Skip to content

Pintu Geser Rumah Minimalis Solusi untuk Ruangan Sempit

Untuk Anda yang tinggal di rumah minimalis dan sering mengalami masalah sempitnya ruangan, mungkin salah satunya bisa diatasi dengan memilih model bukaan pintu ruangan. Anda bisa mengadopsi model pintu geser rumah minimalis yang secara konsep bukaan lebih efisien.

Bisa dilihat secara sekilas bahwa pintu geser konsepnya cukup simpel karena saat dibuka tidak banyak butuh space keluar dan kedalam ruangan.

Untuk mengoperasikannya cukup dengan menariknya ke sisi kanan atau kiri saat membuka atau menutup. Hal inilah yang berperan dalam fungsi penghematan ruangan yang tadi dimaksud.

Kelebihan Pintu Geser Ketimbang Model Biasa

Minimnya space ruangan pada sebuah rumah minimalis kini tidak perlu jadi masalah berarti. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat ruangan tersebut menjadi terasa lebih luas.

Salah satunya adalah dengan memilih penggunaan pintu pada ruangan tersebut. Daun pintu biasa yang biasanya menjadi biang sempitnya ruangan dapat diganti dengan model pintu geser rumah minimalis.

 Pintu geser rumah minimalis
Pintu model geser – narmadi.com/properti

Pintu geser atau pintu sliding memiliki bukaan kesamping sejajar dengan tembok, sehingga daun pintunya tidak menambah sesak ruangan. Pintu jenis ini sebetulnya mengadopsi model pintu rumah di Jepang yang mengedepankan konsep pemaksimalan ruangan.

Dalam pemasangannya, pintu jenis ini tidak memerlukan kusen sehingga cukup praktis dan mudah. Nah, kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan pintu geser ini dibanding model biasa?

1. Karena bukaannya ke samping, jadi hemat space ruangan

Seperti sudah disinggung di atas sebelumnya bahwa dengan model bukaan yang membuka dan menutupnya ke arah samping, maka jadi tidak banyak butuh tempat. Hal ini biasanya akan sangat terasa apabila daun pintu berdekatan dengan furniture.

Dengan model geser, masalah bukaan pintu menthok mengenai furniture akan cukup kecil. Sebab, manfaat pintu geser berdasarkan cara buka dan tutupnya ke arah samping jadi menghindarkan dari masalah seperti ini.

2. Gaya rumah di Jepang yang Modern

Gaya-gaya yang diadopsi dari negara maju seperti Jepang hampir tidak ada minus yang berarti. Termasuk dalam urusan pemilihan model daun pintu, gaya pintu geser rumah minimalis diakui lebih baik dan akan selalu terkesan modern daripada yang biasa

3. Material lebih simpel dan masa pakai/penggunaan lebih awet  

Tanpa disadari bahwa beberapa orang yang memilih model pintu geser rumah minimalis ternyata lebih jarang melakukan pergantian pintu. Ini menunjukkan bahwa model pintu geser rumah minimalis lebih awet secara material dan penggunaan.

Oke itu dia kelebihannya, sekarang biar lebih lengkap kita bahas juga kekurangannya. Adapun kekurangan dari model pintu geser rumah minimalis diantaranya ialah butuh tukang pemasang yang handal, perlu material terbaik agar lebih awet, dan juga sering menyulitkan yang tidak biasa pakai.

Tips Merawat Pintu Geser Rumah Minimalis agar Awet dan tetap Bisa Digunakan

Seperti pada umumnya, ada pintu yang terkadang rusak ataupun susah dibuka, model pintu geser rumah minimalis pun kerap mengalami kendala demikian.

Untuk itulah pentingnya untuk Anda mengetahui apa saja penyebab pintu geser menjadi susah dibuka atau ditutup. Tidak hanya itu, potensi kerusakan lainnya juga mesti diantisipasi agar tidak bertambah parah.

Sukar dibuka – tutup

Permasalahan pertama yang sering terjadi pada pintu geser adalah susahnya pintu dibuka dan ditutup. Kondisi ini biasanya terjadi dikarenakan kotornya roda bantalan atau railing.

Untuk mengatasinya, Anda cukup mengangkat sedikit daun pintu menggunakan obeng kemudian longgarkan sekrup yang mengikat pada pintu dan railing.

Anda bisa menggunakan kuas untuk membersihkan railing yang kotor. Jika ada kotoran yang membandel, gunakan saja cairan pembersih atau deterjen untuk menghilangkannya.

Ada baiknya Anda melakukan pembersihan rutin pada railing agar terhindar dari sukarnya pintu saat dibuka dan ditutup. Pembersihan railing idealnya Anda lakukan setiap sebulan sekali. Anda bisa menjadikannya rutinitas yang menyenangkan bersama keluarga kecil Anda.

Baca juga: Jenis Rel Pintu Geser yang Paling Bagus

Merenggang dan seret

Untuk permasalahan ini paling sering terjadi pada pintu geser rumah minimalis yang model menggantung. Tidak kuatnya sekrup pengikat bantalan dan pintu menjadi pemicu permasalahan ini, terlebih jika memiliki bobot yang berat.

Jadi, pastikan dengan baik kekuatan roda yang digunakan agar tetap aman dan nyaman.
Anda juga harus mengeceknya setiap sebulan sekali, jika terlihat sekrup yang mengendur, segera kencangkan agar tidak membahayakan siapapun.

Bunyi berisik

Pintu geser rumah minimalis
karet peredam pintu geser – narmadi.com/properti

Anda tentunya sangat terganggu jika pintu mengeluarkan bunyi berisik saat digunakan bukan? Bunyi yang keluar ini biasanya dikarenakan gesekan antara tembok dengan pintu saat dibuka atau ditutup.

Solusi yang paling mudah untuk menghilangkan bunyi tersebut adalah dengan menggunakan bantalan karet pada pintu. Bantalan karet bisa Anda pasang pada tepi pintu agar gesekan antara ujung pintu dengan tembok berkurang atau teredam.

Tapi meksi begitu, walupun sudah menggunakan bantalan, Anda tetap harus pelan dalam membuka dan menutupnya agar tidak ada suara plus tidak merusak daun pintunya.

Mungkin itu saja ulasan singkat tentang desain pintu geser rumah minimalis dan tips merawatnya agar tetap awet dan tahan lama tentunya. Selamat mencoba (am). Editted by RN01122021

Leave a Reply

Your email address will not be published.