Skip to content

Deretan Model Meja Dapur dari Berbagai Material

Ada begitu banyak model meja dapur yang tersedia di pasaran. Saking banyaknya pilihan model meja dapur, harganya juga ikut bervariasi.

Apalagi, pilihannya bisa bermacam-macam tergantung dari material yang dipakai. Dari material ini nanti berimbas pada tingkat keawetan barang.

Dengan menempatkan meja di area dapur, maka kapanpun Anda butuh untuk meletakkan makanan atau minuman, bisa disajikan di meja tersebut.

Pemilihan material yang bagus juga akan menunjang estetika interior di area dapur.

Jadi sebelum kita bicara daftar model meja dapur modern terbaik, mari kita bahas manfaat dari menempatkan meja di area dapur dulu.

Serba serbi Meja di Area Dapur

model meja dapur

Meja dapur menjadi sarana untuk berkumpul bagi sebagian keluarga. Bahkan di meja ini, biasanya keluarga makan sembari bercengkerama, dengan kata lain, kegiatan memasak, menyajikan makanan, dan makan dilakukan dalam satu area.

Ukuran meja dapur biasanya lebih kecil dibandingkan meja untuk ruang makan. Ada beragam meja yang bisa digunakan, baik sebagai meja dapur maupun meja makan, di antaranya beberapa jenis meja berikut ini:

Drop-Leaf Table

Meja Drop-leaf tables memiliki bagian yang fix atau melekat pada dinding, sementara bagian lain terdapat engsel yang memungkinkannya untuk dilipat ke atas maupun ke bawah.

Jenis meja ini sangat menghemat tempat karena tipe meja dapur ini bisa dibuka ketika digunakan untuk makan, dan dilipat kembali ketika tak lagi digunakan.

Expandable Table (Meja makan yang dapat direntangkan)

Expandable table merupakan meja yang bisa diperpanjang dan diperluas ukurannya. Caranya dengan memisahkan bagian meja ini, lalu menyisipkan extra section di tengah – tengahnya dan kemudian meja disatukan kembali.

Cara ini mampu membuat meja menjadi lebih panjang dan cocok digunakan untuk menjamu tamu tambahan tatkala acara makan malam keluarga atau perayaan tertentu.

Setelah selesai digunakan, extra section tadi bisa dilepas, lalu kedua bagian meja yang semula terpisah bisa disatukan kembali, sehingga menghemat cukup banyak tempat di area dapur maupun ruang makan.

Meja dapur dengan laci

Tak dapat dipungkiri bahwa dapur dan ruang makan adalah area yang kerap kali berantakan, terutama di kala selesai digunakan untuk memasak atau makan besar. Sehingga menyisakan peralatan dapur yang tersebar kemana – mana.

Jika Anda tipe orang yang menyukai kerapian, baiknya pilih jenis meja makan atau meja dapur yang memiliki laci built-in.

Laci – laci ini sangat membantu merapikan kembali dan menyimpan peralatan makan yang sudah tak lagi digunakan, seperti taplak, alas meja, tutup gelas, sendok, garpuk, pisau, dan sebagainya.

Kitchen Island (Pulau Dapur)

Kitchen island atau pulau dapur cocok dihadirkan pada ruang dapur yang tak terlalu luas. Pulau dapur berperan layaknya meja konter, di mana persiapan sebelum memasak dan penyajian makanan dilakukan di sini.

Anda pun bisa menambahkan laci untuk unit penyimpanan tambahan. Tak hanya itu, meja ini juga bisa dengan mudah dikonvert menjadi meja makan dengan adanya tabletop counter di atasnya.

Meja makan Built-in

Model meja dapur selanjutnya adalah model built in. Meja built-in untuk dapur bisa dipasangkan dengan window bench dan menjadikan area ini cocok untuk acara makan malam yang formal.

Sementara meja panjang yang tapi tak terlalu lebar cocok digunakan saat acara sarapan atau makan siang dengan nuansa yang lebih kasual.

Jika Anda memiliki area makan di ruangan lain atau di sudut lain rumah Anda, hadirkan bar top yang senada dengan countertops Anda, lalu tambahkan beberapa bangku tanpa sandaran untuk menciptakan area makan yang kasual, santai, dan hangat.

Model Meja Dapur dari Berbagai Material/Bahan

Ada beberapa material yang sering dipakai untuk jadi model meja dapur terbaik, diantaranya:

1. Meja Dapur Granit

a. Countertop Granit dengan Warna Hitam Asah

Anda yang menggunakan countertop dengan bahan granit karena menyukai kekuatan bahan tersebut tetapi tidak suka corak berkilaunya, bisa melihat rekomendasi countertop satu ini.

Perlu Anda ketahui, bahwa bahan granit untuk countertop dibedakan menjadi dua jenis, yakni granit asah dan granit poles.

Granit asah adalah jenis granit yang tidak mengkilap. Sementara granit poles akan terlihat mengkilap. Countertop ini bisa Anda pilih jika tidak terlalu menyukai unsur kemewahan.

b. Kitchen Table Granit dengan Warna Hitam Mengilap

Model meja dapur dengan warna hitam mengilap dan tekstur permukaan licin ini terlihat sangat mewah bukan?

Jenis granit yang digunakan ini merupakan granit poles yang dikenal karena unsur mewah yang dimilikinya. Kitchen table ini cocok untuk digunakan di dapur minimalis serta klasik, agar unsur elegannya terlihat kuat.

c. Granit Hitam dengan Corak yang Cantik

Meja dapur granit hitam memang selalu menawan. Salah satunya dengan meja dapur dengan granit yang memiliki corak cantik ini.

Meja dapur granit hitam ini sangat cocok di berbagai jenis dapur baik itu yang minimalis ataupun luas.

Model Meja Dapur Kayu

a. Meja Dapur Kayu dengan Kabinet Bawah yang Lengkap

Tidak ingin meja dapur kayu yang terpisah dari set utama dapur? Bisa banget. Intip saja inspirasi model meja dapur kayu dengan konsep kabinet bawah yang super lengkap ini.

Meja dapur kayu minimalis ini sudah dirancang sedemikian rupa untuk tampil maksimal, mulai dari laci tarik, lemari kabinet, hingga laci khusus dengan ukuran dan fungsi spesifik. Anda pun bisa memanfaatkannya untuk menyimpan aneka peralatan dapur seperti wajan, talenan, hingga kotak makanan & toples. Kalau punya meja dapur kayu demikian, nggak perlu lagi deh menambahkan kabinet terpisah!

b. Meja Dapur Kayu dengan Sistem Tarik

Tidak semua hunian bisa memiliki ruang dapur yang besar. Saat seperti ini, kehadiran meja dapur yang space-saving pasti akan sangat membantu. Cari saja solusi seperti meja lipat, meja tarik, dan meja lainnya dengan konsep smart yang multifungsi.

Untuk inspirasi di atas, meja dapur kayu dapat dihadirkan dengan sistem tarik ke depan. Dengan model meja dapur kayu demikian, Anda pun tidak perlu mengorbankan ruang.

Saat tidak digunakan, tinggal masukkan saja meja dapur kayu tersebut dengan cara mendorongnya ke arah dalam.

c. Lemari Dapur dengan Meja: Heim Studio SANO

Kalau tadi sistem tarik ke depan, meja dapur kayu yang satu ini sistemnya diputar atau ditarik ke arah samping dari bagian ujungnya sehingga membentuk siku-siku.

Meja minimalis sekaligus kabinet dapur ini mengusung gaya Japandi yang simpel, tapi menawan. Anda bisa memanfaatkan area meja sebagai tempat menyiapkan makanan atau bahkan menjadi meja makan dan meja kerja. Multifungsi dan space-saving banget, ‘kan?

Dari semua inspirasi meja dapur kayu yang Kania bagikan di atas, mana yang paling menarik hatimu? Selain modelnya, jangan lupa untuk tetap mengutamakan kualitas material kayu yang digunakan, ya supaya lebih awet dan kokoh!

Mungkin itu saja yang bisa kami ulas tentang model meja dapur minimalis modern yang bisa Anda ambil inspirasinya. Semoga bermanfaat!

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.