Mengatasi Kerusakan Rumah Akibat Hujan Sebelum Terlambat

Hampir tiap rumah akan mengalami kerusakan. Mulai dari kerusakan kecil yang dapat segera diperbaiki hingga kerusakan besar yang harus dilakukan pemugaran rumah secara keseluruhan. Penyebabnya pun beragam, salah satunya adalah kerusakan rumah akibat hujan.

Kerusakan rumah akibat hujan mungkin bukan hal baru di Indonesia, karena Indonesia merupakan wilayah tropis dengan curah hujan tinggi.

Saat musim penghujan, akan turun hujan deras yang biasa disebut Hujan Barat sehingga dapat merusak rumah. Kerusakan yang ditimbulkan pun bisa berupa kerusakan kecil hingga kerusakan besar.

 Mengatasi Kerusakan Rumah Akibat Hujan cara mengatasi tembok lembab dan jamur, mengatasi kamar lembab, mengatasi kamar lembab berjamur, mengatasi tembok berair, cara mengurangi kelembaban udara di kamar
Ada banyak kerusakan rumah akibat hujan – Diminimalis.com

Kerusakan kecil yang tidak segera ditangani dapat berubah menjadi kerusakan besar. Hal ini tentu akan membuat kita tidak nyaman tinggal di rumah sendiri.

Pastinya kita tidak mau jika rumah yang ditempati sehari-hari berubah menjadi tidak nyaman lagi. Selain itu, kerusakan yang terjadi juga dapat mendatangkan hama.

Sebelum kerusakan rumah menjadi semakin parah, segera lakukan pendeteksian kerusakan yang ada di dalam rumah. Dalam jangka waktu tertentu, rumah juga akan membutuhkan perbaikan.

Selain untuk keamanan dan kenyamanan semua penghuni rumah, kita juga dapat mencegah masuknya hama ke dalam rumah sehingga hal ini berimbas juga pada kesehatan penghuni rumah.

Kerusakan Rumah Akibat Hujan dan Cara Mendeteksinya

1. Perhatikan Warna Dinding

Kerusakan rumah yang diakibatkan oleh hujan deras akan dapat dilihat dari warna dinding yang tampak mulai kusam serta berjamur. Kita bisa membersihkannya menggunakan air sabun serta sikat.

Jika tidak hilang juga, segera lakukan proses pengecatan ulang. Pastikan lapisan dinding yang memiliki jamur telah dikeruk terlebih dahulu karena akan menjadi tempat tumbuhnya kuman penyakit serta kutu.

2. Perhatikan Keretakan Dinding

Dinding rumah retak
Periksa dinding yang mengalami retak – Kerusakan Rumah Akibat Hujan – narmadi.com/properti

Selain warna cat dinding, kita juga harus perhatikan keretakan yang ada pada dinding. Dinding yang retak harus segera mendapat penanganan. Salah satunya adalah dengan dilakukan acian ulang.

3. Struktur Atap

Deteksi kerusakan pada rumah melalui struktur atap di rumah. Jika menggunakan struktur atap kayu, maka kayu yang sudah lembab sudah harus diberikan pelapis anti rayap. Apabila atap ini sudah lapuk, segera ganti dengan kayu yang baru.

4. Kecoboran

Deteksi adanya kebocoran lewat dinding yang berubah lembab saat hujan. Hal ini bisa terjadi karena adanya atap yang bocor sehingga air hujan merembes masuk ke dalam rumah.

Sebelum kebocoran bertambah parah, segera periksa atap dan berikan lapisan waterproof di bagian atap yang bocor.

5. Periksa Sambungan Pipa

Kebocoran tidak hanya bisa terjadi pada atap namun juga sambungan pipa pembuangan air. Kerusakan rumah akibat hujan yang disebabkan kebocoran pipa ini sebaiknya segera diatasi. Panggil tukang guna memperbaiki pipa tersebut agar kebocorannya tidak semakin parah.

6. Periksa Adanya Lubang-lubang Tidak Wajar

Jika kita menemukan adanya lubang-lubang tak wajar pada bagian rumah manapun, segera tutup lubang tersebut. Lubang dapat menjadi akses tikus serta kecoa dalam masuk ke dalam rumah. Pastikan tak ada lubang tersisa dalam rumah yang tidak wajar seperti ini.

Atasi Kerusakan Rumah Akibat Hujan dan Banjir

Hujan deras, apalagi yang terjadi selama berhari-hari lamanya, tak jarang akan berujung pada bencana banjir. Apalagi jika tempat tinggal kita ada di daerah rawan banjir. Hujan deras selama semalam saja sudah dapat membuat air hujan menggenangi rumah keesokan harinya.

Banjir tentunya akan sangat mengganggu karena genangan air kotor akan masuk ke dalam rumah. Jika banjir telah surut, maka akan meninggalkan kotoran membandel di lantai.

Air banjir juga bisa mengakibatkan kerusakan bangunan seperti cat terkelupas, ubin retak, dan lain-lain. Berikut beberapa cara mengatasi kerusakan rumah akibat hujan serta banjir.

1. Ubin Retak

Rendaman banjir umumnya akan menyebabkan ubin tak lagi menekan landasan, rapuh dan terdengar suara retakan. Ubin beresiko terlepas sendiri atau popping dan menyebabkannya mudah pecah.

Disarankan agar kita sengaja melepas ubin lalu tempelkan kembali pada tempatnya menggunakan perekat ubin.

2. Air Keluar Dari Nat

Air banjir yang merendam ubin terlalu lama akan terus keluar dari nat dan dapat terjadi selama berbulan-bulan lamanya.

Biarkan air terus keluar dan jangan terburu-buru dalam melakukan penggantian nat. Tunggu sampai air berhenti keluar, barulah kita ganti dengan nat yang baru.

3. Nat Kotor

Bekas rendaman air banjir bandang juga akan meninggalkan kotoran pada ubin ataupun nat. Kita bisa membersihkannya dengan cara menyikat nat menggunakan sikat serta air sabun.

Jika belum cukup ampuh dalam membersihkan nat, gunakan cara lain misalnya kerok nat lama dan ganti dengan yang baru.

4. Cat Dinding Mengelupas

Mencegah Dinding dari Kerusakan, mengatasi retak rambut pada dinding baru, mengatasi tembok lembab dan basah
cat dinding yang mengeluaps – Kerusakan Rumah Akibat Hujan – narmadi.com/properti

Air banjir juga dapat merusak cat dinding serta membuatnya terkelupas. Kita bisa mengatasi masalah ini dengan cara mengerok cat lama lalu diamplas. Untuk itu, Anda aperlu memahami berbagai kerusakan cat dinding beserta solusinya.

5. Kayu Furniture Lapuk

Perabotan dari kayu yang terendam air banjir umumnya akan kotor akibat lumpur yang menempel serta membuat kayunya rusak atau lapuk.

Kita bisa mengatasi masalah ini dengan menyikat furniture menggunakan air bersih guna menghilangkan lumpur yang menempel tersebut. Letakkan furniture di tempat kering serta pastikan sirkulasi udaranya baik.

Rumah yang rusak akibat hujan serta banjir memang harus segera ditangani. Hal ini agar kerusakan pada rumah tidak mempengaruhi keamanan, kenyamanan serta kesehatan para penghuni rumah. Demikian uraian seputar cara mendeteksi dan mengatasi kerusakan rumah akibat hujan serta banjir. Editted 20/01/2022 by diminimalis

lutfi.diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Agustus 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.