Skip to content

Rugi jika Anda tidak paham apa saja manfaat berenang itu. Berenang termasuk dalam olahraga yang menyehatkan. Karena ada banyak manfaat yang diperoleh dari kesehatan jasmani dan rohani.

Yup Anda bisa dapatkan keduannya. Beberapa orang bahkan menjadikan olahraga ini sebagai hobi dan kegiatan yang menyenangkan.

Berikut telah kami rangkum beberapa manfaat dari rutin melakukan olahraga renang. Dengan begitu, kami berharap pembaca website ini, akan semakin bersemangat dalam menjalaninya sehari-hari.

Manfaat Berenang untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Berenang, Manfaat Berenang bagi tubuh, Manfaat Berenang bagi pria
ada banyak manfaat berenang untuk kesehatan – narmadi.com/properti

Manfaat dari berenang yang pertama adalah meningkatkan kekuatan serta massa otot. Ketika Anda berenang, Anda akan mendorong diri sendiri melalui air, zat yang dua belas kali lebih padat dibanding udara.

Tiap tendangan serta gerakan dari lengan akan menjadi bentuk latihan daya tahan. Ini termasuk cara yang baik dalam membangun massa serta kekuatan otot.

Manfaat selanjutnya adalah meningkatkan kelenturan dari tubuh. Berenang akan menempatkan tubuh dalam berbagai gerakan untuk membantu sendi serta ligamen agar tetap fleksibel dan longgar.

Lengan akan bergerak, pinggul akan menopang kaki dalam air sementara kepala serta tulang belakang akan bergerak. Ini akan memberikan peregangan dari kepala hingga kaki.

Manfaat berenang selanjutnya adalah menyehatkan jantung. Berenang sama dengan latihan aerobik di mana salah satu fungsinya adalah menguatkan jantung.

Jantung akan menjadi lebih efisien dalam menjalankan tugasnya yaitu memompa darah serta mengalirkannya ke seluruh tubuh. Berenang selama tiga puluh menit per hari akan bisa mengurangi resiko jantung koroner hingga 30-40 persen.

Manfaat Berenang, Manfaat Berenang bagi tubuh, Manfaat Berenang bagi pria
berenang merupakan olahraga yang efektif dapat membakar kalori dalam jumlah banyak- narmadi.com/properti

Renang juga termasuk ke dalam olahraga yang bisa membakar kalori sehingga bagus dilakukan apabila Anda tengah dalam program diet.

Renang gaya dada selama sepuluh menit akan membakar 60 kalori, gaya punggung selama 10 menit akan membakar 80 kalori dan gaya kupu-kupu selama 10 menit akan membakar 150 kalori.

Berenang ternyata juga dapat mengurangi gejala asma. Ini karena dalam olahraga renang, beragam masalah pernafasan (seperti mulut bernapas hingga mendengkur) akan dapat disembuhkan.

Yang paling penting adalah, berenang bisa menekan tingkat stress sesorang. Jadi komplit banget manfaat yang disa diperoleh oleh manusia, jika rutin berolahraga renang.

saking beragamnya manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh manusia, maka semakin banyak juga pecinta olahraga renang.

Mengingat banyaknya manfaat berenang yang bisa diperoleh, tentu Anda tidak akan lagi melewatkan jam berenang tiap minggunya. Selamat berenang dan menikmati semua manfaat yang bisa Anda rasakan dari olahraga ini.

Demikian ulasan kami tentang Manfaat berenang untuk kesehatan tubuh manusia. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang persiapan sebelum berenang untuk menghindari kram, cidera otat dan resiko lainnya pada tautan tersebut. Semoga bermanfaat. (ls), Editted 23/07/2022 by UN.

Leave a Reply

Your email address will not be published.