12 Warna Cat Ruang Keluarga yang Bagus

Ruang keluarga menjadi tempat yang tepat untuk terhubung serta menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Memilih Warna Cat Ruang Keluarga yang tepat akan jadi sesuatu yang indah.

Agar suasana yang diciptakan semakin hangat dan nyaman, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan ketika menata ruang keluarga. Salah satunya adalah menentukan warna cat ruang keluarga tersebut dengan tepat.

Rekomendasi Warna Cat Ruang Keluarga yang Bagus

warna cat ruang keluarga
warna cat ruang keluarga yang bagus

Tidak sekedar memberi kesan nyaman, warna-warna tertentu yang diterapkan terkadang bisa menimbulkan emosi serta suasana dari penghuninya. Bahkan menurut feng shui, beberapa warna memiliki makna sendiri-sendiri.

Agar tidak salah dalam menerapkan warna cat ruang keluarga, berikut rekomendasi warna yang diantaranya dilihat dari kacamata feng shui yang bisa Anda terapkan:

1. Kuning

Rekomendasi warna cat ruang keluarga pertama yang bisa menghadirkan suasana hangat seperti sinar matahari dan membawa ketenangan ialah kuning.

Warna kuning saat ini sedang populer diterapkan untuk ruang keluarga karena bisa menciptakan getaran kebahagiaan untuk para penghuninya ketika beraktivitas.

Menurut feng shui, warna ini juga bisa merangsang kreativitas dan menarik rezeki untuk para penghuni rumah.

Agar tidak monoton, Anda bisa memadukan warna-warna gelap seperti cokelat tua atau hitam. Untuk penggunaannya bisa diterapkan di lantai atau kusen jendela.

2. Biru

Selain warna kuning, warna biru juga sering dipilih untuk diterapkan pada desain ruang keluarga karena menimbulkan kesan elegan dan mahal.

Selain indah, pemilihan warna biru bisa membuat suasana ruangan keluarga jadi lebih tenang dan menyenangkan, sehingga sangat sesuai untuk dijadikan titik kumpul keluarga.

Untuk menyeimbangkan energi chi menurut feng shui, maka Anda bisa menambah dekorasi cantik seperti lukisan yang bertema alam seperti danau ataupun kolam.

3. Putih

warna cat ruang keluarga

Jika Anda adalah tipe orang yang mudah khawatir salah pilih warna, maka warna putih sesuai untuk diterapkapkan pada ruangan keluarga.

Selain ideal, pemilihan warna yang netral iniĀ  bisa menimbulkan kesan ruangan yang luas dan juga bersih.

Dalam elemen ilmu feng shui, warna putih erat kaitannya dengan metal dan bisa membawa presisi, kebahagiaan dan kekuatan. Idealnya, warna putih ini diterapkan untuk ruang tamu yang posisinya berada di barat atau barat laut.

Agar semakin menarik, Anda juga bisa menambahkan dekorasi pada ruangan ini dengan berbagai perabot sesuai preferensi.

4. Abu-abu

Memilih warna abu bisa membuat ruangan menjadi lebih elegan dan modern. Untuk mempercantik tampilan ruang keluarga, Anda juga bisa menambah material dengan gaya minimalis dan modern.

Sementara untuk menciptakan kesan yang sederhana dan natural, maka bisa memadukan warna cat abu ini dengan warna putih atau hitam yang netral.

Berdasarkan ilmu feng shui, warna abu-abu juga bisa mendatangkan keberuntungan, terlebih di tahun metal.

Energi yang dimiliki warna abu mirip dengan warna putih, namun tidak terlalu menyilaukan. Lebih baik, Anda pilih warna abu yang tidak terlalu gelap karena ini justru bisa memberi efek negatif bagi para penghuninya.

5. Cokelat dengan Aksen Hitam

Pemilihan warna cokelat dipadu warna hitam sebagai pilihan warna cat ruang keluarga bisa menimbulkan kesan klasik, modern dan maskulin sekaligus. Perpaduan warna gelap ini juga bisa memberi kesan ruangan yang teduh dan juga hangat.

Akan lebih elegan jika Anda berani memadukan warna-warna gelap lain seperti halnya warna abu-abu. Pemilihan warna cokelat menurut feng shui bisa membawa kestabilan dan kedamaian bagi para penghuninya.

Baca juga: 5 Model Sofa Ruang Keluarga yang Nyaman

6. Krem

Pilihan warna cat ruang keluarga yang bisa dipilih selanjutnya ialah warna krem. Warna ini sangat cocok untuk menjaga kestabilan emosi dan membuat penghuninya menjadi lebih tenang selama menjalani aktivitas di dalam rumah.

Warna krem juga bisa mempresentasikan sebuah kemurnian karena warna ini termasuk kategori palet warna putih.

Supaya ruangan tidak monoton, maka untuk perabotan di dalam rumah bisa memilih warna lain seperti cokelat agar tampak lebih elegan, namun tidak berlebihan.

7. Hijau Gelap

Bagi pecinta warna gelap, maka pemilihan warna hijau gelap ini bisa Anda terapkan di ruang keluarga Anda. Warna hijau gelap ini bisa menciptakan kesan ruangan yang natural dan rindang seperti di alam.

Ruang keluarga juga akan semakin hangat dan kalem saat digunakan untuk berkumpul dalam waktu lama.

Agar lebih menarik, maka padukan warna cat hijau gelap ini dengan elemen kayu serta warna-warna cerah lain seperti pemilihan warna putih dan beige.

8. Pink Pastel

Jika yang sudah disebutkan di atas lebih banyak warna cat ruang keluarga yang menimbulkan kesan maskulin, maka warna satu ini bisa memberi kesan manis dan cantik.

Warna pink memang masih belum terlalu populer, namun sangat cocok untuk Anda penyuka desain dengan gaya feminim. Sebagai aksen tambahan, Anda juga bisa memadukan warna-warna lain seperti hitam, putih atau emas.

9. Magenta

Salah satu desain warna yang masih populer hingga sampai saat ini ialah warna magenta. Berbeda dari warna pink, warna magenta memiliki tampilan warna yang lebih gelap seperti memiliki perpaduan dari warna ungu.

Penerapan warna ini bisa membuat tampilan ruang keluarga menjadi lebih elegan dan menawan.

Untuk menimbulkan kesan kontras dengan ruangan, maka padukan warna magenta ini dengan pemilihan warna yang lebih terang seperti warna putih.

10. Kombinasi dari Warna Beige dan Kayu

Selain warna pink pastel, warna beige bisa diandalkan untuk Anda pecinta warna terang. Warna cat ruang keluarga satu ini memang bisa dikatakan sederhana, namun bisa menimbulkan kesan yang bersih dan juga luas.

Beige biasanya dipadukan atau dikombinasikan dengan elemen kayu untuk menimbulkan suasana keluarga yang hangat dan sejuk dengan berani memainkan warna earth tones.

Pemilihan warna ini juga akan membuat Anda dan anggota keluarga lain menjadi betah berlama-lama berada di ruang tamu sehingga akan tercipta kekeluargaan yang semakin erat.

Baca juga: Inilah Daftar Harga Cat Tembok Anti Air 5 Kg Terbaru

11. Oranye

Warna cerah lain yang sering digunakan untuk cat di ruang keluarga selanjutnya ialah warna oranye. Warna cerah yang satu ini bisa menimbulkan kesan ruang tamu yang lebih semarak.

Untuk menambahkan kesan sejuk pada ruangan, Anda juga bisa memadukannya dengan furnitur yang memiliki warna dasar hijau atau cokelat. Dengan cara ini, ruang keluarga di rumah menjadi tidak terlalu gelap dan suram.

12. Peach

Warna peach sangat cocok diterapkan untuk ruang keluarga agar terasa sejuk dan nyaman, namun juga tetap terlihat modern dan mewah.

Sama halnya dengan warna pink, warna ini juga bisa memberi nuansa manis dan juga ramah. Agar tidak monoton, pilihlah furnitur yang bernuansa natural dan juga pastel.

Itulah beberapa rekomendasi pilihan warna cat ruang keluarga yang bisa Anda coba terapkan di rumah. Sebagai catatan, memilih warna cat yang cerah nantinya bisa menciptakan nuansa yang terang dan sejuk di ruang keluarga.

Sementara untuk pemilihan warna gelap, bisa membuat para penghuninya mendapatkan nuansa yang mewah, sejuk dan modern. Jadi, pada akhirnya pemilihan warna cat ruang keluarga satu ini dikembalikan pada selera dan kebutuhan masing-masing pemilik rumah.

Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website