Berbagai Ide Memaksimalkan Ruang Bawah Tangga

Memanfaatkan ruang bawah tangga bisa menghemat ruangan di dalam rumah lagi pula sayang sekali jika ruang bawah tangga tidak dipergunakan dengan baik.

Di jaman sekarang sudah bawah orang memanfaatkan bawah tangga untuk dibuat sebuah ruangan, atau menjadi tempat penyimpanan barang-barang.

Selain itu Anda lebih bebas berkreasi dengan ruang bawah tangga sesuai keinginan dan tidak menyia-nyiakan sedikit tempatmu sehingga dalam rumah Anda terlihat lebih rapi.

Jadi seperti apa dan bagaimana memanfaatkan ruang bawah tangga agar berfungsi dan membuat dekorasi rumah Anda terlihat kece ? Simak artikel di bawah ini untuk membahasnya lebih jauh.

Aneka Ide Pemanfaatan Ruang Bawah Tangga

Dari sekian banyak hal/pemanfaatan yang bisa dilakukan, ide-ide di bawah ini mungkin berguna untuk Anda.

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga dengan Membuat Perpustakaan

ruang bawah tangga
ruang bawah tangga

Membuat perpustakaan di bawah tangga adalah ide yang menarik. Bawah tangga bisa Anda beri beberapa rak untuk meletakkan buku-buku dengan rapi.

Jangan lupa untuk memperhatikan tinggi buku untuk disesuaikan dengan rak dan pencahayaan yang cukup, agar nyaman ketika membaca. Bagian rak bawah bisa Anda untuk menyimpan barang-barang.

Untuk menambah kesan menarik dan nyaman, Anda bisa padukan beberapa warna dan furnitur yang digunakan sehingga nyaman ketika membaca.

Memanfaatkan Ruangan Bawah Tangga Sebagai Rak Penyimpanan

Ide yang muncul pertama kalinya ketika memanfaatkan ruang bawah tangga adalah menjadikannya rak penyimpanan untuk barang-barang baik yang masih terpakai maupun tidak.

Siapa sangka beberapa anak tangga bisa dijadikan beberapa rak penyimpan dengan ukuran yang disesuaikan akan menciptakan kerapian dan lebih fungsional.

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga Sebagai Display Foto

Hal ini tidak perlu menyiapkan elemen-elemen tertentu, hanya dengan memajang foto/lukisan dan barang koleksi di dinding bawah tangga.

Jika Anda merasa masih ada space, maka bisa Anda buat rak yang tidak terlalu tinggi di bawah pajangan foto untuk rak buku atau rak barang-barang.

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga untuk Ruang Kerja

Apabila Anda sering bekerja di rumah dan tidak ada ruang kerja yang nyaman, cobalah untuk memanfaatkan bawah tangga untuk dijadikan ruang kerja. Anda hanya perlu menyiapkan sebilah papan atau granit dan kursi kerja sudah cukup.

Jika Anda ingin lebih memanfaatkan tempat yang masih kosong, maka beri saja rak buku atau rak penyimpanan agar semua bagian kosong dapat difungsikan.

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga Sebagai Rak Penyimpanan Bahan Dapur

Sepertinya memang jarang ditemukan bahan-bahan dapur yang diletakan pada rak-rak yang dibuat di bawah tangga dan biasanya tersimpan di dapur.

Namun siapa sangka, ruang bawah tangga bisa di fungsikan sebagai ruang atau rak penyimpanan bahan-bahan dapur. Semua bahan dapur bisa di tata rapi dalam rak tersebut sehingga tidak menumpuk di dapur.

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga Sebagai Toilet

ruang bawah tangga

Sudah banyak orang membuat toilet atau kamar mandi di bawah tangga. Sebuah ruangan yang tidak begitu luas namun bisa dijadikan kamar mandi.

Hal ini justru lebih menghemat ruang lainnya, sebab kamar mandi juga tidak perlu dibangun luas seperti ruangan lainnya dan menjadikan ruang bawah tangga lebih fungsional.

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga Sebagai Rak Pajangan Dinding

Dinding pada bawah tangga memang terlihat kecil dan minimalis namun bisa dimanfaatkan untuk dijadikan rak pajangan.

Pajangan yang diartikan bukanlah dekorasi pada umumnya yang terletak di rak pajangan ruang tamu, namun pajangan di sini berupa souvenir, cinderamata, maupun barang koleksi pribadi.

Anda bisa mengaturnya agar barang-barang tersebut tidak terlihat saling berdempetan sehingga jarak antar pajangan perlu diperhatikan

Simpanlah barang- barang tersebut dengan rapi dan pastikan bukan barang-barang yang mudah pecah atau rawan jatuh terlebih apabila mudah dijangkau oleh anak-anak.

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga Sebagai Rak TV

Apabila bawah tanah menghadap ke ruang tamu atau ruang keluarga, maka memanfaatkannya untuk rak TV bisa menjadi solusi tepat.

Sebab dengan memanfaatkan ruang bawah tangga akan menghemat ruangan lainnya apalagi jika rumah dengan konsep minimalis.

Selain untuk rak TV bisa juga menambahkan beberapa rak lainnya di sekitarnya untuk menyimpan barang-barang kecil.

Konsep ini cocok bila ruang bawah tangga Anda memiliki ukuran yang cukup luas, namun jika tidak luas Anda bisa memakai meja TV.

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga untuk Ruang Cuci

Selain dibuat menjadi kamar mandi, ruang bawah tangga juga bisa dibuat menjadi ruang cuci dengan meletakan mesin cuci dan rak untuk menyimpan detergen dan pewangi serta perlengkapan mencuci lainnya.

Memanfaatkan ruang bawah tangga menjadi ruang cuci bisa diposisikan jika tangga berada di belakang rumah atau di dekat dapur dan kamar mandi. Pastikan dibuat lebih rendah sebab ruang cuci akan rawan terkena air.

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga untuk Ruang Bermain Anak

Anak-anak memang menyukai bermain terlebih jika di dalam rumah terdapat arena bermain sendiri untuk anak sehingga orang tua pun mudah memantau anak dan anak juga bisa bertanggung jawab membereskannya kembali jika selesai bermain.

Namun kendala bisa terjadi apabila rumah Anda sudah tidak memiliki ruangan untuk dijadikan tempat bermain.

Jika Anda memiliki tangga untuk naik ke lantai atas, coba manfaatkan ruang bawah tangga untuk dijadikan ruang bermain anak.

Anda bisa mendesainnya dengan konsep rumah-rumahan yang dilengkapi pintu dan 2 jendela atau bisa juga memberi karpet dan pembatas dan beberapa kotak mainan agar anak nyaman dan aman.

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga Sebagai Kandang Hewan Peliharaan

Apabila Anda khawatir menaruh hewan peliharaan di luar rumah, maka manfaatkan bawah tangga untuk dibuat menjadi kandang adalah pilihan tepat.

Hewan peliharaan tersebut bisa dilengkapi dengan makanan, minuman, dan alas untuk tidur. Namun kandang ini digunakan untuk sementara atau menjadi tempat tidur untuk hewan peliharaan.

Sebenarnya bisa saja kandang ini tidak hanya dilengkapi makanan, minum, dan alas saja namun bisa ditambahkan tempat untuk pup, hanya saja Anda harus rajin membersihkannya.

Kandang ini bisa untuk hewan jinak seperti kucing dan anjing. Selain alas, taruh juga beberapa bantal agar hewan peliharaan merasa nyaman.

Baca juga: 8 Ide Desain Ruang TV Bawah Tangga yang Estetik

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga Menjadi Taman Indoor

Untuk Anda yang menyukai konsep alami dan natural dalam rumah, Anda bisa gunakan tempat kosong di bawah tangga.

Buatlah taman kecil yang sederhana dengan menaruh beberapa tanaman hias pada pot di dalamnya. Sehingga, rumah akan terasa lebih asri dan sejuk.

Namun bisa juga Anda mengubah lantainya menjadi tanah dan kemudian ditamani beberapa tanaman dan pastikan tanaman mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga Menjadi Dapur Mini dan Pantry

Memiliki tangga di belakang rumah, coba fungsikan bagian bawah tangga menjadi sebuah dapur mini dan pantry.

Dapur mini ini bukanlah dapur utama untuk memasak namun hanya sekedar membuat teh atau kopi. Bisa juga dijadikan kitchen set di bawah tangga. Selain itu, bawah tangga juga bisa difungsikan sebagai tempat makan mini.

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga Sebagai Tempat Bersantai

Bawah tangga bisa Anda sulap menjadi tempat bersantai dengan menambahkan sofa panjang di bawahnya atau kasur mini kemudian bisa Anda pasang penutup seperti tirai atau pintu geser.

Apabila Anda akan membuat tempat bersantai di bawah tangga, buatlah juga ventilasi udara yang cukup agar tidak pengap.

Sekian ulasan yang bisa saya uraikan terkait desain ruang bawah tangga untuk menghemat space ruangan di dalam rumah.

Ubahlah bawah tangga menjadi sebuah ruangan atau tempat yang dapat difungsikan dengan baik dan agar rumah tampak lebih menarik. Editor: UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

Tinggalkan komentar