Tips Memilih Warna Cat Kusen Jendela dan Pintu yang Bagus

Bingung mau mengadopsi kombinasi warna cat kusen jendela dan pintu yang bagus seperti apa?

Sebenarnya gampang saja untuk mengetahui seperti apa warna cat kusen jendela dan pintu yang bagus itu, karena tinggal mengikuti konsep rumah yang diusung.

Jika kusen jendala dan pintu di rumah Anda dari material kayu, maka akan lebih cocok dibuat warna yang senada dan mampu mempertegas unsur kayu itu sendiri.

Coklat dengan plitur yang menonjolkan karakter warna natural dari kayu termasuk yang terbaik untuk diusung. Bisa juga warna putih polos yang mana warna ini banyak dipakai pada hunian-hunian modern saat ini.

Warna cat kusen jendela dan pintu yang bagus dan tepat sebenarnya pilihan terbaiknya dua warna itu dari pada memaksakan diri dengan warna lain.

Alternatif keduanya, Anda bisa pilih warna abu-abu, atau lainnya yang senada asalkan tidak jomplang dengan warna dari elemen lainnya dalam ruangan.

Kita bicara soal dua hal yang berbeda yaitu kusen dan daun pintu atau jendelanya. Dalam beberapa kasus nanti akan kita singgung sedikit soal bagaimana memadupadankan keduanya.

Sekarang kita masuk ke pembahasan utama dulu yaitu soal bagaimana cara menentukan ide kombinasi warna cat kusen jendela dan pintu yang bagus dan benar-benar tepat.

Namun sebelum kesana juga, kita perjelas dulu apa itu kusen dan apa fungsinya dalam sebuah konstruksi rumah.

Apa itu Kusen?

Sebelum bicara soal pemilihan warna cat kusen jendela dan pintu yang bagus seperti judul artikel ini, kita mulai dulu dengan pengertian kusen ya.

Sebab kami yakin tidak sedikit dari Anda yang masih bingung dengan pengertian kusen, fungsinya, dan seperti apa bentuknya.

Jadi apa itu kusen?

Kusen sendiri berarti rangka atau frame yang dipakai untuk meletakkan daun pintu ataupun jendela.

Biasanya terbuat dari material kayu yang kuat karena supaya tahan lama sesuai usia rumah yang diinginkan.

Peran kusen ini cukup penting untuk menunjang eksistensi pintu dan jendela agar berfungsi maksimal. Oleh karenanya dari sisi pemiliahan warna cat pun, kusen menjadi bagian yang harus masuk dalam pertimbangan.

Hubungan Keserasian Warna Antar Elemen: Kusen, Daun Pintu dan Jendela serta Dinding

warna cat kusen jendela dan pintu yang bagus
Kombinasi warna cat kusen jendela dan pintu yang bagus seperti apa?

Harus disadari dulu bahwa memilih warna bagian-bagian dari hunian Anda bisa berkontribusi besar terhadap kenyamanan dan ketentraman sehari-hari selama di rumah.

Meskipun soal warna tampak sepele, Anda tetap harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti apakah cocok atau tidak dengan konsep rumah.

Tujuannya apa?

Tidak lain karena rumah modern saat ini lebih dari sekedar untuk ditempati saja. Tapi juga menonjolkan sisi estetika yang memang menjadi ciri khas rumah minimalis modern saat ini.

Khusus untuk kusen jendela dan pintu, banyak hal yang perlu didiskusikan, salah satunya berkaitan dengan keserasian warna.

Misalnya, haruskah kusennya berwarna sama dengan daun jendela atau pintunya?

Umumnya, tidak ada jawaban yang benar atau salah saat menentukan pemilihan warna jendela dan pintu dengan kusennya.

Jika sebagian besar furniture dan dekorasi di rumah Anda memiliki warna yang sama, maka mengecat pintu dan kusen dengan warna yang sama tetap bisa “masuk”.

Meskipun soal warna sebagian besar tergantung pada preferensi masing-masing pribadi, namun ada beberapa poin yang bisa dijadikan pathokan.

Berikut ini beberapa tips untuk Anda dalam menentukan warna cat kusen jendela dan pintu yang bagus.

  1. Berprinsiplah pada kohesivitas (kepaduan) warna
  2. Warna kontras bisa jadi pilihan terbaik
  3. Warna netral bagus karena menunjukan ketenangan

Mari kita bahas satu-satu apa yang dimaksud dengan ketiga poin ini.

Kohesivitas (perpaduan) warna

Saat mempertimbangkan pemilihan warna cat kusen jendela dan pintu yang bagus, penting untuk memikirkan warna elemen lain di sekitarnya demi mendapatkan keserasian.

Elemen lain yang dimaksud disini diantaranya ialah dinding, furniture, atau bahkan pintu lain di ruangan samping.

Keseimbangan yang tepat antar elemen dalam ruangan misalnya kusen dengan daun jendela dan pintu akan memberikan kesan yang lembut dan kalem.

Sebagai contoh, jika dinding menggunakan warna-warna yang hangat seperti orange, maka sebaiknya dipadukan dengan warna lis aksen yang hangat juga.

Warna dinding abu-abu bisa dikombinasikan dengan warna putih pada kusen dan jendela/pintunya. Begitupula dengan warna lain yang senada dan jika dipadukan akan menghasilkan kombinasi warna yang bagus.

Mempertahankan perpaduan warna menjadi penting karena jika tidak maka dilihatpun kurang bagus.

Warna Kontras bisa jadi pilihan terbaik

Jika Anda memutuskan untuk memilih warna kontras untuk warna cat kusen jendela dan pintu yang bagus menurut Anda, maka seolah akan memberikan pemisahan yang jelas di antara keduanya.

Hal Ini membawa efek yang berlawanan namun tetap cocok dibandingkan dengan mengusung nuansa dan warna serupa. Jadi, meski kontras dan berlawanan namun akan tetap bagus dan enak dilihat kok.

Meski memadukan warna kontras itu gampang, tetap saja untuk mendapatkan perpaduan yang pas ada cara yang harus dipedomani.

Cara membuat warna kontras pada kusen supaya pas dan enak dilihat adalah dengan membuat bagian pinggiran kusennya lebih terang atau lebih gelap dari dinding.

Warna kusen bisa dibuat lebih terang daripada dindiningnya. Hal ini akan menambah keanggunan dan menonjolkan fitur artistik yang berbeda di sekitar pintu/jendela.

Warna kontras yang dihasilkan oleh kusen jendela dan pintu yang gelap versus dinding yang cerah atau sebaliknya, akan menambah kedalaman karakter. 

Sehingga, hunian Anda nantinya akan punya khas yang mungkin tidak ada di rumah-rumah lain.

Jika Anda jadi mengambil warna yang kontras, penting untuk mempertimbangkan skema warna yang tepat ya. Sebab jika tidak, maka hasilnya bisa saja jomplang dan tidak sesuai dengan yang Anda harapkan.

Pilih Warna Netral juga Tidak Salah

Jika Anda kurang “berani” ambil resiko dengan menerapkan kombinasi kontras, mengusung warna netral juga termasuk pilihan yang aman.

Warna cat kusen jendela dan pintu yang bagus bisa dihasilkan dari warna netral karena tetap mampu menghasilkan tampilan yang indah dan rapi.

Jika dinding Anda berwarna netral, maka Anda dapat dengan mudah memadukannya dengan warna lain. 

Misalnya dengan menambahkan furniture yang berwarna soft seperti abu-abu, hijau muda atau warna lain yang tidak terlalu mencolok.

Menggunakan warna netral pada kusen pintu/jendel terutama jika dinding ruangan juga pas/matching maka akan menghasilkan kombinasi desain yang pas.

Baca juga: Kusen Aluminium Vs Kayu, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Apakah Cocok Kusen Diaplikasikan Warna Putih?

Ya, kusen pintu berwarna putih menjadi pilihan yang populer diterapkan di rumah-rumah minimalis modern.

Putih memungkinkan nada kayu jadi terlihat lebih cerah atau lebih berani ketimbang mengusung warna lain yang gelap.

Dibandingkan dengan warna lain, Anda dapat dengan mudah memadukan warna putih dengan warna apapun kan?  

Apalagi ada teori bahwa garis-garis putih yang dihasilkan oleh warna tesebut dapat memantulkan cahaya terutama di ruangan dengan interior yang didominasi warna putih juga.

Itulah kenapa ruangan dengan warna putih seringkali jadi terlihat lebih hidup dan lebih luas dari yang sebenarnya.

Kesimpulan:

Sudah tahu bagaimana kiat terbaik menentukan warna cat kusen jendela dan pintu yang bagus dan tepat?

Jika sudah dan ditentukan warna terbaik, jangan lupa untuk merawat kusen di rumah Anda dengan baik ya. Sebab, banyak yang abai dengan elemen rumah yang satu ini padahal sama tidak awetnya dengan furniture jika tidak dilakukan perawatan.

Sekali lagi sebenarnya tidak ada standar benar salah dalam menentukan kombinasi warna kusen jendela dan pintu ini ya. Karena semua sesuai selera. Hanya saja, jika bicara rekomendasi maka poin-poin pada artikel ini bisa Anda terapkan.

Bukankah akan lebih baik jika pemilihan warnanya tepat dan hasilnya bagus? Semoga strategi Anda dalam mengatur dan menentukan warna cat kusen jendela dan pintu yang bagus di rumah Anda sukses ya.

rofik n

Being Content Writer Since 2017. Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Februari 2018. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.