ide-ide berikut ini.

10 Ide Desain Taman Hidroponik Sederhana dari Material yang Mudah Didapat

Jika Anda tertarik untuk membangun taman hidroponik gaya green house di rumah sendiri, yuk simak 10 ide desain taman hidroponik sederhana ini.

Taman Hidroponik Sederhana dari Bambu

Ide desain taman hidroponik sederhana pertama dari kami terbuat dari bahan bambu. Desain taman hidroponik sederhana dari bambu jelas lebih murah dari sisi biaya pembuatan.

Cukup dengan menyediakan beberapa bilah bambu dan plastik bening yang cukup tebal lalu menyusunnya sesuai konsep yang diinginkan maka sudah bisa dipakai.

Karena konsepnya sederhana, membuat taman dari bambu tidak perlu dibuat besar-besar. Apalagi jika terbatas oleh area yang sempit, maka area taman kecil saja sudah cukup.

Taman Hidroponik Mungil yang Nempel Tembok

Ide desain taman hidroponik sederhana kedua yang dapat Anda terapkan di rumah adalah dengan konsep menempel pada dinding rumah.

Konsep ini akan sangat menolong jika lahannya terbatas.

Bahkan, Anda bisa mendukung konsep dasarnya dengan menggabungkan akses ke pintu belakang rumah.

Taman Hidroponik dari Paralon Plastik Rakitan

hidroponik sederhana

Desain taman hidroponik selanjutnya ini cukup sederhana karena terbilang sangat mudah untuk diterapkan di area rumah.

Pertama, Anda bisa mengumpulkan material paralon dari toko-toko material sekaligus dengan plastik penutupnya.

Anda bisa merakit lahan hidroponik sendiri di rumah dengan konsep tunnel. Dengan material yang murah pun Anda bisa membuat tanaman di rumah menjadi berkonsep hidroponik sederhana, bukan?

Taman Hidroponik dari Botol Bekas

Ide desain taman hidroponik sederhana yang satu ini mungkin akan terlihat unik namun sebenarnya biasa. Botol bekas bisa ditempel dan disusun dengan rapi.

Lalu, untuk kerangkanya dapat menggunakan kayu bekas di rumah atau kayu yang murah saja. Cara ini sangat tepat untuk menghemat biaya dan sekaligus mendaur ulang plastik yang tidak terpakai.

Taman Hidroponik dari Kayu

Selain dari material paralon dan bambu, Anda juga dapat menggunakan kayu sebagai bahan kerangka taman hidroponik sederhana Anda.

Bentuk dari taman ini konsepnya seperti rumah yang mungil. Dengan lapisan plastik yang menutupi kerangka kayu akan melindungi tanaman dari gangguan luar terhadap tanaman.

Desain Taman Hoop

Bagi anda yang tidak memiliki cukup lahan untuk membuat taman hidroponik yang besar, tidak perlu khawatir. Anda dapat mencoba desain hoop yang berfungsi untuk budidaya tanaman dalam skala kecil.

Dengan konsep ini Anda akan lebih menghemat biaya dan fleksibel dalam menentukan ukuran taman. Hasilnya bisa sangat luar biasa jika Anda paham bagaimana memanfaatkan setiap celah kebutuhan taman.

Desain Taman Shade House

Desain yang satu ini mungkin terbilang lebih sederhana dibandingkan sebelumnya di atas. Dengan konsep semi terbuka, desain taman hidroponik gaya shade house merupakan salah satu konsep taman yang hanya menggunakan atap jaring, kain, dan beberapa bilah kayu.

Tidak seperti desain taman lainnya, taman hidroponik gaya shade house tidak menggunakan dinding penutup, namun cukup dengan ada atap penutupnya saja.

Desain Taman A-frame

Jika ingin memiliki taman hidroponik dengan tampilan yang unik, maka desain yang satu ini bisa jadi adalah pilihan yang cocok. Desain A-frame akan membentuk pola segitiga seperti huruf A yang memiliki banyak ruang di dalamnya.

Dengan bentuknya yang menyerupai huruf A tentu akan menambah nilai estetika pada taman. Hanya saja kemungkinan besar desain ini akan membuat Anda merogoh kocek lebih dalam karena butuh effort besar cara membentuk polanya yang tidak mudah dan butuh lahan yang cukup luas.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Metode Hidroponik untuk Bercocok Tanam

Taman Hidroponik Piggyback

Mungkin desain taman yang satu ini adalah konsep yang cukup sering Anda lihat. Dengan bentuknya yang menyerupai ventilasi rumah transparan maka akan sekaligus berguna untuk menjaga sirkulasi udara.

Untuk membuat desain satu ini Anda membutuhkan lahan yang luas dan dibuat di daerah dengan terpaan angin yang banyak.

Taman Hidroponik Desain Gothic

Ide desain Taman hidroponik terakhir yang bisa Anda terapkan di rumah sendiri Anda ini ialah konsep gothic. Desain ini sangat mengesankan karena keunikan bangunannya yang menyerupai banguna ikonik kota Paris, Notre Dame.

Anda akan menemukan desain taman ini banyak di kebun raya seperti di Bogor karena memang secara visual terlihat bagus dan tidak membosankan.

Kesimpulan

Dari sekian banyak ide desain yang bisa Anda tiru, mana yang menurut Anda terbaik? Prinsip terbaik dalam membuat taman hidropponik sederhana adalah dengan konsepnya yang simpel namun tetap memperhatikan lokasi lahan dan keberlangsungan hidup tanamannya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.