Skip to content

Pentingnya Memiliki Rumah Ramah Lingkungan dan Hemat Energi, Solusi Hunian Masa Kini

Gaya rumah ramah lingkungan (eco friendly house) banyak diprediksi oleh arsitek akan menjadi tren rumah tinggal pada beberapa tahun mendatang. Munculnya kesadaran orang Indonesia tentang permasalahan lingkungan menjadi sebab terbesar.

Di sisi lain, semakin bertambahnya wawasan kesehatan masyarakat juga turut mendorong. Diantara caranya adalah mendesain arsitektur rumah ramah lingkungan dan hemat energi.

Pengertian rumah ramah lingkungan

rumah ramah lingkungan
rumah hijau – narmadi.com/properti

Tahukah Anda apa itu rumah ramah lingkungan?

Rumah eco friendly adalah sebuah rumah yang memliki konsep desain bersahabat dengan alam serta penggunaan yang maksimal pada potensinya.

Anda dapat menggunakan layout bangunan, material bangunan ramah lingkungan, penggunaan air yang baik, memaksimalkan area terbuka hijau, serta menggunakan sistem pembuangan yang tidak mencemari alam sebagai panduannya.

Teruntuk Anda yang menginginkan memiliki sebuah rumah atau sedang dalam langkah merenovasi, akan lebih bijak jika Anda memprioritaskan konsep rumah yang bersahabat dengan lingkungan. Di bawah ini panduan sederhananya untuk Anda.

Layout bangunan rumah

Pertama, Anda dapat menyisihkan sekitar seperempat luasan lahan rumah yang nantinya akan dijadikan sebagai tempat tanam.

Anda bisa menggunakan imajinasi liar Anda untuk menghijaukan area tersebut. Desain taman vertikal, pagar tanaman hingga kolam tanaman air dapat Anda jadikan sebagai konsep awal.

Karbondioksida yang dapat mengganggu kesehatan Anda akan dapat terserap dengan pemanfaatan tanaman. Kualitas udara yang baik juga dapat tercipta yang akan semakin meningkatkan kualitas hidup Anda.

Ketika musim penghujan, area hijau ini juga dapat menjadi daerah resapan air yang nantinya bisa menjadi cadangan air tanah pada musim kemarau.

Kedua, ketersediaan udara bersih dalam rumah dapat Anda dapatkan dengan menciptakan beberapa bukaan pada titik tertentu. Bukaan dapat berupa jendela ataupun pintu. Pencahayaan yang bersumber dari matahari biasanya juga digunakan pada rumah berkonsep eco friendly.

Untuk menurunkan suhu ruangan dapat Anda lakukan dengan sebuah taman yang dibuat di atap rumah.

Ketiga, minimalisai dinding atau sekat yang akan menjadikan udara dan sinar matahari dapat berlalu-lalang dengan bebas. Dengan desain ini juga akan menciptakan ruang multifungsi pada interior rumah.

Efektifkan pemanfaatan air

rumah ramah lingkungan
jendela menghijau – narmadi.com/properti

Anda dapat mengefektifkan pemanfaatan air dengan cara membuat sumur resapan, menghemat pemakaian air serta mendaur ulang air.

Air hujan yang biasanya tidak termanfaatkan dapat Anda alirkan menuju sumur resapan. Air bekas mencuci sayur atau air bekas mandi juga dapat Anda daur ulang kembali sebagai pembersih wc atau penyiram tanaman.

Penggunaan produk hemat energi

Beragamnya pilihan prodak elektronik berbasis hemat energi yang ada di pasaran akan memudahkan Anda dalam menentukan pilihan. Mulai dari televisi hemat energi hingga lampu hemat energi tersedia dengan berbagai ukuran.

Menggunakan produk-produk hemat energi selain dapat mewujudkan rumah ramah lingkungan juga dapat mengendalikan pengeluaran rutin bulanan Anda.

Tidak semua orang dapat melaksanakan poin-poin di atas guna menciptakan hunian yang tidak hanya ramah lingkungan namun juga hemat energi.

Baca juga: Pencahayaan Rumah Minimalis yang Baik Untuk Wujudkan Rumah Sehat & Nyaman

Keterbatasan pengetahuan dan dana merupakan masalah yang sering mengganjal dalam mewujudkannya. Jika Anda termasuk satu diantaranya Anda dapat mengkonsultasikan permasalahan tersebut dengan desainer yang berpengalaman kepercayaan Anda.

Kesimpulan

Dari banyaknya sisi positif yang ditimbulkan ketika memiliki rumah ramah lingkungan, apakah Anda tertarik untuk menerapkannya pada rumah Anda?

Tenang, tidak perlu banyak biaya kok untuk mewujudkan hunian yang ramah lingkungan. Jika Anda ada keniatan, maka segalanya akan mudah untuk Anda wujudkan.

Anda bisa memulainya dengan membiasakan diri menggunakan produk-produk yang tidak mencemari lingkungan.

Kemudian juga harus disiplin dengan berbagai hal yang terkait dengan kebersihan rumah tempat tinggal. Dengan mempraktekkan hal-hal sederhana tadi maka keberhasilannya akan relatif lebih tinggi.

Demikanlah ulasan kali ini mengenai bagaimana cara yang mudah dalam rangka mewujudkan rumah ramah lingkungan sekaligus hemat energi.

Dengan harapan besar setelah terwujudnya rumah tersebut bisa mengurangi global warming yang tentunya sangat mengancam keberlangsungan hidup di bumi. salam diminimalis, semoga bermanfaat. (am.) – editted by RN08122021, 06/01/2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.