10 Ikan Hias untuk Aquarium, Cantik dan Indah

Jenis ikan hias untuk aquarium mini memang sangat banyak. Namun, Anda harus tahu jenis ikan hias yang cantik dan mudah dipelihara.

Mendapatkan ikan hias, memeliharanya yang sesuai dengan keinginan, kemudian ikannya bisa bertahan hidup lebih lama adalah sebuah harapan.

Nah, informasi ini bisa jadi membantu Anda yang berencana memelihara ikan hias di akuarium. Terlebih bagi yang memiliki aquarium dengan ukuran mini.

Baik kita langsung saja.

Berbagai Jenis Ikan Hias untuk Aquarium Mini yang Populer

Agar pilihan Anda semakin mantap dan tidak kecewa, berikut beberapa rekomendasi jenis ikan hias untuk aquarium mini yang cantik dan mudah diperlihara.

1. Ikan Cupang

Ikan Hias Aquarium Mini
ikan cupang di aquarium mini via wahyudewatvilla.com

Jenis ikan hias yang pertama adalah Ikan Cupang. Ikan ini merupakan salah satu ikan yang sangat familiar dan sudah banyak yang memelihrannya. Ikan Cupang memiliki nama ilmiah yaitu Betta.

Ikan ini menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari daerah Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Ikan ini dapat dijumpai dengan mudah di Indonesia dan menjadi salah satu ikan yang diminati, dipelihara dan dibudidayakan oleh masyarakat.

Ikan Cupang memiliki warna yang unik dan berbeda-beda. Ikan ini terlihat sangat cantik dan sangat cocok jika dipelihara di dalam aquarium di rumah Anda. Jenis ikan ini termasuk ikan yang agresif.

Dikalangan penggemar ikan, ikan cupang dikenal memiliki tiga jenis, yaitu ikan cupang hias, ikan cupang aduan dan ikan cupang liar.

Jika Anda tertarik untuk memelihara Ikan Cupang, gampang saja. Anda dapat langsung membelinya di toko ikan terdekat.

Tidak terlalu sudah. Ikan ini termasuk ikan yang sangat terkenal dan banyak diperual-belikan dari mulai harga yang murah hingga yang mahal.

2. Ikan Bandit

Ikan Hias Aquarium Mini
ikan bandit di aquarium mini via mauioceancenter.com

Janis ikan hias yang ke dua adalah ikan bandit. Ikan ini termasuk ikan premium yang sangat cantik dan unik. Keberadaannya masih jarang. Hal ini dikarenakan ikan ini memiliki habitat asli di Hawaii.

Ikan Bandit memiliki nama lain banded angelfish atau dalam bahasa latinnya adalah Apolemichtlys arcuatus. Ikan termasuk jenis ikan air laut yang premium yang banyak dicari oleh penggemar ikan kelas kakap.

Ikan ini memiliki ukuran panjang 18 cm. Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara ikan ini, sebaiknya Anda menyediakan aquarium dengan ukuran minimal 120 cm karena ikan bandit termasuk ikan yang sangat aktif bergerak.

Jika Anda hendak memeliharanya, sebaiknya Anda jangan mencampur dengan jenis ikan lainnya. Hal ini dikarenakan Ikan Bandit termasuk ikan yang memiliki type semi agresif.

Ikan jenis ini termasuk ikan yang sangat susah dipelihara. Bagi Anda yang ingin memeliharanya, Sebaiknya mengetahui lebih dalam terkait karakteristik dan cara memelihara ikan bandit ini.

Dengan begtum Anda bisa merawatnya dengan baik dan benar dan membuat ikan tersebut tetap hidup.

3. Ikan Molly

Ikan Hias Aquarium Mini
ikan molly di aquarium mini via www.akuatik.id

Jenis ikan hias yang ke tiga adalah Ikan Molly. Ikan ini termasuk ikan yang memiliki banyak peminatnya. Ikan ini termasuk ikan jenis ikan tawar yang memiliki harga yang cukup tinggi.

Tak heran jika banyak orang yang membudidayakannya. Baik hanya untuk sekedar hobi atau untuk kepentingan bisnis.

Anda pun dapat dengan mudah menemukannya di toko ikan hias terdekat. Ikan ini memiliki warna yang sangat cantik dan memiliki bentuk tubuh yang unik.

Ikan ini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Ikan Molly memiliki nama latin Poecilia Sphenops. Ikan ini mirip dengan ikan Guppy karena mereka masih satu family yaitu Poecilia.

Ikan Molly memiliki ukuran panjang tubuh sekitar 5-7 cm. Jenis ikan ini memiliki warna yang cantik dengan bentuk tubuh yang unik. Serta memiliki sirip ekor yang agak berbeda tertutama pada Ikan Molly jantan yang memiliki sirip seperti bentuk sabit.

Molly merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki daya tahan tubuh yang cukup kuat. Ia bisa hidup di perairan asin dan payau. Namun, Ikan Molly rentan terhadap perubahan suhu.

Jika Anda tertarik untuk memelihara Ikan Molly pada aquarium, Anda dapat menambahkan garam ke dalam air aquarium sebagai upaya mengoptimalkan kesehatan Ikan Molly.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk menambahkan tanaman air yang cukup banyak yang dapat digunakan oleh Ikan Molly untuk bersembunyi dan dapat juga digunakan sebagai pakan alami untuk anak Ikan Molly.

4. Ikan Guppy

Ikan Hias Aquarium Mini
ikan guppy di aquarium mini via 3.bp.blogspot.com

Jenis ikan hias yang ke empat adalah Ikan Guppy. Ikan ini merupakan ikan yang masih satu famili dengan Ikan Molly yaitu Poecilia. Ikan Guppy memiliki nama latin Poecilia Reticulata.

Ikan ini termasuk jenis ikan air tawar yang sangat terkenal. Ikan ini termasuk yang sangat mudah menyesuaikan diri dan dapat berkembang biak.

Masa kehamilannya rata-rata berkisar antara 21 sampai 30 hari bergantung pada suhu airnya.

Sedangkan untuk suhu yang pas untuk ikan Guppy adalah sekitar 27 derajat. Seekor induk Ikan Guppy dapat melahirkan 2-100 ekor namun kebanyakan 5-30 ekor saja. Selain itu, beberapa jam setelah melahirkan induk ikan Guppy sudah siap dibuahi kembali.

Ikan ini banyak ditemui di Indonesia. Jadi bagi Anda yang ingin memeliharanya, Anda dapat menemukannya dengan mudah di toko ikan terdekat.

5. Ikan Mas Koki

Ikan Hias Aquarium Mini
ikan mas koki di aquarium mini via oyimedia.com

Jenis ikan hias yang ke lima adalah Ikan Mas Koki. Jenis ikan ini termasuk ikan yang juga dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Anda tidak perlu khawatir jika ingin membeli dan memeliharanya.

Ikan Mas Koki termasuk jenis ikan yang hidup di air tawar. Ikan ini termasuk ikan yang unik dan mudah dirawat.

Ikan mas koki dengan berbagai varian dan tampilan warna kulit yang cantik, sangat cocok di pelihara di rumah hunian Indonesia.

6. Ikan Manfish

Ikan Hias Aquarium Mini
ikan manfish di aquarium mini via www.akuatik.id

Janis ikan hias yang selanjutnya adalah ikan manfish atau dikenal juga dengan nama ikan bidadari. Ikan ini termasuk jenis ikan yang berasal dari spesies genus Pterophyllum.

Ikan ini memiliki ukuran kurang lebih 15cm. Ikan Manfish memiliki beberapa jenis, seperti ikan manfish silver, gold, marble dan blushing.

Dari banyaknya jenis ikan manfish, semua itu memiliki harga jual yang berbeda-beda mulai dari 5 ribu rupiah hingga 15 ribu rupiah.

Anda dapat membeli jenis ikan ini di toko ikan terdekat. Ikan ini termasuk ikan yang sudah banyak di Indonesia. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika berniat untuk membelinya.

7. Ikan Discus

Ikan Hias Aquarium Mini
ikan diskus hias berada di aquarium mini via popularin.com

Ikan discus memiliki nama latin Symphysodon discus. Ikan ini hanya bisa bertahan hidup pada air yang bersih.

Jadi jika Anda ingin memelihara ikan ini, pastikan Anda menyediakan air yang bersih untuk tempat dan habitat hidupnya. Biasanya para pecinta ikan hias akan menggunakan air galon sebagai air aquarium mereka.

Ikan discus memiliki bentuk tubuh yang kecil dan mungil serta memiliki jenis warna yang beraneka macam.

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki ikan discus, Anda dapat langsung membelinya di toko ikan terdekat atau dapat juga memesannya secara online. Jangan lupa menyediakan uang yang cukup, karena harga ikan discus tergolong mahal.

Pemeliharaan ikan discus membutuhkan praktik yang sangat intensif, agar ikan bisa tubuh besar dan tetap bertahan hidup. Oleh karena itu, Anda harus siap dalam merawatnya.

8. Ikan Zabra

Ikan Hias Aquarium Mini
ikan zabra hias di aquarium mini via gerava.com

Rekomendasi yang ke delapan adalah ikan Zabra. Ikan ini termasuk jenis ikan yang bermarga Danio dari famili siprinide.

Penamaan ikan zabra didasarkan pada garis-garis yang terdapat pada tubuh ikan tersebut yang menyerupai garis pada tubuh zabra.

Ikan ini memiliki ukuran sekitar 3 sampai 5 cm. Sehingga bisa Anda letakan pada aquarium mini dan bisa menjadi salah satu alternatif pilihan ikan hias yang tepat untuk dekorasi rumah Anda.

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki ikan zabra, Anda dapat langsung membelinya di toko ikan terdekat. Harga ikan Zabra sekitar 1.500 rupih sampai 5 ribu rupiah.

9. Ikan Corydoras

Ikan Hias Aquarium Mini
ikan corudoras hias di aquarium mini via zonaikan.com

Rekomendasi yang ke sebilan adalah ikan Corydoras yang merupakan ikan yang memiliki nama ilmiah Corydora.

Ikan ini juga dikenal dengan nama ikan tikus. Dikarenakan ikan ini memiliki sifat pemalu seperti tikus yang sangat takut ketikan melihat manusia.

Ikan corydoras memiliki ukuran sekitar 7,5 cm. Sehingga cocok jika Anda letakan pada aquarium mini di rumah Anda.

Jangan lupa untuk melengkapi aquarium dengan tanaman, agar bisa dijadikan sebagai tempat untuk sembunyi ikan dan juga bisa sebagai tempat untuk penyimpanan telur.

10. Ikan Planty

Ikan Hias Aquarium Mini
ikan planty hias di aquarium mini via lh3.googleusercontent.com

Rekomendasi yang terakhir adalah ikan Planty. Ikan ini merupakan ikan air tawar yang banyak diternak oleh peternak ikan hias.

Ikan ini juga dikenal dengan ikan yang kuat dan tahan terhadap berbagai kondisi air.

Ikan Planty memiliki ukuran tubuh yang kecil dan memiliki warna yang cerah yang sangat mencolok. Ikan Planty memiliki nama ilmiah Xiphophorus Maculates. Ikan ini dapat berkembangbiak dengan mudah.

Jika Anda tertarik untuk memeliharanya, Anda dapat langsung membelinya dan jangan lupa untuk menyiapkan aquarium yang nyaman dengan ditambahkan beberapa tanaman di dalamnya agar ikan Planty bisa bersembunyi dibelakangnya.

Demikian beberapa rekomendasi jenis ikan hias untuk aquarium berukuran mini sebagai referensi untuk Anda.

Jangan lupa juga untuk rajin membersihkan aquariumnya, agar ikan hias tersebut tetap sehat dan nyaman di sana. (fy), Editted 09/01/2022 by UN

Fisa Yaninta

Menulis interior dan eksterior dalam hunian pertama kali tanggal 5 Mei 2019. Menulis tentang bidang properti sejak tanggal 2 Juli 2016. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar konsep hunian di apartemen. Topik yang paling disukai adalah topik hunian futuristik.

Tinggalkan komentar