Mengenal Fungsi Rotan, Batang Berduri yang Makin Digemari

Mengenal fungsi rotan sebagai bahan furniture rumah memang penting. Rotan sendiri merupakan sejenis kelompok palma yang hidup memanjat. “Rotan” berasal dari bahasa melayu dari kata raut, yang berarti menguliti.

Sedangkan dari bahasa yunani rotan disebut Lepidocaryodidae yang berarti sekumpulan tanaman yang tumbuh memanjat.

Indonesia tercatat sebagai penghasil rotan terbesar di dunia. Hampir sebahagian besar kebutuhan rotan di dunia berasal dari indonesia. Setidaknya sekitar 70 % kebutuhan rotan dunia dipasok dari Indonesia.

Mengenal Fungsi Rotan Sebagai Bahan untuk Furniture Rumah Minimalis

 kegunaan rotan, manfaat rotan, jenis jenis rotan, fungsi akar rotan
Rotan merupakan bahan furniture yang ideal dan ramah lingkungan – Mengenal fungsi rotan – narmadi.com/properti

Manfaat rotan sebagai furniture pada rumah minimalis sangatlah banyak. Hal ini dikarenakan sifatnya yang elsatis dan tahan lama, sehingga banyak dijadikan aneka macam perabotan rumah tangga.

Rotan sendiri adalah sejenis kelompok palma yang hidup memanjat yang banyak tersebar di wilayah tropis Afrika, Asia dan Australia. Indonesia tercatat sebagai penghasil rotan terbesar di dunia, hampir sebagian besar kebutuhan rotan di dunia berasal dari Indonesia.

Rotan yang jumlahnya sangat banyak dan mudah diolah, sering dijadikan sebagai pengganti kayu.

Rotan memiliki kandungan kimiawi yang membuatnya kuat dan tahan lama dibandingkan dengan kayu. Sehingga rotan sangat disukai oleh para pengrajin untuk dijadikan bahan dasar pembuatan mebel.

Banyak hasil karya kerajinan tangan yang bisa di buat dari bahan rotan, mulai dari aneka macam keranjang, hiasan dinding, ornamen hiasan rumah, vas bunga, pot gantung dan lain sebagainya.

Mengenal fungsi rotan, Kelebihan dan kekurangan rotan alami, kekurangan kursi rotan sintetis, sifat rotan
rotan alami sebagai hiasan di dalam rumah yang indah – Mengenal fungsi rotan – narmadi.com/properti

Secara fisik rotan dapat dikenali dari ciri-ciri rotan yang khasnya yakni batang rotan yang kecil biasanya berdiameter 2 – 5 cm.

Saat masih muda, rotan tumbuh secara soliter dengan ciri fisik seperti kelapa atau aren, hanya saja tangkai daunnya lebih kecil. Tangkai tersebut berwarna hijau muda dan ditumbuhi banyak duri. Duri ini memiliki fungsi sebagai alat pertahanan diri dari herbivora.

Setelah rotan tumbuh besar, barulah muncul perubahan fisik pada organ-organ rotan. Warna daunnya menjadi agak hijau tua, dan tangkainya tumbuh lebih panjang.

Setelah itu rotan membentuk rumpun yang ditandai dengan munculnya beberapa anakan baru dari pangkal batang. Di satu rumpun dapat tumbuh beberapa batang inti yang bisa tumbuh panjang dengan cepat.

Batang inilah yang akan dipanen ketika rotan telah matang atau cukup umur. Batang rotan biasanya langsing dengan diameter 2–5 cm, beruas panjang, tidak berongga, dan banyak yang dilindungi oleh duri-duri yang panjang, keras, dan tajam.

Tidak sedikit masyarakat yang menggunakan furniture dengan bahan rotan saat kini. Apakah Anda juga tertarik menggunakannya?

Demikian ulasan singkat, sebagai tambahan referensi agar sedikit bisa mengenal fungsi rotan secra umum. Semoga bermanfaat. Editted 14/01/2022 by diminimalis

lutfi.diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Agustus 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.