5 Kelebihan Rumah Adat Betawi yang Cocok Di Wilayah Tropis

Kelebihan rumah adat betawi sudah tidak diragukan lagi sebagai rumah yang diperuntukkan untuk kenyamanan penduduk wilayah tropis.

Rumah betawi sendiri juga dikenal sebagai rumah kebaya karena bentuk atapnya menyerupai pelana yang dilipat, sehingga saat dilihat dari samping akan tampak seperti lipatan kain kebaya.

Berdasarkan sifatnya, rumah adat ini dibagi menjadi dua, yaitu bersifat pribadi dan bersifat semi publik yang diperuntukan bagi tamu yang berkunjung.

Kelebihan rumah adat betawi untuk penduduk wilayah tropis

Kelebihan rumah adat betawi, Kelebihan rumah adat betawi asli, rumah adat betawi modern
rumah adat betawi cocok untuk penduduk wilayah tropis – narmadi.com/properti

Kelebihan rumah adat betawi dibandingkan dengan rumah adat lainnya adalah pondasinya yang kuat. Selain itu, ada beberapa kelebihan lain sudah kami rangkum untuk Anda, diantaranya:

1. Teras depan yang luas 

Tidak seperti rumah modern pada umumnya, rumah adat betawi memiliki teras yang luas sehingga dapat menampung orang yang dalam jumlah banyak. Selain itu, kebanyakan terasnya ditumbuhi oleh rerumputan, sehingga menambah kesan natural nan segar.

2. Pondasi rumah yang kuat 

Rumah adat betawi dibuat dengan pondasi batu alam dan disusun menyerupai umpak, sehingga pondasinya pun menjadi kokoh dan tahan lama.

3. Material dinding yang baik 

Kelebihan rumah adat betawi, Kelebihan rumah adat betawi asli, rumah adat betawi modern
salah satu rumah adat betawi modern dengan material yang baik – Kelebihan rumah adat betawi – narmadi.com/properti

Material dinding yang digunakan pada rumah adat betawi umunya dibuat menggunakan bahan kayu nangka. Meskipun tidak sebagus kayu jati, namun kayu nangka dinilai cukup awet serta menghasilkan warna kayu yang antik dan menarik.

Selain itu, daun pintu dan jendelanya terdiri dari rangka kayu dengan jalusi horizontal. Jalusi horizontal sangat baik untuk mengatur keluar masuknya udara sehingga ruangan menjadi sejuk.

4. Ruang tidur yang cukup banyak

Rumah adat betawi memiliki jumlah kamar yang cukup banyak, yakni empat atau lebih. Ruangan tidur tersebut sudah termasuk dengan Paseban atau kamar tidur tamu yang cukup luas. Jika tidak ada tamu yang menginap, maka Paseban berubah fungsi menjadi tempat beribadah.

5. Pangkeng dan Srondoyan yang luas

Pangkeng merupakan ruang keluarga yang difungsikan ruang bersantai. Pangkeng dipisahkan oleh sekat kayu untuk memisahkan dengan ruang lainnya sehingga tampak terstruktur dengan baik.

Srondoyan atau dapur terletak di belakang rumah dan memiliki luas yang cukup untuk menampung orang saat ada acara hajatan.

Demikian ulasan kami tentang beberapa kelebihan rumah adat betawi untuk penduduk wilayah tropis, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang kelebihan rumah adat Minangkabau di tautan ini, semoga bermanfaat. (ls), Editted 12/01/2022 by diminimalis

lutfi.diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Agustus 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.