Estimasi Biaya Pembuatan Kolam Renang Skimmer dan Overflow

“Mengetahui perkiraan biaya pembuatan kolam renang skimmer dan overflow ini, cukup berguna sebagai acuan dasar pembangunan kolam renang”.

Tidak semua insan diberi kemampuan finansial untuk memiliki kolam renang. Kita tahu bahwa pembuatan kolam renang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Beruntung bagi siapa saja yang dikaruniai kelebihan rezeki sehingga bisa memiliki kolam renang di rumah.

Dampak dari mahalnya biaya pembangunan kolam renang, mengkondisikan bahwa pembuatan kolam renang hanya bisa direalisasikan oleh orang orang yang memiliki uang lebih.

Bisa jadi demikian.

Saya termasuk satu orang yang beruntung, dimampukan untuk memiliki kolam renang pribadi di belakang rumah. Saya membangun kolam renang pribadi bukan tanpa alasan.

Ada beberapa alasan pribadi, kenapa saya bikin kolam renang.

4 Alasan saya memiliki kolam renang pribadi

  1. Berenang adalah olahraga yang dianjurkan Nabi (artinya ini adalah jenis olahraga yang nyunah)
  2. Olahraga berenang adalah olah raga yang paling sesuai untuk semua kelompok umur.
  3. Kolam renang merupakan bagunan tambahan yang bisa menambah fasilitas rumah sekaligus memiliki nilai plus dalam investasi properti.
  4. Alasan saya yang terkahir yaitu, karena saya juga memiliki bisnis / usaha kontraktor kolam renang. 🙂

Itulah beberapa alasan, kenapa memiliki kolam renang pribadi menjadi penting buat saya.

Pada dasarnya proses pembangunan kolam renang bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki keahlian dalam membangun.

Bisa dilakukan oleh tukang biasa yang tidak memiliki pendidikan formal sipil. Ataupun dilakukan oleh orang memiliki teknik dasar sipil.

Itu mutlak hak Anda, mau menggunakan jasa yang mana, yang sesuai dengan minat Anda.

Namun …

Menurut hemat saya, dalam membangun sebuah kolam renang harus melibatkan orang yang ahli di bidang konstruksi kolam renang. Jangan menggunakan orang yang asal bisa membangun saja.

Bukan juga asal dibangun, yang kemudian targetnya hanya berwujud sebuah kolam renang.

Design, layout, Plumbing system, electrical system, mechanical system, dan konstruksi wajib melalui proses perencanaan yang matang. Ini dipikirkan diawal sebelum dimulainya pembangunan kolam renang.

Jangan sampai kolam renang yang baru selesai dibangun, kemudian ditemukan sistem filtrasi kolam renang tersebut tidak bekerja.

Tidak bekerjanya sistem filtrasi sudah pasti akan mengakibatkan kondisi air kolam renang Anda selalu bermasalah.

Jika masalah ini menimpa Anda, tentunya Anda akan merasa sangat kecewa. Biaya pembangunan sudah terlanjur keluar banyak, tetapi kolam renang tidak berfungsi maksimal.

Boro-boro bisa digunakan untuk berenang.

Untuk itu, gunakan perusahaan jasa kontraktor kolam renang profesional, yang memiliki legalitas jelas, memiliki tim ahli dan berpengalaman. Ini saya rekomendasikan, agar Anda tidak kecewa dikemudian hari.

Yuk kita lanjutkan …

Kali ini saya akan mengulas tetang estimasi anggaran biaya pembuatan kolam renang.

Jika dalam waktu dekat ini Anda akan membangun kolam renang, maka artikel ini bisa menjadi tambahan referensi untuk Anda.

So, lanjutkan membacanya …

Ada dua jenis sistem sirkulasi kolam renang yang umumnya diaplikasikan pada kolam renang.

  1. Kolam renang dengan sistem sirkulasi skimmer
  2. Kolam renang dengan sistem sirkulasi overflow

Untuk itu, estimasi biaya yang akan saya urai di bawah ini, akan mewakili 2 estimasi jenis biaya. Biaya pembuatan kolam renang skimmer dan estimasi biaya pembuatan kolam renang overflow.

Kita mulai dengan kolam renang skimmer

Pembuatan Kolam Renang Skimmer

Sebelum masuk ke dalam pembahasan rincian biaya pembuatan kolam renang skimmer, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu, apa itu kolam renang skimmer.

Kolam renang skimmer adalah kolam renang yang dibangun dengan struktur khusus yang menggunakan peralatan tambahan dengan sebutan skimmer box.

Kolam renang yang menggunakan sistem sirkulasi skimmer box secara visual akan menampakkan kondisi air kolam renang yang tenang, tanpa adanya limpahan air ke sebagian dinding kolam renang tersebut.

Apa Sih Skimmer box itu?

Menurut kidshealth, skimmer box adalah sebuah kotak yang didesain khusus agar terhubung dengan pompa kolam renang sebagai kebutuhan untuk filtrasi kolam renang.

Dalam hal ini, pompa mengalirkan air yang melewati kotak skimmer. kemudian Skimmer box mengumpulkan kotoran, daun, dan material kotoran lainnya dari air. Sehingga air kolam renang terfiltrasi oleh skimmer box ini.

Aplikasi Pembuatan kolam renang skimmer

Menurut data yang saya peroleh dari tim saya, permintaan pembangunan kolam renang jenis skimmer ini, kian tahun kian menurun. Akan tetapi untuk kalangan tertentu kolam renang jenis skimmer masih tetap menjadi pilihan terbaik.

Pemilik properti dengan kondisi lahan yang terbatas, mesih mengidolakan kolam renang jenis skimmer.

Tidak adanya lahan / area tambahan untuk membuat ruang balancing tank mengkondisikan pemilik properti untuk Mengaplikasikan kolam renang jenis ini.

Ini adalah pilihan bijaksana buat mereka yang memiliki keterbatasan lahan. Perlu Anda ketahui bahwa kolam renang jenis skimmer tetap masih ideal untuk kolam renang indoor maupun kolam renang outdor.

3 Peminat Kolam renang skimmer

Berikut ini beberapa user yang masih mempertahankan dan tetap tertarik untuk membangun kolam renang jenis skimmer:

  1. Pemilik properti ataupun pribadi yang memiliki lahan terbatas namun ingin memiliki fasilitas kolam renang
  2. Kostel : Kondisi kekinian banyak berdisi fasilitas kost berkelas hotel yang dilengkapi dengan kolam renang. Kolam renang jenis skimmer juga menjadi pilihan bijaksana, karena keterbatasan lahan.
  3. Villa / Guess house: Villa dan guess house juga banyak yang mengaplikasikan kolam renang jenis skimmer.

Sampai juga pada estimasi anggaran biaya pembuatannya …

Rincian Anggaran Biaya Pembuatan Kolam Renang Skimmer

Penjabaran rincian anggaran biaya pembuatan kolam renang skimmer mungkin adalah konten yang Anda tunggu-tunggu. Berikut saya rinci estimasi biaya anggaran pembuatan kolam renang skimmer.

Perhitungan ini saya asumsikan jika kolam renang yang hendak dibangun memiliki ukuran, Panjang X lebar x kedalaman = 4 x 10 x 1,5 m

Biaya Konstruksi Kolam renang Skimmer

Estimasi biaya konstruksi untuk ukuran kolam renang: 4 X 10 X 1,5 Meter = 60 M³

Biaya Konstruksi Apabila kita asumsikan kolam renang ini finishing lantai dan dinding menggunakan Mosaic.

Kemudian finishing bibir Kolam renang menggunakan batu Andesit

Asumsi biaya konstruksi Rp. 3.000.000,- per M³ (Meter Kubik)

Jadi Total biaya konstruksi pembuatan kolam renang skimmer dengan luas 60 M³ adalah Rp 3.000.000 x 60 M³ = Rp 180.000.000,-

Perlengkapan Kolam Renang Skimmer

Biaya Perlengkapan peralatan kolam renang dan aksesoris kolam renang seperti: Pump (pompa), Filter 3/4 Hp, Aksesoris Vacuum Cleaner (Hayward) USD 1500.

Harga Skimmer box ukuran 40 x 40 Cm = USD 235

Jika rate 1 USD = RP 13.000,- maka anggaran biaya pembelian perlengkapan kurang lebih sebesar USD 1500 + USD 235 = USD 1735, kemudian USD 1735 X Rp 13.000 = Rp 22.555.000,-

Pengisian air dan biaya treatment awal :

Biaya pengisian air (tangki) + treatment awal (pembeningan) = Rp 5.500.000,-

Total perkiraan biaya pembuatan kolam renang dengan ukuran 4 X 10M dengan kedalaman 1,5M menggunakan system Skimmer Box yaitu sebesar Rp 180.000.000 + Rp 22.555.000 + Rp 5.500.000 = Rp 208.055.000,

Mohon diingat ya.! rincian biaya di atas hanyalah sebuah estimasi biaya dari saya.

Harga pembuatan kolam renang sangat tergantung dari kondisi tanah dan lokasi pembangunan.

Demikian perkiraan biaya pembangunan kolam renang jenis skimmer dari saya semoga bermanfaat.

Kini saatnya kita masuk ke ulasan tentang kolam renang jenis overflow

Pembuatan Kolam Renang Overflow

Seperti tadi, sebelum masuk ke dalam pembahasan tentang rincian biaya pembuatan kolam renang overflow, saya akan sedikit singgung apa itu kolam renang overflow.

Apa Sih Overflow itu ?

Berbeda dengan kolam renang skimmer, Kolam renang overflow adalah kolam renang yang dibangun dengan konstruksi khusus agar menghasilkan visualisasi kolam renang tersebut, airnya terlihat luber / tumpah melalui dinding kolam renang.

Sebagian orang mengklasifikasikan penyebutan overflow menjadi dua kelompok yaitu:

  1. Semi overflow : Jenis kolam renang yang mengkondisikan air kolam renang dibuat meluap / tumpah / melimpah / meluber ke sebagian sisi dinding kolam renang. Kemudian yang kedua
  2. Full overflow : Jenis kolam renang yang mengkondisikan air kolam renangnya tumpah / luber ke seluruh sisi dinding kolam renang

Limpahan air kolam renang tersebut, tertampung oleh gutter (got) yang kemudian dialirkan menuju balancing tank untuk selanjutnya melalui proses filtrasi yang kemudian airnya dikembalikan lagi masuk ke dalam kolam renang.

Aplikasi pembuatan kolam overflow

Dari data yang saya dapatkan dari tim, kebutuhan pembuatan kolam renang overflow memiliki permintaan lebih tinggi dibandingkan dengan permintaan / minat user terhadap pembuatan kolam renang skimmer.

Hal ini wajar karena setiap pemilik property, mempunyai alasan masing-masing terhadap pilihan desain layout dalam menentukan pembangunan kolam renang.

Saya pribadi lebih suka dengan jenis kolam renang overflow. Gelombang kecil yang dihasilkan dari semburan inlet membuat kolam renang enak dilihat. Kondisi ini jelas menjadi nilai tambah terhadap properti kita.

Selain itu, kolam renang dengan sistem sirkulasi overflow jarang ada tumpukan debu ataupun sampah di permukaan air kolam renang.

Semua kotoran yang ada di permukaan air kolam renang akan selalu terdorong melimpah melalui gutter masuk ke dalam balancing tank. Hal ini merupakan ritme sebagai alur proses filtrasi kolam renang.

Itulah alasan mendasar, kenapa kemudian di rumah saya juga terbangun kolam renang dengan sistem sirkulasi overflow.

Peminat kolam renang overflow

Seperti apa yang sudah saya singgung di atas. Kebutuhan pembuatan kolam renang overflow ini tergolong banyak peminatnya. Aplikasi terhadap jenis kolam renang ini sangat luas.

Pemilik properti dengan lahan yang cukup, kebanyakan membangun kolam renang jenis ini.

Berikut dibawah ini beberapa user yang mengaplikasikan pembuatan kolam renang overflow:

10 peminat kolam renang overflow

  1. Kolam renang pribadi “dengan lahan cukup”
  2. Villa
  3. Hotel
  4. Apartemen
  5. Kondominium
  6. Kostel (rumah kost dengan fasilitas hotel) dengan lahan cukup
  7. Club house
  8. Guess house mewah
  9. Rumah sakit
  10. Kolam renang umum

Rincian Anggaran Biaya Pembuatan Kolam Renang Overflow

Mohon diingat, perhitungan di bawah ini bukanlah RAB pembangunan kolam renang overflow !

Perhitungan yang saya paparkan nanti, hanyalah estimasi rincian anggaran biaya pembuatan kolam renang overflow.

Perlu Anda ketahui bahwa anggaran pembuatan kolam renang overflow terhitung sedikit lebih mahal, jika dibandingkan dengan biaya pembangunan kolam renang skimmer.

Kebutuhan akan adanya pembuatan gutter dan penambahan kebutuhan ruang balancing tank yang menjadi penyebabnya.

Menurut saya, perbadaan biaya yang muncul tidaklah terlalu besar, sehingga memilih untuk menggunakan system sirkulasi overflow tetap pililahan yang oka. The best choice lah.

Berikut di bawah ini rincian biaya pembuatan kolam renang overflow. Estimasi biaya pembuatan dengan asumsi jika luas kolam renang tersebut memiliki ukuran panjang x lebar x kedalaman = 4 x 10 x 1,5 m

Biaya konstruksi kolam renang overflow

Estimasi biaya pembangunan konstruksi 4 x 10 x 1,5 = 60 M³

Asumsikan kolam renang ini finishing lantai dan dinding menggunakan Mosaic. Kemudian finishing bibir kolam renang menggunakan batu Andesit

Asumsi biaya konstruksi Rp. 3.000.000,- per M³ (Meter Kubik)
Jadi Total biaya konstruksi pembuatan kolam renang overflow dengan luas 60 M³ adalah Rp 3.000.000 x 60 M³ = Rp 180.000.000,-

Pembangunan lainnya dan Perlengkapannya

Pembuatan ruang balancing tank :

Asumsi ukuran ruangan balancing tank 2M X 2M kita asumsikan volume 4M³ finishing keramik lokal = Rp 10.000.000,-

Pembuatan Gutter (got) :

Asumsi panjang gutter 28M kedalaman 20Cm, lebar 40Cm = Rp 15.000.000,-

Perlengkapan kolam renang

Biaya Perlengkapan peralatan kolam renang dan aksesoris kolam renang seperti: Pump, Filter 1 Hp, Aksesoris Vacuum Cleaner (Hayward) USD 1800. Asumsi 1 USD = Rp 13.000 maka Biaya Perlengkapan Sebesar Rp 23.400.000,-Peralatan = Rp 23.400.000,

Pengisian air dan biaya treatment awal

Biaya pengisian air (tanki) + treatment awal (pembeningan) = Rp 5.500.000,-

Total perkiraan biaya pembangunan Kolam renang overflow

Total perkiraan biaya pembuatan kolam overflow dengan ukuran 4 x 10 m Kedalaman 1,5 m menggunakan system full overflow kurang lebih sebesar: Rp 180.000.000 + Rp 10.000.000 + Rp 15.000.000 + Rp 23.400.000 + Rp 5.500.000 = Rp 233.900.000,-

Demikian ilustrasi dan gambaran tentang estimasi anggaran biaya membangun kolam renang overflow. Semoga bisa Anda gunakan untuk tambahan referensi dikemudian hari.

Sekali lagi, perincian biaya di atas hanyalah sebuah estimasi biaya dari saya. Harga pembuatan kolam renang sangat tergantung dari kondisi tanah dan lokasi pembangunan.

Jika Anda ingin mendapatkan estimasi yang akurat, silahkan menghubungi saya. Akan saya buatkan RAB pembangunan kolam renang dengan lebih detail.

Jasa Pembuatan Kolam Renang

Dengan menawarkan jasa pembuatan kolam renang skimmer dan overflow di website ini, artinya saya sudah memiliki tim, badan hukum serta legalitas yang sesuai dengan keperuntukkannya.

Sudah pernah saya jelaskan bahwa perusahaan kontraktor yang saya gunakan berbentuk Perseroan Terbatan (PT), SIUP, NPWP, DOMISILI (legalitas perusahaan pada umumnya) Dan yang terpenting juga dilengkapi dengan :

  • SIUJK
  • SKA (sertifikat keahlian dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi), kemudian kami juga tergabung dalam
  • GABPEKNAS (Gabungan Perusahaan Kontraktor Nasional) Kualifikasi Menengah (M1).
  • SBU, Sertifikat Badan Usaha Jasa Pelaksana Konstruksi

Jadi, dengan berbekal pengalaman dan kelengkapan legalitas perusahaan tersebutlah saya menawarkan jasa pembuatan kolam renang skimmer, Kolam Renang Overflow, waterpark, waterboom dan pembangunan taman bermain air lainnya.

Tentunya sebagai perusahaan kontraktor pembangun kolam renang, saya juga menawarkan jasa renovasi kolam renang dan jasa perawatan kolam renang.

Sekali lagi, untuk mendapatkan estimasi / perkiraan biaya pembuatan kolam renang yang akurat kekinian, silahkan infokan ke saya ukuran detail rencana kolam renang Anda. Ceritakan sedikit tentang kondisi tanah dan lingkungan di sekitar lokasi juga sangat membantu.

Semoga informasi singkat tentang estimasi anggaran biaya pembuatan kolam renang skimmer dan overflow ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Kini giliran Anda, ingin membangun kolam renang skimmer atau overflow ?

Silahkan hubungi saya melalui menu contact yang tersedia. Mari kita diskusi 🙂

Terima Kasih

Umbul Narmadi

About Author: Umbul Narmadi

Gravatar Image
Ayah dari 3 anak. Di sini tempat saya belajar menulis tentang dunia usaha / bisnis. Suka membaca, asalkan bukan bacaan yang serial. Bekerja di PT. DIMULTI - I Love blogging ! - My blog

Comment

Leave a Reply

5 comments