9 Inspirasi Rumah Plus Toko Minimalis Masa Kini

Mempunyai rumah plus toko minimalis di sisi depan atau samping tentu bisa jadi ide yang bagus untuk mengawali usaha rumahan.

Oleh sebab itu, memilih desain rumah plus toko minimalis harus dipertimbangkan dengan baik agar hunian dan tempat usaha ini tidak hanya terlihat praktis, namun juga estetis.

Selain bisa beristirahat di rumah sendiri, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan berupa uang dari aktivitas transaksi di toko.

9 Ide Desain Rumah Plus Toko Minimalis

Mempertimbangkan desain rumah plus toko minimalis ini juga tidak terlalu sulit.

Bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain rumah sekaligus toko seperti apa yang sesuai, berikut ada 9 inspirasi yang bisa dipilih untuk hunian sekaligus tempat usaha Anda.

Garasi Rumah Sebagai Toko

Rumah Plus Toko Minimalis

Ide desain rumah dengan memanfaatkan garasi sebagai tempat usaha sudah banyak dipilih oleh banyak pebisnis kecil untuk menjalankan usaha.

Untuk menciptakan desain rumah dengan memanfaatkan garasi sebagai tempat usaha, Anda perlu mempertimbangkan lokasi dan ukuran lahan yang ada.

Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan ukuran garasi dengan kebutuhan usaha yang akan dijalankan.

Rumah Dua Lantai dengan Toko Bagian Samping

Desain rumah dua lantai dengan toko pada bagian samping yang terpisah namun masih terlihat sebagai keseluruhan bangunan juga cukup menarik. Rumah akan semakin tampak elegan dan bersih jika Anda memilih warna cat putih.

Apabila bagian depan rumah masih memiliki lahan teras yang luas, maka bisa dimanfaatkan sebagai tempat bersantai dengan keluarga sembari menunggu toko.

Jika lahan di belakang rumah masih luas, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai lahan untuk bercocok tanam atau bermain.

Desain rumah ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan hunian yang nyaman, modern sambil menjalankan usaha

Rumah dengan Ruko Dua Lantai

Rumah Plus Toko Minimalis
Rumah Plus Toko Minimalis

Alternatif terbaik desain untuk usaha sekaligus rumah ialah ruko. Pada bagian bawah, Anda bisa gunakan sebagai tempat usaha, seperti toko ataupun kantor.

Di sana nanti juga bisa Anda berikan beberapa ruangan lain berupa kamar tidur dan kamar mandi. Sedangkan di lantai atas, biasanya terdapat ruang tamu yang sekaligus dimanfaatkan sebagai tempat tinggal.

Baca: desain rumah minimalis

Rumah Berpintu Kaca

Mengambil inspirasi desain rumah minimalis saat ini, maka Anda bisa memilih pintu yang terbuat dari bahan kaca agar bisa benar-benar menampilkan hunian yang modern dan minimalis.

Untuk menambah kesan mewah dan elegan, Anda bisa menggunakan garis-garis tajam dan material dari kayu, batu bata hingga beton.

Pemakaian pintu kaca transparan pada toko bisa memudahkan siapapun menemukan dan melihat isi toko Anda.

Rumah dengan Toko Minimalis Bagian Depan

Rumah Plus Toko Minimalis

Kembali memadukan desain toko kecil depan rumah yang sedikit menjorok ke depan jadi inspirasi desain rumah plus toko minimalis berikutnya.

Agar tempat tinggal sekaligus tempat usaha ini terlihat semakin elegan, pilih material berkualitas seperti batu alam untuk dinding.

Selanjutnya, poles dinding-dinding tersebut dengan warna netral seperti abu-abu atau putih untuk menguatkan kesan minimalis.

Pada bagian toko yang menjorok ke depan, Anda bisa memilih jendela-jendela berbentuk memanjang dari lantai hingga langit-langit agar mendapat pencahayaan yang cukup.

Tambahkan aksen-aksen pelat logam atau neon agar terkesan lebih modern. Jika desain ini bisa diaplikasikan dengan baik, maka bisa menjadi salah satu daya tarik untuk pengunjung.

Rumah Susun dengan Toko Disamping Garasi

Desain rumah minimalis susun dengan keberadaan toko di samping garasi menjadi pilihan desain rumah plus toko minimalis yang bisa dipilih selanjutnya.

Ruang garasi ini terhubung langsung dengan toko sehingga nanti Anda bisa mengakses toko dengan mudah dari dalam garasi.

Rumah Susun Berbalkon dengan Toko di Bawah

Desain rumah susun dengan pemakaian balkon ini bisa di depan ataupun bagian belakang rumah. Balkon ini nantinya juga bisa dibuka ataupun ditutup menyesuaikan preferensi pemilik rumah.

Pada bagian bawah bisa digunakan sebagai tempat usaha seperti toko yang terbuka untuk umum.

Desain Rumah Plus Toko Dua Pintu

Desain rumah plus toko minimalis selanjutnya ialah dengan menggabungkan rumah dan toko menjadi satu. Untuk rumah bisa berada di depan, sementara toko terletak di bagian samping.

Bangunan ini nantinya terdapat dua pintu dimana satu pintu untuk masuk rumah dan satu pintu lainnya untuk masuk ke toko.

Nantinya terdapat ruangan terpisah antara rumah dan toko yang digunakan sebagai ruang bersambung diantara keduanya.

Dengan demikian, Anda tetap bisa menjalankan bisnis di rumah tanpa khawatir dengan keamanan dan kenyamanan.

Baca juga: 16 Kelebihan dan Kekurangan Punya Rumah di Pinggir Jalan

Rumah Susun dengan Toko Disamping

Bagi Anda yang memiliki lahan luas, maka desain rumah plus toko minimalis ini bisa Anda pilih.

Bangunlah rumah susun dengan toko pada bagian samping atau bawah dan garasi berukuran luas untuk memarkir kendaraan pribadi.

Lantai atas bisa digunakan sebagai tempat tinggal, sementara untuk ruangan bawah bisa digunakan sebagai tempat usaha dan juga tempat penyimpanan.

Anda juga bisa menambahkan fasilitas seperti lift untuk memudahkan akses dari satu lantai ke lantai lainnya. Kemudahan ini bisa menjadi salah satu daya tarik dari toko Anda dari para pelanggan nantinya.

Tips Membangun Rumah Plus Toko

Selain mempertimbangkan desain rumah plus toko minimalis di atas, menentukan lokasi rumah juga tidak kalah penting untuk dipikirkan dengan matang.

Selain kenyamanan, pemilihan lokasi yang strategis bisa berpengaruh terhadap penjualan pada usaha yang dijalankan. Berikut beberapa tips membangun rumah plus toko yang bisa Anda ikuti.

  • Sebuah rumah sekaligus tempat usaha haruslah memiliki akses keluar masuk yang mudah agar keuntungan juga bisa bersifat jangka panjang.
  • Pertimbangkan jika kawasan yang Anda bangun sebagai rumah plus toko minimalis ini adalah kawasan pusat bisnis. Meski memang perlu dana yang cukup besar untuk membeli kawasan tersebut, namun ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu bentuk investasi jangka panjang.
  • Memilih membangun rumah yang dekat dengan fasilitas umum seperti rumah sakit, puskesmas atau tempat umum lainnya juga sangat menjanjikan untuk usaha Anda.
  • Membangun rumah plus toko ini juga harus mempertimbangkan kemungkinan bencana yang bisa muncul di kawasan tersebut. Oleh sebab itu, pastikan jika kawasan yang Anda bangun sebagai tempat tinggal dan usaha ini memiliki sistem drainase dan pengelolaan sampah yang baik.
  • Pastikan juga kawasan untuk bangunan Anda nanti memiliki ketersediaan listrik, air dan juga internet yang baik.
  • Bangunan yang berdekatan dengan tempat wisata juga sangat baik untuk usaha jangka panjang Anda. Terlebih jika lahan yang Anda miliki masih sangat luas, selain toko bisa juga digunakan juga sebagai tempat penginapan.
  • Memperhatikan lingkungan yang aman dari tindak kejahatan menjadi poin yang sangat penting berikutnya. Lakukanlah survey terlebih dahulu dengan masyarakat sekitar agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Beberapa desain rumah plus toko minimalis di atas nantinya bisa dieksekusi sempurna jika Anda juga mempertimbangkan beberapa tips dalam membangunnya.

Selain bisa digunakan untuk usaha, juga bisa dimanfaatkan sebagai investasi jangka panjang karena lokasi yang strategis memiliki nilai jual yang sangat tinggi di masa mendatang. Editor: (UN)

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *