Hp Sony Xperia L4: Spesifikasi, Harga, Plus, Minus

Kembali mereview seri hp Sony keluaran 2020 an. Kali ini kita beralih ke HP Sony Xperia L4 yang sempat booming dan mencapai penjualan fantastis sejak peluncurannya pada April 2020 yang lalu.

Spesifikasi HP Xperia L4 ini sendiri memang bukan yang paling diunggulkan di rentang harga ini. Namun, kehadirannya yang dibekali dengan layar seluas 6,2 inch membuat HP ini mempunyai sudut pandang tampilan yang luas dan membuat nyaman.

Belum lagi disematkannya Operating System [OS] Android Pie (9.0) membuat spesifikasi HP Sony Xperia L4 makin lengkap. Secara tampilan lebih indah dan memanjakan mata. Dukungan chipset dan dapur pacu yang di atas rata-rata menjadi keunggulan yang khas dari HP ini.

Praktis, secara keseluruhan HP ini sangat rekomend untuk Anda miliki meski tentu saja ada kekurangannya di beberapa bagian. Kita akan bahas spesifikasi HP Sony Xperia L4 ini secara ringkas lalu lanjut ke sub bahasan kelebihan dan kekurangan. Terakhir, akan ada sedikit info soal banderol harganya saat ini.

Spesifikasi HP Sony Xperia L4

Sony Xperia L4 hadir dengan dua varian warna, yaitu hitam dan biru. Dua pilihan warna ini membuat konsumen bisa memilih mana yang terbaik dan sesuai selera.

Dengan RAM sebesar 3 GB dan internal memory 64 GB sepertinya sudah cukup worthed untuk digunakan menginstal aplikasi dan file secara maksimal. Meski dibekali baterai berkapasitas 3.580 mAh sepertinya tidak perlu dijadikan masalah besar karena sistem yang sudah mendukung pengisian cepat [fast charging].

Nah, berikut ini spesifikasi HP Xperia L4 yang mungkin bisa Anda intip sebelum memutuskan untuk beli.

Spesifkasi HP Sony Xperia L4
Spesifikasi Sony Xperia L4 via sony.co.uk
  • Tanggal Rilis                        : 28 April 2020
  • Sistem Operasi (Versi)   : Android Pie (9.0)
  • SIM                                      : Single SIM (Nano-SIM), Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • CPU                                     : Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
  • GPU                                     : PowerVR GE8320
  • Memori Internal               : 64 GB
  • RAM                                    : 3 GB
  • Baterai  Non-removable : Li-Ion 3580 mAh
  • Quick Charge                     : Fast Charging USB Power Delivery
  • Ukuran Layar                      : 6.2 inch
  • Resolusi Layar                    : 20 x 1680 pixels, rasio 21:9
  • Tipe Jaringan                      : GSM / HSPA / LTE
  • Kamera Belakang             : 13 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/3.0″, 5 MP, f/2.2, 17mm   (ultrawide), 1/5.0″, 1.12µm dan 2 MP, f/2.4, (depth)
  • Kamera Depan                  : 8 MP, f/2.0, 27mm (wide)
  • Fitur                                   : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Ukuran Dimensi                : 159 x 71 x 8.7 mm
  • Berat                                 : 178 gr

Desain Fisik

HP Sony Xperia L4 menyuguhkan tampilan desain bodi yang modern dan ramping. Pada bagian casing memang masih menggunakan plastik sebagai material utamanya. Namun pada bagian depan layarnya yang sudah menggunakan kaca berkualitas membuatnya istimewa secara tampilan.

HP Sony Xperia L4 ini memiliki dimensi sebesar 159 x 71 x 8.7 mm dengan bobot 178 gram sehingga terlihat ramping seperti hp lain pada umumnya. Apalagi, dibekali dengan ukuran layar yang terbilang luas sehingga akan membuat nyaman saat digunakan menonton video atau bermain game.

Varian warna yang bisa dipilih hanya ada dua, yaitu hitam dan biru. Memang seperti kurang banyak secara pilihan, namun justru bagi sebagian orang tidak masalah karena jadi tidak perlu terlalu pusing hanya untuk menentukan pilihan warna.

Fyi, HP Sony Xperia L4 ini sudah dibekali dengan sensor sidik jari dan akselerometer yang akan sangat membantu menunjang kinerja HP ini.

Tampilan Layar

Spesifkasi HP Sony Xperia L4
Tampilan layar yang ciamik via sony.co.uk

Desain layar pada Sony Xperia L4 cukup luas dengan ukuran 6,2 inch. Dengan adanya teknologi panel membuat warna yang dihasilkan jauh lebih baik dan jernih.

Tampilan pada layar bisa menampilkan gambar dengan kualitas HD 720 x 1680 pixels. Adapun rasio layarnya sebesar 21:9.

HP Sony Xperia L4 ini memiliki kerapatan pixel hingga 295 ppi yang membuat screen display nya terlihat lebih baik dan jernih. Hasilnya, akan sangat tajam saat digunakan utuk menonton video atau memainkan game kesukaan.

Kualitas Kamera

HP Sony Xperia L4 dibekali dengan 4 kamera handal, tiga di bagian belakang sebagai rear camera dan satu di depan sebagai selfie camera. Kamera belakangnya masing-masing sebesar 13 MP untuk lensa wide, 5 MP untuk ultrawide, dan 2 MP untuk lensa makro.

Sementara itu, untuk kamera selfi, HP ini dibekali dengan lensa wide 8 MP ber-aperture 2.0 dan ketebalan lensa 27 mm. Kemampuan merekam video dari HP ini juga sudah cukup bagus karena bisa record kualitas gambar bergerak 1080 pixels dengan framerate 30 fps.

Kemampuan rekam video antara lensa belakang dan depan sama baiknya. Ditambah lagi dengan dukungan LED Flash berkualitas ala Sony, menjadikan HP ini layak untuk dipakai membuat konten video.

Spesifkasi HP Sony Xperia L4
Kemampuan kamera yang handal via sony.co.uk

Untuk fitur lainnya ada mode panorama yang bisa dipakai untuk mengambil gambar landscape dengan lebih banyak sisi terlihat. Kualitas HDR yang disematkan pada hasil akhir foto menjadikannya worthed untuk membidik apapun dalam kondisi bagaimanapun.

Kapasitas Baterai

Spesifkasi HP Sony Xperia L4
Baterai sudah fast charing system via sony.co.uk

Baterai seringkali menjadi salah satu alasan banyak orang untuk memilih HP tertentu. Kapasitas baterai pada HP Sony ini adalah sebesar 3.580 mAh dan tidak bisa dilepas alias non removable.

Meski kapasitas segitu termasuk kurang untuk smartphone modern saat ini, namun hp Sony harga 2 jutaan ini sudah dibekali dengan sistem fast charging. Sistem pengisian cepat ini akan memudahkan pengguna yang ingin cepat terisi untuk segera dibawa pergi.

Atau kalau tidak memungkinkan dicas menggunakan kabel dan kepala sekaligus, maka bisa dengan USB cable. Bisa dicas saat di mobil atau via laptop.

Kelebihan dan Kekurangan HP Sony Xperia L4

Setiap ponsel berapapun harganya dan secanggih apapun spesifikasi yang diunggulkan tentu ada kelebihan dan kekurangannya.

Setidaknya minus itu bisa ditutupi dengan kelebihan yang ditawarkan serta penawaran harga yang sebanding. Mari kita lihat apa saja kelebihan dan kekurangan dari HP Sony Xperia L4 ini.

Kelebihan

Jaringan internet 4G LTE

Di awal tahun 2020, hp di harga yang sama dengan tipe jaringan 4G LTE belum banyak. HP Sony Xperia L4 ini jadi salah satu yang menyuguhkan keunggulan ini. Meski setelahnya ada banyak smartphone lain yang terus menyainginya, namun L4 masih tetap istimewa.

Pemindai sidik jari di sisi samping bodi

Bagi sebagian orang fingerprint di bagian samping lebih efektif lantaran tidak perlu memutar HP untuk menempatkan jari telunjuk di area sensor. Cukup dengan menyentuh bagian samping bodi sembari memegangnya sudah bisa unlock.

Layar seluas 6.2 inci

Dimensi layar dengan ukuran 6,2 inch terbilang cukup luas dan mantap dioperasikan. Untuk menonton video atau gaming yang memerlukan view luas sangat pas.

Chipset Mediatek MT6762 Helio P22

Dapur pacu mediatek pada HP Sony Xperia L4 ini bertipe Helio P22. Kita tahu bahwa produk Helio sangat supportif terhadap kinerja mesin dalam memproses aktivitas penggunaan. Efeknya, ketika HP ini digunakan untuk bermain game dan aktivitas berat lainnya sangat smooth.

OS Android Pie

Dukungan sistem operasi sangat membantu kinerja HP dalam menyajikan tampilan layar yang memukau. HP ini sendiri sudah dibekali dengan OS bertipe android Pie dimana sudah cukup canggih untuk smartphone dengan rentang harga semurah ini.

Triple rear cameras 13 MP + 5 MP + 2 MP dan 8 MP selfie camera

Fitur kamera lagi-lagi menjadi pertimbangan yang cukup penting dalam menentukan kualitas sebuah HP. Sony Xperia L4 ini sendiri dibekali dengan 3 lensa kamera utama untuk membidik fokus berdasarkan orientasinya: wide, ultrawide, dan makro.

Sementara itu, kamera selfi hp ini ternyata juga tak kalah mentereng. Dibekali dengan kapasitas 8 MP sudah mampu menghasilkan swafoto yang jernih dan berkualitas.

Kekurangan

Bodi bermaterial plastik

Sebenarnya jika melihat harganya, penggunaan material plastik untuk desain bodi tidak perlu jadi masalah besar. Memang dari sisi eksterior HP ini masih menggunakan material plastik, namun sudah cukup kuat untuk membungkus mesin dan segala perangkat mikro di dalamnya. Selain itu yang terpenting tetap tampil elegan dengan varian warna yang bermacam-macam.

Tidak ada pelindung layar

Salahs atu kekurangan lain dari HP Sony Xperia L4 ini adalah tidak adanya pelindung layar yang bisa diandalkan untuk menjaga dari goresan. Padahal, sebagian besar hp dengan harga yang sama sudah dibekali dengan fitur pelindung layar.

Resolusi layar belum Full HD

Satu lagi minus dari Sony Xperia L4 adalah perihal resolusinya yang belum Full HD. Pentingnya resolusi layar berkualitas tinggi adalah pada saat dipakai untuk memainkan game dan menonton video dimana kualitasnya akan pecah-pecah atau tidak.

Terlepas dari kekurangan yang ada  pada HP ini, sebenarnya kelebihan yang ada sudah cukup mengesankan HP ini sebagai salah satu yang terbaik di kelasnya.

Baca juga: Review HP Sony Xperia 10 II – Spesifikasi dan Harga Terbaru 2021

Harga HP Sony Xperia L4

Sebagai penutup, mari kita bahas seberapa tinggi pasar memberikan harga untuk HP ini. Sampai dengan saat ini Sony Xperia L4 ini tidak banyak stok nya di pasaran. Hal ini karena Indonesia bukan termasuk pasar yang masif dijadikan sasaran pemasaran.

Adapun harga yang dibanderol untu HP Sony Xperia L4 ini ada di rentang Rp 2.500.000 hingga Rp 3.500.000.

Jadi, kalau Anda merasa Spesifikasi Hp Sony Xperia L4 ini cukup worthed untuk dibeli dengan harga tersebut segera saja beli di toko online atau ke gerai HP terdekat di kota Anda.

Editted by UN.

Rofiq Syuhada

Menulis pertama kali dimulai tangga 6 Juni 2019. Fokus penulisannya seputar dunia teknologi dan telekomunikasi. Termasuk masalah perkembangan hp baru. Hobby komputer dan jaringan. suka membaca review handphone termasuk hal-hal yang terkait dengan life plus. Enjoy!

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *