4 Jenis Tanaman Anti Nyamuk, Pengusir yang Sehat dan Alami

Tanaman anti nyamuk merupakan salah satu solusi alami bagi kita yang melindungi keluarga kita dari gigitan nyamuk. Cara ini tentu lebih sehat daripada menggunakan obat nyamuk kimia yang juga memiliki efek buruk bagi manusia.

Dengan melindungi keluarga kita dari gigitan nyamuk, hal ini juga sebagai upaya kita untuk menghindarkan dari resiko penyakit malaria, demam berdarah dan lain sebagainya.

Selain kelambu nyamuk dan penggunaan obat nyamuk kimia, menanam tanaman anti nyamuk juga tak kalah efektif untuk mengusir nyamuk di rumah kita.

Selain biayanya murah,tanaman ini juga bertahan lama, sehingga kita tidak perlu keluar biaya untuk membeli obat pengusir nyamuk.

Pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan mengulas untuk Anda tentang beberapa jenis tanaman yang bisa Anda gunakan untuk mengusir nyamuk di dalam rumah minimalis Anda.

Tanaman Anti Nyamuk yang bisa Anda Tanam di Sekitar Rumah Minimalis Anda

tanaman anti nyamuk, tanaman anti nyamuk terbaik, tanaman anti nyamuk indoor, tanaman hias pengusr nyamuk dalam rumah
Lavender sebagai salah satu tanaman pengusir nyamuk yang efektif – narmadi.com/properti

1. Geranium

Di Indonesia tanaman ini dikenal dengan sebutan tapak dara. Tanaman ini mampu mengusir nyamuk karena mengandung zat sitronelol dan geraniol. Sifat kedua zat tersebut yang mudah terbawa angin, membuat armanya tercium di area sekitarnya.

Karena zat dari geranium bisa tersebar dengan sangat cepat, maka usahakan untuk menaruh tanaman ini di dekat tempat yang terkena angin, seperti jendela. Hal ini dimaksudkan agar aromanya bisa menyebar secara cepat dan merata.

2. Zodia

Bagi masyarakat pedalaman Papua, zodia bukanlah tanaman yang asing lagi di telinga mereka. Masyarakat Papua sudah terbiasa memetik daun zodia, kemudian menggosokkannya pada bagian tubuh mereka sebelum mengejar buruan di area hutan.

Hal ini bertujuan untuk menghindarkan mereka dari gigitan serangga dan nyamuk. Kandungan rutaecarpine dan evodiamine pada tanaman zodia terbukti ampuh untuk mengusir nyamuk secara tuntas.

Agar aroma bunga zodia dapat tersebar di sekeliling rumah, disarankan untuk menanamnya menggunakan pot di halaman rumah.

3. Akar Wangi

tanaman pengusir nyamuk, tanaman pengusir nyamuk paling ampuh, tanaman pengusir nyamuk alami
akar wangi efektif dapat mengusir nyamuk – Tanaman anti nyamuk – narmadi.com/properti

Tanaman akar wangi merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk yang tidak cocok untuk ditanam menggunakan media pot. Tanaman ini merupakan sejenis rumput-rumputan yang seringkali tumbuh secara liar di daerah pekarangan rumah.

Bau menyengat dari akar wangi ini konon terbukti ampuh dalam mengusir nyamuk. Bahkan nyamuk sekelas aedes aegypti pun tidak tahan terhadap aroma dari akar wangi.

4. Lavender

Tanaman anti nyamuk yang terakhir adalah Lavender. Bunga Lavender (Lavandula agustifolia) memiliki penampilan yang sangat menarik. Warnanya ungu kecil-kecil dan bergerombol di ujung tangkai.

Bunganya memiliki aroma wangi dan mengandung zat linalool dan lynalyl acetate. dua zat inilah yang tidak disukai nyamuk.

Untuk mengusir nyamuk, sebaiknya tanaman bunga Lavender di tempatkan di dekat pintu rumah, ventilasi atau lubang-lubang besar lainnya. Bunga Lavender juga bisa digosok-gosokkan pada kulit untuk menghindari gigitan nyamuk.

Demikian ulasan empat tanaman anti nyamuk. Semoga bermanfaat. Editted 14/01/2022 by diminimalis

lutfi.diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Agustus 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.